Yu Gi Oh! Duel Links, Mesin Uang Baru Milik Konami

Yu Gi Oh! Duel Links, Mesin Uang Baru Milik Konami
Yu Gi Oh! Duel Links, Mesin Uang Baru Milik Konami

Kosongan – Ah, Yu Gi Oh!. Rasanya tidak ada orang yang tidak kenal dengan waralaba legendaris asal Jepang ini. Yu Gi Oh! dalam bahasa Indonesia memiliki arti “raja permainan”. Waralaba Yu Gi Oh! awalnya hanya sebuah seri manga karangan Kazuki Takahashi yang terbit pada 1996 silam, dan terbit di Indonesia dengan lisensi yang dipegang Elex Media Komputindo pada 2002.

Pun awalnya manga Yu Gi Oh! bukanlah manga bertema permainan kartu, melainkan manga bergenre horor. Si Pembuat, Kazuki Takahashi, awalnya mengonsep manga ini sebagai sebuah permainan mengerikan yang disebut shadow game, yaitu sebuah permainan di mana pihak yang kalah akan menerima hukuman mengerikan. Namun, begitu memasuki chapter 60 barulah serial Yu Gi Oh! berfokus pada permainan kartu seperti yang kita kenal saat ini, sobat kosongan. Anime Yu Gi Oh! sendiri pertama kali mengudara pada 4 April hingga 10 Oktober 1998 dengan mengadaptasi 60 chapter awal manga Yu Gi Oh! yang belum berfokus pada permainan kartu.

Seri pertama anime dan manga Yu Gi Oh! mengikuti kisah seorang anak laki-laki bernama Yugi Mutou yang jago dalam bermain game, meskipun begitu Yugi tidak memiliki banyak teman. Suatu ketika, Yugi diberikan hadiah oleh kakeknya, sebuah kotak yang berisi kepingan-kepingan puzzle yang disebut Millenium Puzzle. Setelah delapan tahun lamanya, akhirnya Yugi berhasil menyusun puzzle antik tersebut dan roh yang berada di dalamnya merasuki tubuh Yugi dan menjadi kepribadian Yugi yang lain. Kepribadian lain itu disebut Yami Yugi.

Yu Gi Oh! Trading Game Card (di sebagian wilayah Asia, disebut Yu Gi Oh! Official Game Card) adalah permainan kartu yang dibuat dan dipublikasi oleh Konami berdasarkan pada permainan kartu yang ada dalam anime dan manga Yu Gi Oh!. Permainan kartu Yu Gi Oh! pertama kali dirilis oleh Konami pada 1999. Permainan tersebut pernah tercatat oleh Guinness World Records sebagai Top Selling Trading Card Game pada 7 Juli 2007 dengan penjualan lebih dari 25 miliar kartu di seluruh dunia.

Yu Gi Oh! Duel Links, Mesin Uang Baru Milik Konami

Di negeri asalnya, Jepang, permainan kartu Yu Gi Oh! ini amat digemari oleh berbagai kalangan, terbukti dengan diterbitkannya banyak judul video game yang didasarkan permainan ini untuk berbagai macam perangkat. Terutama setelah lisensinya dibeli Konami, permainan berbasis kartu Yu Gi Oh! kini semakin banyak. Nah, game terbarunya adalah Yu Gi Oh! Duel Links.

Yu-Gi-Oh! Duel Links, disingkat Duel Links, merupakan game free to play bergenre trading card game yang dirilis Konami untuk Microsoft Windows, Android dan iOS. Setelah masa beta, game ini pertamakali dirilis di Jepang pada November 2016, kemudian dirilis secara global pada Januari 2017. Untuk versi Microsoft Windows pun baru dirilis pada November 2017 via Steam.

Game ini bercerita tentang Seto Kaiba yang membuat virtual reality yang disebut dengan Duel World. Kaiba berencana mengumpulkan duelist-duelist terbaik untuk saling diadu. Bisa dibilang, pada game ini sobat kosongan akan mengendalikan ‘roh’ para duelist-duelist terbaik itu—yang merupakan karakter-karakter dari anime dan manga Yu-Gi-Oh!—untuk menjelajahi Duel World. Ketika bermain, sobat kosongan juga dapat dengan bebas mengganti ‘roh’ duelist yang dikendalikan sepanjang permainan lho.

Yu Gi Oh! Duel Links memiliki mode permainan Player versus Computer yang terdiri dari beberapa jenis, yaitu Standard Duelist, Legendary Duelist dan Vagabond. Selain itu, Duel Links juga memiliki mode permainan Player versus Player yang harus dimainkan dengan tersambung ke internet. Mode Player versus Player itu antara lain disebut sebagai Ranked Duels, Duel Room, Casual Duels, Friend Duels serta Kaiba Cup yang diadakan beberapa bulan sekali.

Yu Gi Oh! Duel Links menggunakan beberapa sistem untuk mengumpulkan kartunya, yaitu sistem gacha, farming dan ticket. Gacha dalam Duel Links untungnya terbagi dalam berbagai box berbeda, dengan demikian kesempatan untuk mendapatkan kartu tertentu dari gacha tidak akan semakin kecil setiap kali kartu lainnya rilis. Selain gacha, metode lain untuk mengumpulkan kartu adalah farming melawan Legendary Duelist di Duel World. Semakin sering berduel dengan Legendary Duelist, maka semakin besar kemungkinan mendapatkan kartu tertentu dari drop yang didasarkan pada duel achievement. Duel achievement sendiri didasarkan pada apa yang sobat kosongan lakukan ketika sedang berduel. Metode yang terakhir, sobat kosongan bisa mendapatkan kartu tertentu melalui tiket. Tiket bisa didapatkan baik melalui Ranked Duel maupun event.

Meskipun memiliki berbagai metode untuk mendapatkan kartu langka nan kuat tertentu, namun tetap saja terasa sekali kesenjangan antara pemain yang hasil gachanya bagus dengan pemain yang hasil gachanya jelek. Belum lagi jika dibandingkan dengan pemain yang mengeluarkan uang asli (pay to play) untuk melakukan gacha dengan pemain lain yang sama sekali murni bermain free to play. Saat ini, mungkin kesenjangan itulah yang menjadi kelemahan game Yu Gi Oh! Duel Links.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.