5 Hal Penting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Putusin Pacar

Sebelum Putusin Pacar

Kosongan РBicara masalah cinta memang selalu menghadirkan kisah-kisah yang penuh warna. Kadang merah, hijau, kuning, kelabu, bahkan hitam kelam. Artinya, suka duka pasti pernah dilalui bersama. Menjadi hal yang lumrah jika hari-hari sepasang kekasih selalu diliputi dengan kebahagiaan bersama. Namun, adakalanya juga kesedihan yang dalam melanda. Termasuk ketika ternyata tak lagi aja jodoh antara kamu dan dia. Nah, untuk mengantisipasi agar rasa sakit yang timbul dari luka tanpa darah yang lebih parah, siapkan 5 hal penting yang harus kamu lakukan sebelum putusin pacar.

5 Hal Penting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Putusin Pacar

Sebelum Putusin Pacar

Kenapa penting?

Karena, kamu harus sadar bahwa pasangan kamu itu pernah menjadi seseorang yang berarti dalam hidupmu. Ia adalah sosok yang kemaring-kemarin sempat mengisi kosongnya ruang hatimu. So, gak pantas banget kalau kamu meninggalkan bekas yang menyakitkan bagi si dia.

Satu pun dari kita tak ada yang mampu menerka, bagaimana perasaan pasangan yang kita tinggalkan. Kalau sedih sih, sudah pasti! Dan cukup itu saja. Jangan sampai kamu menambahkan perasaan sakit lainnya dan semakin memperparah keadaan.

Bukankah putus cinta itu tak selalu akan berakhir dengan kekacauan? atau gampangnya terus jadi marah-marah, saling gak mengenal satu sama lain? Tentu tidak bukan! Nah, untuk itulah 5 hal penting ini harus kamu lakukan. Meskipun tidak bisa membendung datangnya rasa sakit hati, paling tidak kita bisa mengurangi resiko yang membahayakan. Bisa saja kan yang kamu putusin terus depresi dan berbuat yang merugikan?

Berikut ini 5 hal penting yang harus kamu lakukan sebelum putusin pacar

1. Kurangi Komunikasi

Atau jaga jarak untuk sementara termasuk salah satu persiapan yang pertama kali harus kamu lakukan. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dengan terlebih dahulu merenggangkan intensitas komunikasimu dengan pasangan. Yang apling penting adalah, dengan menjaga jarak sebelum putus, kamu akan lebih bisa bersikap bijaksana.

Mungkin kamu bisa mencoba untuk tidak menghubunginya selama sehari, lalu berikutnya dua hari, begitu seterusnya. Tapi, untuk melakukannya siapkan dulu alasan yang tepat. Contohnya, kamu bisa saja kan bilang kalau sedang ada aktifitas atau kesibukan penting yang gak bisa ditinggalkan. Dengan demikian, pasangan kamu tersebut juga bisa perlahan menata hatinya untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi.

2. Pastikan niat dan keyakinanmu

Jangan sampai kamu menyesal setelah benar-benar memutuskan hubungan cintamu dengan kekasih. PIkir dulu matang-matang efek yang akan terjadi, baik yang positif maupun negatif. Sebaliknya, jangan sampai kamu tergesa-gesa untuk mengambil jalan perpisahan, jika memang sebenarnya hatimu belum benar-benar bisa menerima atau belum yakin.

Coba gali kembali apa alasan kamu bakal putusin pacar kamu. Apakah dari daftar alasan yang telah kamu miliki, akan bisa membuat keadaan menjadi lebih baik? Terutama masa depan hidupmu. Jika memang demikian, harusnya kamu sudah yakin dengan pilihan kamu untuk putisin si doi.

3. Bertatap muka langsung

Kalau kamu laki-laki, jangan sekali-kali kamu putusin pacar melalui sms, WA, email atau bahkan surat kaleng ya! Datangi dia langsung, bicara dengan tatap muka (bukan benturin muka!).

Ya meskipun sekarang sudah jamannya teknologi yang membuat semua aktifitas menjadi lebih praktis, tak terkecuali komunikasi. Tapi, menyampaikan pesan penting seperti ini, rasanya sangat tidak pantas kalau kamu lakukan.

4. Siapkan emosi dan kata-kata terbaikmu

Jangan gagap, jangan terlihat mikir atau bingung mau berkata apa ketika sudah ada di depannya. Maka, sebelum kamu datang menemuinya pastikan dulu rangkaian kata sudah tersimpan rapi di otakmu menunggu utnuk dikeluarkan.

Salah satu sikap yang bijaksana adalah mempersiapkan kalimat-kalimat yang meskipun menyakitkan, namun tidak membuat suasana histeris. Mempersiapkan emosi juga sangat penting untuk kamu lakukan, agar saat kamu menyampaikan maksudmu keadaan tak terlalu dramatis. Tetap tenang, dan selalu dinginkan suasana ketika sudah mulai memanas. Tentunya hanya dengan kata-kata, hindari kotak fisik dengan si doi.

5. Teguh pendirian

Hal penting yang harus kamu lakukan sebelum putusin pacar terakhir adalah teguhkan pendirianmu. Jangan plin-plan! Maka dari itu, dari awal sudah kita sampaikan bahwa yakinkan dan mantapkan dulu hatimu. PIkirkan baik-baik apakah keputusanmu adalah keputusan yang terbaik. Karena, setelah kata putus terucap jangan sekali-kali kamu mencabutnya. Yang seperti ini jutsru akan semakin membuatnya merasa lebih sakit.

Jangan sekali-kali jadi si pemberi harapan palsu sama si doi. Apalagi berkata “kalau jodoh pasti kita akan disatukan kembali!” atau berkata “Sebenarnya aku masih sayang sama kamu!” Itu adalah kata-kata yang sangat fatal dan tak boleh untuk diucapkan. Kalaupun itu bisa saja terjadi, tapi cukuplah kalimat itu tersimpan jauh dalam hatimu. Biarkan keputusan Tuhan yang hadir ke dalam takdir jodohmu.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.