Hemat 75%!! Umrah Murah ala Backpacker Untuk Anak Muda Yang Gaul

Umrah Murah Ala Backpacker

Kosongan – Gaul itu konotasinya gak selalu buruk loh! Lihat-lihat dulu gimana gaulmu. Biasalah kalau anak muda nongkrong, ngopi, jalan-jalan, main ps, main mobile legend, aktif di sosmed, dll. Tapi lebih penting dari itu, gaul sama Allah SWT gak boleh ketinggalan juga. Cobain deh Umrah murah ala Backpacker ini! Kalau gak berani, jangan ngaku anak muda yang gaul. Apalagi sok ngaku traveller sejati, jauh banget lah kalau belum kesini mah!

Waduh kelihatan berat ya materinya? gak juga kok! 

Semua itu tergantung niat kamunya bagaimana. Toh Kekasih kita, Kanjeng Nabi SAW sudah memberikan bocoran kepada kita bagaimana caranya PDKT sama Allah. Salah satunya adalah dengan menjalankan semua yang termasuk dalam rukun islam. Masih ingat kan? Iya itu, yang syahadat, shalat, puasa, zakat, dan haji. ‘Kok Haji, katanya umroh?’ Iyalah, umroh kan haji kecil. Jadi itung-itung kita latihan sebelum nanti saatnya tiba.

Memang sih sekarang sudah banyak jasa travel yang menyediakan paket umrah dan haji. Tapi, ya kamu tau sendirilah kalau dompet si anak gaul kan setebel mukanya! ups. Becanda kok!

Maksudnya dengan mengetahui tentang cara umrah murah ala backpacker ini, diharapkan kita bisa mengehmat biaya. Bahkan bisa samapi hampir 75% loh selisihnya. Selain itu, umrah murah ala backpacker ini kan juga bisa untuk meminimalisir segala kemungkinan buruk yang terjadi. Oke, langsung saja kita lanjut ke ulasan selengkapnya ya! cekidot

Persiapan dan Cara Umrah Murah ala Backpacker

Nekat bukan berarti tanpa ilmu dan persiapan loh ya! ada beberapa yang harus kamu persiapkan sebelum memutuskan benar-benar pergi umrah murah ala backpacker.

1. Mengurus Visa

Pertama yang harus diperhatikan adalah tentang kepengurusan visa atau kebutuhan umrah yang melibatkan surat-surat. Contohnya seperti paspor, akomodasi, tiket, dll. Yang ini harus kamu urus sendiri. Pengurusan Visa ini kamu harus tetap melalui pihak travel. Sekedar informasi, biaya umrah paling murah di beberapa daerah adalah sekitar 25 hingga 55 juta rupiah. Biasanya yang paket paling murah itu belum include pengurusan paspor, surat mahram, atau vaksinasi. Nah ini harus keluar biaya lagi.

Sedangkan kalau kamu mengurus visa saja di jasa travel biasanya biaya yang harus disiapkan sekitar 200 – 300 USD/kepala, bisa lebih murah tergantung musimnya. Kalau kamu bisa nego ya mungkin bisa murah lagi. Masalahnya, kamu harus cari tahu dulu nih jasa travel yang mau melayani pengurusan visa saja. Gak semuanya mau, so pinter-pinter kamu cari informasi. Ouw iya, pengurusan visa untuk umrah hanya dibuka [ada jangka waktu bulan shafar hingga Ramadhan saja ya!

2. Berburu Tiket 

Cari tiket pesawat untuk pergi umrah murah ala backpacker, juga terkait dengan pemilihan waktu keberangkatan kamu. Jadi sebelum cari tiket usahakan kamu sudah tahu kapan akan berangkat. Menurut saran para pakar, usahakan untuk tidak memilih di bulan Sya’ban, Rajab atau Ramadhan. Biasanya pada bulan seperti itu, jama’ah umrah akan melonjak tinggi.

Sebaliknya, lebih baik pilih saja antara bulan Februari hingga Mei, yang pastinya tidak termasuk dalam bulan yang disebut diatas ya. Alasannya adalah cuaca disana pada bulan tersebut cenderung lebih bersahabat bagi orang Indonesia kayak kita.

3. Tempat Nginap plus Makanan

Kalau pengin murah, jangan pilih hotel atau penginapan dekat Masjidil Haram atau tempat Ibadah. Ngalah saja, pilih yang agak jauh. Jangan tanya alasannya apa, yang pasti masalah harga lah! Takut capek? Yah, backpacker kok ngeluh, apalagi buat ibadah. Coba deh bayangin, buat hotel bintang 3 aja tarif semalem disana seharga 200 SAR atau 750K kalau dirupiahkan. Nah lo!

Kalau mau umrah murah ala backpacker usahakan pilih penginapan yang agak jauh. Atau bisa juga pilih apartemen yang cukup untuk 4 sampai 5 orang. Muraah, cuma sekitar 200-400ribuan! Kalau rombongan kan bisa patungan. hehe

Kalau masalah makanan, di dekat Masjidil Haram atau Masjid Nabawi banyak tuh warung berjejer. Tinggal kamu pilih yang sesuai selera dan pas di kantong. Harganya sekitar 30 ribuan sampai 100an ribu.

4. Akses Kendaraan Umum

Kalau masalah kendaraan umum di Arab Saudi, udah kamu gak perlu khawatir! Karena gak mungkin kena macet, hebatnya lagi disini angkutan umum tersedia 24 jam. Tapi yang perlu dipahami adalah tentang rute-rutenya. So, perlu dipeljari dulu agar kamu gak nyasar kemana-mana.

Maslah harga, dibandingkan dengan taksi jauh lebih murah naik bus. Kalau taksi kamu harus siapin 750rb-1 juta dari Jeddah ke Masjidil Haram. Nah, kalau pakai bus cukup 112ribu saja.

5. Buat Jadwal Ibadah Secara Rinci

Ingat, kamu kesana bukan untuk jalan-jalan tapi untuk beribadah. So, atur benar-benar waktu dan kegiatanmu disana. Atur jadwal sebaik mungkin untuk meminimalisir pembengkakan waktu dan biaya

Selain itu, atur juga penempatan lokasi ibadah. Maksudnya pusatkan dulu di satu lokasi yang berdekatan, jadi seperti dibuat per kelompok-kelompok gitu. Gunanya agar, tidak banyak biaya yang keluar untuk akomodasi.

Perbandingan Umrah Murah ala Backpacker

Berdasarkan data yang tim Kosongan kumpulkan dari berbagai situs penyedia jasa travel umrah, tahun 2018 biaya umrah untuk 9-13 hari berkisar 25 juta hingga 50 juta rupiah. Tapi, jika kamu berani berani berangkat umrah murah ala backpacker, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar 10 hingga 15 juta saja loh! Hayo, gimana…. Eits tapi jangan nekat ya. Pikirkan baik-baik sebelum melangkah.Takutnya nanti kamu malah ilang disana mblo!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.