Gak Bikin Haus!! Begini 5 Tips Olahraga Saat Puasa

Tips Olahraga Saat Puasa

Kosongan – Tips Olahraga Saat Puasa – Puasa di bulan suci Ramadhan adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim. Sekurang-kurangnya, selama 13 hingga 14 jam saat berpuasa tubuh kita tak mendapatkan asupan makanan ataupun minuman. Perbadaan pola hidup saat kita berpuasa, sebenarnya sangatlah baik bagi tubuh manusia. Namun terkadang karena kita telah terbiasa dengan pola yang lama, maka harus ada yang disesuaikan dahulu, sedikit demi sedikit. Termasuk salah satunya adalah rutinitas olah raga kita. Setidaknya kamu perlu baca tips olahraga saat puasa kali ini, agar bisa tetap beraktivitas seperti biasa tanpa takut ibadah terganggu.

Tips Olahraga Saat Puasa

Tips Olahraga Saat Puasa

Bulan Ramadhan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Di bulan inilah, keberkahan Allah SWT dan ampunan-Nya seakan diobral untuk setiap hamba yang taat. Semua umat muslim diwajibkan untuk berpuasa di bulan ramadhan. Puasa menahan lapar dan haus, serta puasa untuk tidak mengumbar hawa nafsu.

Nah, karena puasa adalah kewajiban, maka seharusnya ibadah puasa yang dijalabkan tidak boleh menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Kebugaran tubuh juga harus tetap dijaga. Jika kamu rutin berolah raga sebelumnya, tetap lakukan kegiatan olah ragamu. Tapi tentunya ada beberapa poin khusus yang harus diperhatikan, agar ibadah puasa ramadhan juga tidak terganggu.

So, pengin tahu bagaimana tips olahraga saat puasa? Simak artikel ini selengkapnya!

5 Tips Olahraga Saat Puasa, Gak Bikin Haus!

Tips Olahraga Saat Puasa

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Jika kamu terbiasa olahraga pagi saat selesai sholat shubuh, nah, di bulan ramadhan ini sepertinya jadwal olahragamu harus dirubah. Karena gak lucu juga kalau kamu habis sahur langsung lari-lari seperti sebelum bulan puasa, padahal waktu buka masih 12 jam lagi. Jelas gugur di tengah perjelanan!

Terus, waktu yang pas kapan dong? Ada dua pendapat mengenai hal ini. Pendapap pertama adalah saat malam hari, yakni usai shalat tarawih. Pendapat kedua beberapa menit atau maksimal 1 jam sebelum tiba waktu berbuka (adzan Maghrib).

Pendapat yang pertama ini dari hasil jejak pendapat para ahli kesehatan yang dikumpulan oleh pengumpul data sebuah website, yakni Islamicity.org. Menurut mereka, olahraga dalam keadaan tubuh yang kurang asupan cairan akan sangat berbahaya, dan bisa mengakibatkan dehidrasi. Sedangkan pendapat kedua mengatakan, olahraga menjelang waktu uka puasa sangatlah baik terutama untuk mereka yang sedang dalam program pembentukan tubuh (body building).

Olahraga ringan menjelang berbuka puasa ini, manfaatnya adalah : tidak mengganggu ibadah puasa kita, karena meskipun kita nanti haus tidak perlu menunggu lama karena beberapa saat kedepan sudah masuk waktu buka. Manfaatnya untuk pembentukan tubuh adalah, pada saat seseorang berolahraga maka proses pembakaran lemak terjadi dalam tubuh. Dan ketika masuk waktu buka, proses pembakaran ini juga masih berjalan. Artinya, menu buka yang kita makan akan langsung masuk untuk proses pembakaran dan itu sangat baik bagi pembentukan tubuh.

2. Memilih jenis olahraga saat puasa

Selain waktu, jenis olahraga juga sangat openting untuk diperhatikan. Sesuaikan dengan kondisi fisik anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang cukup berat. Nah, untuk memilih jenis olahraga saat puasa yang tepat adalah dengan mengenali lebih dulu diri kalian sendiri. Bagaimana kemampuan fisik kamu, bagaimana kebiasaan yang kamu lakukan sebelumnya. Sebaiknya memilih olahraga yang ringan s aja, seperti bersepeda, jogging, jalan santai, yang penting tubuh kita bergerak.

3. Perbanyak Asupan Cairan

Seperti yang kita tahu, manusia setidaknya membutuhkan 2 liter asupan cairan tubuh per harinya. TUbuh yang kekurangan cairan berpotensi untuk mengalami dehidrasi. So, ketika puasa jangan lakukan olahraga di siang hari, karena keringat yang berarti cairan dalam tubuh akan keluar lebih banyak. Apalagi jika ditambah dengan hawa yang panas. Untuk itulah, selama puasa asupan cairan ini harus kamu perhatikan. Selama berbuka hingga nanti masuk lagi waktu sahur, usahakan untuk mengisi cairan tubuh 1,5 – 2 liter air.

4. Perhatikan Asupan Gizi Makanan

Asupan makanan juga mempengaruhi aktivitas olahraga saat bulan puasa kamu loh. Usahakan saat sahur kamu memilih menu makanan yang banya mengandung karbohidrat, vitamin, protein dan juga mineral. Karbohidrat adalah zat utama dalam pembentukan kembali kadar gula darah yang banyak mengalami penurunan saat kita berpuasa. Ketika kadar glukosa menurun maka tubuh akan lemas, dan tidak bergairah. Nah, agar tetap bisa olahraga saat puasa, perhatikan benar asupan gizi pada menu makanan kamu. Jangan asal yang enak saja.

5. Jangan Banyak Tidur

Kadang, puasa menjadikan seseorang akan cenderung memilih untuk bermalas-malasan. Selain untuk menyimpan energi, juga karena memang tubuh kita yang sudah lemas seharian tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Tapi, sebenarnya tidak demikian. Puasa maupun tidak, tidur lama adalah kebiasaan hidup yang buruk.Terlalu lama tidur bukan malah akan bikin kamu semangat, tapi justru sebaliknya. Jangankan untuk olahraga saat puasa, bahkan kadang untuk mandi saja malas, udah lemes banget rasanya! Waduh, kok puasa kayak gitu?

Oke sobat kosongan, itulah tadi 5 tips olahraga saat puasa dari kami. Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi kamu yang melaksanakannya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.