17 Tips Menjaga Cinta dan Pernikahan yang Harmonis

Siapa sih yang tidak ingin hidup seperti di dogeng? Kebanyakan dari kita ingin percaya bahwa ketika kita menemukan pasangan yang sempurna seperti putri yang cantik atau pangeran yang tampan, kita akan hidup bahagia selamanya. Tapi sayangnya banyak sapangan yang tidak bisa mewujudkannya di kehidupan nyata. Bahkan fakta banyaknya perceraian membuat kita yakin kebanyakan orang tidak tahu cara mempertahankan hubungan dan pernikahan.

Jika kamu juga memikirkannya, tidak terlalu mengejutkan. Sebagian besar dari kita tidak pernah belajar keterampilan hidup apa pun, apalagi keterampilan hubungan. Jadi, tidak mengherankan jika kebanyakan pasangan bertengkar di luar sana dan tidak tahu cara menyelamatkan diri. Keluhan utama yang sering terdengar adalah “Hubungan sangat sulit!”

Nah untuk kamu yang memiliki masalah dalam rumah tangga, atau ingin memperbaiki pernikahan, cobalah kiat-kiat di bawah ini.

1Kenali bahasa cintamu

Jika kamu belum pernah mendengar tentang buku, The Five Love Languages, maka kamu harus membacanya. Ditulis oleh terapis perkawinan, Gary Chapman, buku itu menjelaskan bagaimana pada dasarnya ada lima cara utama bahwa seseorang mengekspresikan dan ingin menerima cinta. Dan kamu dan pasangan mungkin tidak melakukannya dengan cara yang sama. Membaca buku itu akan membantumu memahami diri sendiri dan mereka dengan lebih baik.

2Berempati satu sama lain

Satu masalah utama dengan hubungan adalah bahwa kebanyakan orang hanya melihat sudut pandang mereka sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa pasangan akan memiliki perselisihan. Tetapi itu tidak berarti beda pandangan itu harus merusak hubungan yang telah kamu jaga. Jadi, untuk benar-benar memahami satu sama lain, kamu harus mendengarkan dan menerima sudut pandang pasanganmu.

3Melakukan kencan malam

Salah satu hal yang menyedihkan tentang hubungan seiring berlalunya waktu adalah bahwa orang lupa untuk berkencan satu sama lain. Mereka pikir kegiatan itu sudah tak perlu dilakukan karena mereka begitu nyaman satu sama lain. Namun terkadang kehidupan, dan anak-anak, menghalangi kehidupan asmara. Sangat penting untuk melakukan kencan ke luar dengan pasangan agar dapat terus terhubung secara konsisten.

4Belajar untuk menyelesaikan masalah secara efektif

Kebanyakan orang menyelesaikan masalah dengan cara yang salah. Mereka pikir itu adalah situasi ‘aku melawan kamu’. Mereka pikir mereka harus benar dan memenangkan perdebatan. Ini berpikir mundur. Bukan aku melawan kamu … itu KITA. Pikirkan diri dan pasangan sebagai sebuah tim yang bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan dan memecahkan masalah BERSAMA.

5Memahami kebiasaan unik masing-masing

Setiap orang memiliki hal-hal aneh yang mereka lakukan. Entah itu tidak suka berbagi makanan atau tidak bisa spontan, kamu harus belajar menerima kebiasaan satu sama lain. Kamu mungkin tidak menyukai hal aneh yang dikerjakan pasanganmu, tetapi kamu harus menerimanya dan mencoba untuk tidak membiarkannya merusak hubungan pernikahanmu.

6Ikuti tes kepribadian

Ada banyak situs diluar sana yang memungkinkanmu untuk mencoba tes kepribadian. Di antara banyak ciri kepribadian lainnya, Situs itu akan menunjukkan kepadamu seberapa introvert atau ekstrovert pribadimu. Setelah kamu dan pasangan mencoba dan membaca tentang kepribadian masing-masing, kalian pasti akan lebih saling memahami.

7Bicarakan tentang keuangan dan pengeluaran

Uang adalah salah satu hal utama sering menjadi pemicu retaknya hubungan pasangan. Mungkin ada dari kalian yang suka berbelanja atau terlalu bosor, dan yang pasanganmu tipe yang irit. Itu masalah! Ini akan menyebabkan banyak perselisihan. Jadi, bicaralah tentang bagaimana kamu akan menangani uang. Cobalah untuk berkompromi, buat daftar anggaran, dan ikuti apa yang telah kalian sejutui.

8Jangan mengabaikan keintiman

Jika kamu sudah punya anak, sangat mudah mengabaikan keintiman. Dan keintiman berarti lebih dari sekadar seks (meskipun kamu tidak boleh mengabaikannya). Kamu harus memiliki percakapan yang akrab, berpelukan saat tidur, dan lakukan saja hal-hal yang membuat kamu dan pasanganmu tetap terhubung.

9Hati-hati dengan kecanduan

Kita tahu bahwa setiap orang memiliki kecanduan masing-masing. Dan kita tidak hanya berbicara tentang alkohol atau obat-obatan. Orang dapat kecanduan apa saja mulai dari belanja hingga bermain video game. Jika kamu terlalu sering melakukan satu kegiatan, itu waktu yang berkualitas menjadi sedikit dan menghabiskan waktu bersama pasangan sangat penting. Jadi, kurangi kegiatan tersebut sehingga kamu dapat menfokuskan energi untuk membina hubungan.

10Jangan egois

Sangat mudah untuk fokus pada diri sendiri dan apa yang diinginkan. Tetapi terkadang kita merasa sulit untuk mengesampingkan kebutuhan sendiri dan fokus pada apa yang diinginkan pasangan. Setiap hubungan yang baik melibatkan kompromi. kamu tidak bisa menjadi sang pengatur sepanjang waktu. Dan jika kamu ingin, kamu tidak seharusnya menjalin hubungan. Kamu harus tetap melajang hingga kamu mati.

11Seimbangankan kebersamaan dan kesendirian

Terkadang pasangan jatuh ke salah satu dari dua kondisi ektrem ini: terlalu sering bersama atau terlalu banyak waktu untuk menyendiri. keduanya tidak baik. Tentu saja, kamu perlu kebersamaan untuk terhubung. Tetapi terlalu sering bersama bisa membuat kamu kehilangan identitas sendiri. Di sisi lain, terlalu banyak waktu yang kamu habiskan untuk sendiri akan membuat kamu menjadi jauh dari pasangan. Jadi, perhatikan keseimbangan yang hubungan yang kalian miliki.

12Berbicara satu sama lain

Kehidupan kebanyakan orang sangat sibuk. Bekerja, anak-anak, keluarga, kegiatan lain menghalangi hubunganmu. Tetapi hanya jika kamu membiarkan hal itu. Pastikan kamumasih berbicara satu sama lain. Dan bukan hanya tentang anak-anak atau pekerjaan. Benar-benar bicara tentang pribadi masing-masing. Cobalah berbicara yang menarik dan sedikit mendalam. Jika kamu merasa tidak punya waktu, luangkan waktu tersebut agar hubunganmu tetap lancar.

13Berusahalah setiap hari

Setelah orang-orang menjalin hubungan jangka panjang untuk sementara waktu, mereka cenderung berpikir, “Ahhhhh. Semua pekerjaan dan pencarian sudah selesai. Sekarang aku bisa menjadi diriku yang sebenarnya dan tidak melakukan apa-apa!” Tetapi saat itulah pekerjaan yang sebenarnya dimulai! Kamu harus memikirkan hubunganmu ibarat tanaman. Jika kamut tidak menyiraminya setiap hari, tanaman itu akan layu dan mati. Jadi, pastikan kamu ‘menyiraminya’ setiap hari.

14Dahulukan kebutuhan pasanganmu

Hal ini berlawanan dengan keegoisan. Tidak ada pasangan yang merasa tidak dipedulikan tentang kebutuhannya. Percayalah, kamu harus melakukannya dan itu tidak menyenangkan. Kamu harus mencari tahu apa yang disukai pasanganmu, dan kemudian melakukannya. Dan sebaliknya. Keduanya harus berusaha 100% untuk menyenangkan pasangannya. Tidak bisa satu sisi. Kamu akan dianggap egois.

15Sadar diri

Sadar diri lebih mudah bagi sebagian orang daripada kebanyakan. Tetapi memiliki elemen kesadaran diri membantu kamu melihat bagaimana kebiasaanmu memengaruhi orang lain. Main video game setiap hari? Yah, mungkin kamu harus bangun dan menyadari, “Aku sudah bermain selama 5 jam penuh. Mungkin aku harus berhenti.”

16Pertimbangkan kontribusimu pada hubungan – baik atau buruk

Kebanyakan orang menyalahkan pasangannya untuk masalah dalam hubungan itu. Dibutuhkan dua orang untuk menari, kan? Jadi, butuh dua untuk mengacaukan hubungan juga. Kamu perlu melihat diri sendiri dan melihat bagaimana kamu membuat hubungan lebih baik atau lebih buruk. Dan itu membutuhkan kesadaran diri seperti yang disebutkan dalam poin di atas. Jika kamu tidak memiliki kesadaran diri, yakinlah bahwa pasanganmu akan dengan senang hati memberi tahu bagaimana agar kamu dapat mengubah perilaku untuk perbaikan hubungan. Atau, kamu bisa mencari bantuan dari seorang terapis.

17Tetap mesra dan penuh cinta

Beberapa orang tidak suka menyentuh, memeluk, dan meringkuk terlalu sering. Tapi, itu benar-benar membantu hubungan tetap kuat. Ini melepaskan zat kimia yang baik ke otak yang mendorong ikatan. Jadi, bahkan jika kamu tidak suka melakukannya, cobalah untuk melakukannya sehingga kamu tetap terhubung – bahkan pada tingkat biologis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.