Tips Mengobati Sakit Tenggorokan Ampuh Gak Pake Lama

Mengobati Sakit Tenggorokan

Kosongan – Sakit tenggorokan sering kali membuat kita kesusahan berbicara dan rasa nyeri yang dirasakan dalam tenggorokan. Sakit yang di sebabkan infeksi bakteri ini biasanya terjadi karena efek samping dari pita suara yang menegang atau bisa jadi awal timbulnya pilek atau Flu, bahkan bisa menjadi sebuah pertanda penyakit yang serius.

Kamu pasti melakukan apa saja agar penyakit itu segera sembuh. Karena hal itu sangat membuatmu merasa tidak nyaman dan begitu mengganggu. Melakukan apa saja jadi gak konsen banget kalau tenggorokan sedang sakit. Ya meskipun penyakit sepele dan bukan gejala timbulnya radang yang serius, kamu juga harus tetap mengobati sakit tenggorakan yang dirasakan. Tentu agar pekerjaan tak terganggu dan kamu bisa tetap lancar melakukan aktifitas seperti biasanya.

Tips Mengobati Sakit Tenggorokan

Beberapa cara dibawah ini mungkin bisa kamu lakukan untuk segera mengobati sakit tenggorokan. Tak perlu langsung pergi ke dokter. Coba dulu pakai cara-cara alternatif dari bahan-bahan alami yang banyak tersedia di sekitarmu.

Oke, langsung saja ya! Berikut ini tips mengobati sakt tengorokan ampuh ala Kosongan!

Berkumur atau meminum Air Garam

Garam sangat ampuh dalam mengobati sakit tengorokan karena mengandung zat yodium dan memiliki sifat anti bakteri, Jadi jangan dianggap remeh, karena garam juga bisa meredakan rasa nyeri yang kamu derita.

Cara mengaplikasikannya juga sangat muda. Kamu hanya perlu menyiapkan segelas air hangat, setelah itu masukan garam kedalammya 2 sampai 3 sendok, kemudian minumlah atau bisa kamu gunakan untuk berkumur jika tifak dahak.

Meminum Lemon dan Madu

Siapa sih yang ngak kenal sama keasiat keduannya, Lemon memiliki vitamin C sedangkan madi memiliki zat antibiotik yang dapat membunuh bakteri. Jadi sangat ampuh untuk meredakan sakit di tenggorokanmu, penambahan lemoh hanya agar kamu bisa memdapatkan hasil yang maksimal untum meredakan sakit tenggorokan yang sedang kamu derita.

Cara pengaplikasiaannya : Siapakan lemon dan madu terlebih dahulu, kemudian peras lemon kedalam gelas lalu tambahkan madu secukupnya, setelah itu kamu bisa meminumnya. Sangat mudah kan ?

Penuhi cairan tubuh dengan minum air yang banyak

Radang tenggorokan bisa terjadi karena kamu jarang meminum air putih sehingga mengalami dehidrasi, kamu bisa meminum air yang banyak untuk meringankan sakit tenggorokan dan memenuhi kebutuhan cairanmu yang hilang. Air juga bisa melawan bakteri.

Mengosumsi permen pelega tenggorokan

Kamu bisa mencoba tips ini biasaya permen tengorokan mengandung menthol ucalyptus dan juga mint yang sangat membantu menyegarkan tenggorokan kamu segaligus memberi efek mati rasa sebentar. Namun kamu harus mengonsumsinya untuk beberapa waktu sampai dakit tenggorokanmu benar-benar sembuh.

Karena di dalam permen pelega tenggorokan memiliki tiga zat yaitu, peradangan anti virus dan angi bakteri, Selain itu tidak memiliki efek samping jika kamu konsumsi berkelanjutan.

Obat pereda nyeri

Banyak sekali obat yang tersedia di apotik termasuk obat pereda nyeri. Tak hanya di apotik kamu juga bisa menemukan obat pereda nyeri di toko maupun minimarket. Contoh paracetamol yang bisa kamu beki di manapun. Obat satu ini bisa menghilangkan rasa nyeri di tenggorokanmu. Untuk mengkonsumsinya sebaiknya kamu memakai resep dari dokter.

Berhenti Merokok

Zat kimia dadi rokok bisa membuat sakita dan nyeri di tenggorokanmu semakin parah sebaiknya kamu berhenti mengkonsumsinya karena zat kimia dadi rokok bisa menghancurkan didi di tengorokanmu. Tak hanya rokoknya saja tetapi asap roko juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Jadi hindarilah rokok.

Minum kunyit

Kunyit adalah salah safu jamu tradisional turin temurun yang masih eksis sampai saat ini. Kunyit juga mengandung anti oksida yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri di tenggorokanmu.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah, Kamu cukup siapkan 4 buah kunyit, Parut dan madu sebagai penghilang rasa pahit. Pertama parut kunyit ambih rempahnya dan saring, Kamu hanya cukup mengambil sari dari kunyit tersebut setelah kamu bisa menambahkan madu. Minumlah secara rutin setiap hari sampai tenggorokanmu benar-benar pulih.

Nah, sobat pembaca! Itu tadi Tips mengobati sakit tenggorokan dari kamu. Eh, tapi kalau sudah lebih dari beberapa hari, tapi rasa sakit yang dirasakan tak kunjung hilang dan tenggorokan tak juga sembuh, cepat periksakan ke dokter. Jangan sampai menunggu lama! Mungkin saja ada gejala penyakit lain yang ditandai dengan sakit pada bagian tenggorokan tersebut.

So, agar sakitmu cepat mendapatkan penanganan medis yang memadai, jika tips mengobati sakit tenggorokan alami tak membuahkan hasil, cepat pergi ke klinik kesehatan terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Cepat sembuh, dan tetap jaga kesehatan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.