Tips Mengisi Waktu Luang Buat Kamu Yang Masih Nganggur

5.kegiatannganggur

Kosongan – Jadi pengangguran merupakan salah satu fase kehidupan yang tidak enak. Kamu akan merasa tidak berguna dan jadi minder bertemu dengan teman-teman sepermainanmu. Jika menganggur terlalu lama, kamu terancam depresi dan putus asa. Perlu kamu ingat sebagai penyemangat, di dunia ini yang nganggur tidak hanya kamu. Bahkan menganggur selama 8 bulan hingga setahun itu adalah hal biasa. Apalagi buat kamu yang masih fresh graduate.

Mungkinkamu akhirnya jadi sering dikritik oleh orang tua dan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, jangan hanya makan dan tidur saja, coba lakukan berbagai kegiatan yang tetap membuat kamu produktif. Agar kamu tidak bosan dan cuma membuang waktu, berikut beberapa kegiatan mengisi waktu luang selama kamu masih menganggur.

Kegiatan Mengisi Waktu Luang Saat Menganggur

1Bantu bersih-bersih rumah.

1.kegiatannganggur

Agar kamu bisa hidup tenang dan nyaman di rumah, lakukan hal baik di rumah. Salah satunya adalah dengan membantu keluarga bersih-bersih rumah. Setidaknya kamu tidak akan terlihat sebagai pemalas yang hanya tidur sambil nonton TV atau main social media seharian.

Jika kamu belum bisa berkontribusi secara finansial, setidaknya kamu bisa berkontribusi dengan cara ini. Mulai dari mencuci piring atau menyapu rumah. Jika kamu bisa memasak, kamu juga bisa memasak untuk anggota keluargamu. Dengan begini, keluargamu juga tidak akan memandang rendah kamu dan akan lebih mau memaklumi kamu yang belum dapat pekerjaan.

2Olahraga.

2.kegiatannganggur

Banyak orang yang sudah bekerjaan tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga. Meski sebetulnya mereka sangat ingin berolahraga. Dengan gaya hidup berolahraga, kamu akan memiliki fisik yang sehat dan pikiran yang jernih pula. Karena dengan berolahraga, tubuhmu akan menghasilkan hormon edorfin yang akan membuatmu bahagia dan terhindar dari depresi.

Agar kamu stres dan depresi, cobalah berolahraga. Bangun pagi untuk jogging di area rumahmu bisa menjadi pilihan sederhana. Kamu juga bisa berenang atau pergi ke gym agar badanmu tetap bugar meski masih menganggur. Jangan sampai kamu cuma makan dan tidur, hal tersebut bisa membuat kamu naik berat badan dengan cepat.

3Main game sepuasnya.

2.kegiatannganggur

Agar kamu tidak stres, bersenang-senang itu penting. Sekali kamu masih ada waktu, tidak ada salahnya menghabiskan waktu dengan bermain game juga. Bermain game bisa membuat kamu lebih bahagia dan melupakan rasa suntukmu karena masih menganggur. Salah satu hal yang perlu kamu syukuri adalah kamu masih memiliki waktu. Kamu masih berlum terlambat untuk terus bekerj. Dan kamu juga perlu bersenang-senang dengan waktu yang kamu memiliki.

4Nonton film sepuasnya.

4.kegiatannganggur

Kapan lagi kamu bisa menonton banyak film favorit jika tidak sekarang? Saat kamu sudah bekerja, kamu tidak akan punya waktu untuk menonton banyak film sekalipun semuanya sekarang gratis di internet. Kamu bisa streaming film dan serial apa pun setiap hari. Selagi ada waktu kenapa tidak?

Tontonlah film-film lama mau pun baru untuk menghibur harinyamu yang membosankan di rumah. Kamu bisa mencari berbagai rekomendasi di internet dan menonton berbagai film lama yang ikonik.

5Cari pemasukan melalui freelance.

5.kegiatannganggur

Agar kantong tidak bolong terus, kamu juga bisa memulai freelance agar kamu tetapĀ  memiliki pemasukan. Setidaknya untuk uang jajanmu sendiri agar tidak minta orang tua terus. Banyak website yang menyediakan tempat untuk kamu yang ingin bekerja freelance. Bidang pekerjaan yang populer di freelance antara lain, menulis, desain, IT, dan jasa pembuatan website atau blog.

Freelance di Indonesia mungkin belum bisa dijadikan mata pencaharian dengan penghasilan yang tinggi, namun setidaknya cukup untuk menabung. Daripada kamu tidak memiliki pemasukan sama sekali, freelance bisa menjadi solusi.

Freelance juga tidak memiliki jam waktu yang mengikat, bisa kamu kerja kapan pun kamu mau. Jadi, bisa kamu lakukan sambil tetap menacri pekerjaan yang full time.

6Mencoba bisnis kecil-kecilan.

6.kegiatannganggur

Selain freelance, kamu juga bisa mencari uang dengan bisnis kecil-kecilan. Dengan era yang serba dan digital dan fasilita internet yang mulai terjangkau, kamu bisa mendapatkan uang jika kamu ada niat untuk memulai. Ada berbagai website dan social media yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnismu sendiri.

Kamu bisa membuat bisnis snack atau retail pakaian. Kamu mungkin punya banyak koleksi komik yang ingin kamu jual atau majalah yang kamu rawat dengan baik. Semua bisa kamu jadikan ide bisnis untuk menghasilkan uang. Siapa tahu kamu bisa membangun sendiri home industri dari uasaha kecil-kecilanmu. Kamu jadi tidak perlu lagi cari kerja dan mulai serius membangun bisnismu sendiri.

7Ikut workshop atau kursus.

7.kegiatannganggur

Sudah lulus pendidikan bukan berati kamu harus berhenti belajar. Terus asa pengetahuan dan bakatmu dengan mengikuti kursus atau workshop yang tersedia di tempat tinggalmu.

Salah satu contohnya, kamu bisa mengambil kurus bahasa Inggris jika kemampuanmu masi dianggap kurang. Mengingat jama sekarang banyak pekerajaan yang mengharuskan pegawainya memiliki kemampuan bahasa Inggris.

Kamu juga bisa mengambil berbagai kursus untuk menambah kualifikasimu. Magang satu dua bulan di sebuah perusahaan juga bisa kamu jadikan pilihan. Meski gajinya belum full, yang penting adalah pengalamannya. Siapa tahu setelah magang, kamu malah ditawari bekerja di perusahaan tersebut.

Jaman sekarang, sudah tidak jaman menjadi pengangguran full timer yang hanya makan dan tidur. Isi harimu dengan kegiatan yang menyenangkan dan tetap produktif. Dengan begitu kamu akan tetap “waras” dan terhidar dari depresi dan putus asa. Tetap semangat mencari kerja, ya, guys!