Tips Menghadapi Interview Agar Tidak Gugup

1.tipsinterview

Kosongan – Setelah mengirim banyak lamaran pekerjaan, akhirnya kamu menerima panggilan interview. Kamu belum bisa lega dulu karena masih banyak kemungkinan yang terjadi pada saat interview. Tak selalu berhasil, banyak orang sering mengalami kegagalan dalam interview. Salah satu alasan orang sering gagal dalam melamar pekerjaan adalah karena perfoma saat interview yang cenderung gugup.

Gugup memang wajar dialami saat menghadapi interview, namun ada kiat khusus yang bisa kamu lakukan agar rasa gugup kamu tersembunyi dan tetap tampil percaya diri. Berikut beberapa tips menghadapi interview agar rasa gugup kamu tersamarkan dan kamu bisa tampil profesional.

7 Tips Menghadapi Interview

1Datang 30 menit sebelum jam yang ditentukan.

Agar kamu tidak terburuh-buruh dan semakin merasa gugup, datanglah lebuh awal pada hari interview. Usahakan kamu sampai di lokasi 30 menit hingga 1 jam sebelum giliran interview-mu. Dengan datang lebih awal, kamu jadi bisa pergi ke toilte untuk merapikan tampilanmu. Kamu juga bisa duduk tenang dan mengatur napas dari perjalanan yang telah kamu tempuh.

Kamu juga jadi tidak akan merasa bersalah dan lebih percaya diri saat wawancara karena telah datang tepat waktu. Hal ini juga bisa membentuk kesan baik pada perusahaan yang kamu lamar.

2Tampil yang rapi, bersih, dan modis.

Jangan sampai kamu tampil berkeringat dengan rambut yang acak-acakan karena perjalanan. Oleh karena itu datang lebih awal akan sangat membantumu. Hapus keringat di dahi dan tanganmu. Lalu rapikan rambut dan pakaianmu. Pilihlan busana yang sesuai dengan oekerjaan yang kamu lamar dan tetap rapi.

Sekarang sudah tidak jamannya melamar dengan warna hitam putih, kamu juga bisa menggunakan warna dan model atasan formal yang modis. Penampilan ini akan membuat kamu tampil lebih profesional, tidak seperti pegawai training yang masih belajar. Tampil maksimal dan menarik juga membuat orang yang menginterview kamu jadi nyaman melihat kamu.

Untuk kamu yang cowok, ada baiknya kamu bercukur dan merapikan ramput kamu. Jangan sampai tampil kucel dengan kemeja yang kusut, ya.

3Cari tahu mengenai perusahaan yang kamu lamar.

Sistem melamar online yang marak sekarang biasanya membuat kamu mengabaikan profil perusahaan yang kamu lamar. Ada baiknya kamu mencari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar sebelum interview. Cari tahu informasi umum seperti latar belakang perusahaan dan nama CEO-nya. Kamu juga harus paham dalam industri apa perusahaan itu berada dan apa yang diproduksi.

Meski tidak akan ditanyakan saat interview, kamu tetap perlu berjaga-jaga. Pahami pula job description pekerjaan yang kamu lamar dan siapkan jawaban yang sesuai.

4Mengatur postur tubuh dan ekspresi saat sedang menghadapi wawancara.

Postur tubuh dan ekspresi muka merupakan hal yang penting saat sedang wawancara. Jaga posisi duduk kamu agar tetap terlihat antusias. Duduk tegap namun tetap santai, jangan terlalu tegang. Jangan letakan di atas meja jika ada meja di hadapanmu, karena hal tersebut akan membuat kamu terlihat terlalu santai. Ada baiknya letakan tangan dipangkuanmu dan menatap lurus pada pewawancaramu.

Hindari melirik ke atas dan ke segala arah ketika menjawab pertanyaan secara terus menerus. Tunjukan antusiasme yang sewajarnya dengan tersenyum sesekali. Atur juga cara bicaramu, usahakan untuk tidak tertawa kecil ketika menghadapi pertanyaan yang membuat kamu gugup. Dan dengarkan pertanyaan dengan baik sebelum menjawab.

5Jangan terlalu antusias, tapi juga jangan terlihat biasa saja.

Karakter adalah yang lebih dicari oleh para HRD hari-hari ini. Karena orang bisa yang serba bisa dan bisa mengerjakan pekerjaan sudah banyak. Karakter adalah hal yang mulai dicari. So, kamu jangan terlalu nampak antusias seakan sedang memohon pada pewawancara untuk diterima.

Tunjukan kualitas dirimu dan niatmu melalui kualitas jawabanmu. Mulai dari kelebihanmu, keahlianmu, dan pengalamanmu. Jawab dengan tenang dan serius. Dari sinilah karaktermu akan terpancar dan pewawancara akan menangkap bahwa kamu memang serius untuk melamar dengan interview yang sudah kamu persiapkan.

6Tegas dan percaya diri dalam menjawab pertanyaan.

Inilah gunanya kamu mencari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar. Ketika kamu paham tentang perusahaan tersebut, kamu kan menjadi lebih percaya diri. Orang cenderung percaya diri ketika paham apa yang sedang ia hadapi, dan gugup ketika tidak tahu apa yang akan dihadapi.

Sisanya adalah kemapuan dirimu dan karakter yang kamu miliki. Tetap percaya diri dan tegas dalam menjawab pertanyaan. tak perlu minder ketika kamu harus menjawab tentag kelemahanmu, karena tidak ada manusia yang sempurna. Terkadang kmau juga bisa berbohong sedikit. Misal ada satu job description yang kamu belum bisa, jawab saja kamu bisa. Masalah bisa tidaknya kamu bisa segera mempelajarinya ketika sudah diterima bekerja.

7Menjawab soal gaji dengan percaya diri dan realistis.

Agar kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik, pertama cari tau UMR di kotamu dan gaji standar untuk bidang kerjamu. Ketika pertanyaan ini dilontarkan, sudah tidak jaman kamu menjawab “saya kembalikan pada kebijakan kantor”. Bisa-bisa kamu dibayar di bawah UMR, karena perusahaan jaman sekarang sangat berorientasi pada profit.

Kamu juga harus punya hargamu sendiri. Selama masih standar dan sebanding dengan pekerjaan yang akan kamu tangani, menyebur angka tertentu bukan hal yang tabu. Masalah nanti digaji sesuai permintaanmu atau sedikit di bawah harapan adalah urusan belakang. Jangan sampai kamu menyesal menyebutkan nominal yang lebih rendah apdahl kamu bisa memberikan nominal yang lebih tinggi.