Tips Menghadapi Hari Pertama Di Kantor

1.haripertamakerja

Kosongan – Selamat buat kamu yang akhirnya mendapatkan pekerjaan! Setelah berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan mencari kerja akhirnya kamu kerja juga. Tantangan berikutnya adalah melalui hari-hari pertama di kantor. Bagi seorang pegawai baru, hari pertama kerja bisa menimbulkan rasa gugup juga.

Berbeda dengan hari pertama sekolah atau kuliah, kali ini kamu memiliki tanggung jawab lebih besar dan dibayar, tidak ada waktu untuk lengah dan bermalas-malasan. Kesan pertama kamu dihasilkan dari hari pertama yang stabil dan berjalan dengan baik. Tidak perlu tampil memukau, hari pertam adalah dimana waktunya bagi kamu beradaptasi dan belajar. Berikut beberap tips menghadapi hari pertama di kantor gar kamu berhasil membuat kesan baik di lingungan kerja.

7 Tips Menghadapi Hari Pertama Di Kantor

1Datang tepat waktu.

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah datang tepat waktu pada hari pertama di kantor. Ketika kamu datang terlambat hal ini merupakan becana besar untuk memnciptakan kesan baik di tempat kerja. Datang tepat waktu saja tidak bisa. Buat kamu yang tidak terbiasa bangun pagi saat kuliah dan suka datang terlambat datang kelas, kamu harus memiliki niat yang besar. Mulai ubah kebiasaang burukmu dan bangun lebih awal. Karena kali ini kamu dibayar.

Datang lebih awal juga bisa membuat kamu menyiapkan mental dan menenangkan diri sebelum menjalani hari. Kamu bisa melihat lingkungan sekitar dan menjadi merasa lebih terbiasa pada menit-menit pertama.

2Mengobservasi keadaan sekitar.

Kamu tidak perlu menjadi mencolok pada hari pertamamu di kantor. Kontrol diri kamu dan bertingkah sewajarnya saja. Kamu harus lebih fokus mengobservasi keadaan sekitar mulai dari hal-hal yang simple. Dimana lokasi toilet, kantin, atau bagaimana etikanya membuat kopi pada jam kerja. Fokus juga saat sedang berkenalan dengan pegawai satu divisi dan ingat nama mereka. Jika kamu diam dan konsentrasi, memahami semua informasi dan etik dasar di kantormu akan jadi lebih mudah.

3Bersikap rendah hati dan sopan.

Jadilah pegawai baru yang sopan dan menyapa pegawai yang sudah ada terlebih dulu di sana. Pada dasarnya setiap orang pasti maupun membalas jika di sapa sekali pun orang tersebut mungkin judes dan galak. Asal kamu sopan, kamu pasti diterima dengan baik. Jangan lupa rendah hati dan jangan terlalu mencoba sok tahu sekali pun kamu telah browsing tentag perusahaan tersebut.

Dengarkan semua hal yang disampaikan oleh pembimbingmu atau senior. Ini belum saatnya kamu menonjolkan kepribadian dan kemampuanmu. So, tetap kalem dan rendah hati.

4Fokus mempelajari tugas dan peranmu di kantor.

Setelah menerima arahan tentang tugasmu, pelajari hal tersebut dengan baik. Kamu bisa mengecek template kerja dan berusaha memahami materi tersebut. Karena hal inilah yang membuat kamu ada di posisi tersebut. Untuk mepertahankan posisimu, kamu harus menguasai pekerjaanmu. Untuk langkah awal, kamu hanya perlu memahami 100 persen alur tugasmu dan pegawai mana saja yang bersangkutan dengan pekerjaanmu.

Kerjakan dulu pekerjaan sesuai denga instruksi dalam beberapa hari. Jangan terburu-buru memberikan ide atau inovasi, karena kamu masih baru dan masih dianggap belum kredibel.

5Jangan malu bertanya pada pegawai senior.

Ketika mengalami kesulitan dan masih bingung dengan tugasmu, jangan diam saja. Segera bertanya pada pembimbing atau pegawai senior. Selain akhirnya kamu jadi paham, momen ini juga bisa kamu gunakan untuk menjalin hubungan baik dengan pegawai lainnya.

Jangan mencari jawaban yang kamu cari lewat Google meski biasanya mesin pencari tersebut selalu punya jawaban untukmu. Karena setiap format kerja perusahaan pasti berbeda. Tanyakan langsung pada seniormu karena mereka pastinya lebih mengerti. Tak perlu takut dianggap banyak bertanya apalagi itu masih hari pertama kamu. Mereka juga pasti paham kalau kamu membutu bimbingan, bahkan hingga beberapa hari ke depan.

6Jangan gengsi jika disuruh oleh senior.

Jangan asal kesal ketika diberi tugas oleh senior dan merasa dimanfaatkan. Sebagai pegawai baru, kesempatan untuk mengerjakan sesuatu adalah sebuah kesempatan untuk belajar lebih. Terkadang senior juga sebetulnya tidak memiliki maksud menindas kamu, mereka hanya ingin kamu mengenal lebih tentang tenpat kerja kamu.

Misalnya ketika kamu disuruh ke divisi lain untuk mengambil berkas atau menaruh berkas. Kamu akhirnya jadi tahu lokasi divisi tertentu yang mungkin berhubungan dengan divisi. Di situ kamu juga jadi bisa bertemu dengan pegawi lainnya. Atau ketika kmu disuruh mengerjakan sebuah file, kamu jadi bisa mengerti cara mengerjakan hal tertentu.

7Mengenakan busana yang rapi dan modis.

Sebagai kesan awal, penampilan juga merupakan hal yang penting. Pastikan kamu mengenakan busana yang modis namun simple dan pastinya rapi. Dengan penampilan yang menunjang, kamu akan lebih dihargai dengan pegawai lainnya dan tidak terlihat sebagai “anak baru”. Jangan cuma pakai atasan putih bawahan hitam, kecuali memang hal tersebut standar perusahaan untuk pegawai baru.

Kamu juga tetapa bisa tampil modis meski hanya dengan busana training. Yaitu dengan make up dan tantanan rambut yang tepat. Jika enak dipandang, orang akan cenderung ramah denganmu dan menghargai kamu.

Itu tadi beberapa tips menghadapi hari pertama di tempat kerja. Kuncinya adalah mau belajar, tetap rendah hati, dan tampil rapi. Hari pertama bahkan beberapa hari kedapanmu di kantor adalah ajang untukmu beradaptasi, kesalahan merupakan hal yang wajar. ASal kamu tetap mau belajar, beberapa minggu ke depan kamu pasti bisa memberikan perfoma yang terbaik. Selamat bekerja!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.