8 Tips Mengatasi dan Mengendalikan Stres yang Datang Tiba-tiba

Ketika kamu sedang stres, kepalammu akan mungkin mulai sakit, atau kamu mungkin merasa mual, pusing, atau hanya kewalahan saja. Stres dapat berdampak besar pada setiap aspek kehidupan yang kamu jalani, jadi pengurangan stres diperlukan untuk menjaga kesehatan fisik dan emosionalmu. Karena kamu tidak bisa hanya berharap stress hilang, mengendalikan stres adalah keterampilan penting untuk dikembangkan.

Apakah kamu mengalami situasi stres yang tiba-tiba, seperti masalah besar di tempat kerja atau krisis di rumah yang perlu ditangani segera, memiliki rencana untuk stres yang datang secara tiba-tiba adalah ide yang baik. Larry Kubiak, PhD, seorang psikolog dan direktur layanan psikologis di pusat kesehatan perilaku Tallahassee Memorial Healthcare di Florida mengatakan bahwa, “Stres dapat terjadi kapan saja atau di mana saja, dan kami melakukan yang terbaik ketika kami memiliki alat agar siap untuk menghadapinya,” ia menjelaskan.

Jika itu adalah masalah mendesak yang membutuhkan perhatian langsung darimu, mengelola stres adalah hal penting agar kamu dapat berpikir jernih. Hal yang sama berlaku dengan kekhawatiran yang terus-menerus dan mengganggu tentang pekerjaan, kesehatan, keuangan, atau anggota keluarga kamu yang menciptakan penumpukan stres yang mantap. “Ketahui hal-hal yang tersedia untuk Kamu dalam waktu singkat sehingga Kamu dapat memanfaatkannya, seperti mendengarkan musik, pergi berjalan-jalan sebentar, atau memandu imajinasi,” kata Dr. Kubiak.

Cobalah kiat-kiat ini untuk membantu kamu mengurangi stres secara umum serta pengalaman khusus yang memicu kecemasan.

Tips Mengatasi dan Mengendalikan Stres yang Datang Tiba-tiba

1Mundur dan Lihat Masalah dalam Perspektif Berbeda

Kamu mungkin kecewa karena kamu tidak mendapatkan promosi atau jabatan yang kamu inginkan atau khawatirkan bahwa uang sedikit seret bulan ini karena bbm naik yang tidak terduga. Merasa stres adalah reaksi yang alami. Tetapi cobalah mundur selangkah dan tanyakan pada dirimu sendiri : Akankah masalah ini masih penting dalam setahun? Dalam lima tahun? Jika jawabannya tidak, ambil napas dalam-dalam dan cobalah bergerak maju. Menjaga hal-hal dalam perspektif sangat penting untuk mengendalikan stres.

2Buat Daftar Beberapa Solusi dan Dapatkan Rencana

Jika ada masalah khusus yang perlu kamu perbaiki, buat daftar semua solusi yang mungkin dan pilih yang terbaik untuk situasi yang kamu alami saat ini. Menyadari bahwa kami memiliki pilihan dan datang dengan rencana konkrit akan memiliki efek langsung pada pengurangan stres. “Pecahkan tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga kamu dapat mencoba untuk mencapai apa yang kamu butuhkan dalam satu jam, satu hari dan kemudian minggu depan sehingga masalahnya menjadi lebih mudah dikelola,” saran Kubiak.

3Terima Hal-hal yang Memang Luar Kendalimu

Beberapa keadaan berada di luar kendali kita, dan kita harus belajar untuk mengatasi dan menerima mereka. Untungnya, kamu memiliki kendali atas bagaimana kamu bereaksi terhadap situasi yang menekan. Tetap tenang dan mau menerima dukungan emosional dari orang lain dapat membantu dalam mengendalikan stres. Solusi bisa saja datang tidak hanya dari diri sendiri, cobalah untuk membicarakan atau sekedar curhat kepada keluarga untuk meredam stres.

4Berikan Dirimu Istirahat untuk Bersantai dan Mengisi Ulang Energi

Penyebab stres harian dapat menyerang kamu sebelum kamu menyadarinya, jadi manjakan diri setidaknya dengan satu aktivitas rileks setiap hari. Mendengarkan musik, bermeditasi, menulis di jurnal, atau menikmati mandi busa yang menenangkan adalah cara yang bagus untuk bersantai dan menghilangkan stres. “Meditasi memungkinkan kita untuk menjernihkan pikiran kita dan dapat melihat hal-hal dalam perspektif yang lebih realistis,” kata Kubiak. Meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah hal penting untuk mencegah dan mengendalikan stres.

5Cobalah untuk Melakukan Latihan Reguler Setiap Hari

Olahraga adalah salah satu metode terbaik untuk mengelola stres karena dapat meredakan efek stres fisik dan emosional. Pertimbangkan pilihan kebugaran yang juga memberikan efek penurun stres khusus seperti yoga, tai chi, Pilates, atau salah satu seni bela diri, semua cara hebat untuk menyingkirkan stres dan negatif yang terpendam. “Olahraga dapat membantu mengatur dan menghilangkan dengan cara yang produktif yang ‘melawan atau melarikan diri’ zat kimia stres di otak,” kata Kubiak. Tentu saja kamu juga dapat mencoba untuk latihan tinju dan meluapkan emosimu lewat pukulan yang tak tertahankan.

6Terbuka kepada Orang Lain dan Ekspresikan Perasaan yang Terpendam

Jika ada yang mengganggumu, jangan simpan sendiri. Berbicaralah kepada orang yang kamu percayai, seperti teman, keluarga, atau rekan kerja, tentang apa yang ada di pikiranmu. Bahkan jika kamu tidak mencari nasihat khusus, biasanya terasa menyenangkan hanya untuk membuat perasaan kamu terbuka dan mengeluarkan semua uneg-uneg yang ada di hati.

7Tetapkan Harapan yang Wajar dalam Kehidupanmu Sehari-hari

Menjadi sibuk terkadang tidak dapat dihindari, tetapi secara teratur mengambil pekerjakan berat yang tidak dapat kamu atasi dapat menyebabkan stres yang tidak diinginkan. Katakan pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa untuk menolak kegiatan di sekolah anakmu atau proyek tambahan di tempat kerja – kamu tidak berkewajiban untuk menerima setiap permintaan yang dibuat oleh orang lain. Selain itu, jangan mengambil tanggung jawab keuangan yang terlalu besar- seperti mobil baru atau rumah yang lebih besar – jika kamu pikir itu akan menjadi peregangan. Menjadi realistis tentang keuangan adalah strategi penting untuk mengendalikan stres.

8Selesaikan Masalah Sebelum Semuanya Menjadi Krisis

Merupakan sifat manusia untuk menghindari topik dan situasi yang tidak menyenangkan, tetapi jika kamu khawatir tentang situasi yang memusingkan, apakah itu di tempat kerja atau di rumah, atasi lebih awal agar tidak menjadi lebih serius, lebih sulit dipecahkan, dan lebih membuat stres bagi dirimu. Masalah selalu lebih mudah ditangani sebelum berkembang menjadi bencana besar.

Nah itulah beberapa tips singkat untuk mengendalikan dan mengatasi stres. Semua orang merasa stres dan tidak mungkin menghindarinya sepanjang waktu. Tetapi cukup memungkinkan untuk mengendalikan stres dengan menetapkan harapan yang realistis terhadap dirimu sendiri, belajarlah bagaimana menjaga masalah dalam perspektif, dan menikmati istirahat santai dari tuntutan kehidupan sehari-hari. Semoga tip tersebut bisa membantu kamu menjalani dan menghadapi masalah yang datang di setiap hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.