Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Yang Efektif

resolusi-tahun-baru-9

Kosongan – Tahun baru selalu identik dengan resolusi. Biasanya setiap orang memiliki daftar resolusi untuk di raih ditahun berikutnya agar kehidupannya terarah dan terencana. Mulai dari mengubah penampilan, diet, ingin lebih hidup sehat, harus lulus kuliah, harus dapat kerja, dan masih banyak lagi.

Setiap tahun kamu memiliki resolusi, namun pertanyaannya; berapa banyak resolusimu yang selama ini berhasil dicapai setiap tahunnya? Ada yang sukses meraih resolusinya, ada juga yang gagal total, ada juga yang hanya setengah dari resolusinya yang tercapai. Hal ini berdasarkan niat dan seberapa efektifnya kamu membuat resolusi.

Berikut adalah tips membuat resolusi tahun baru yang efektif dan akan membuat kamu merasa lebih mudah untuk meraihnya.


Tips Membuat Resolusi Tahun Baru

1Tentukan target yang realistis, tidak perlu muluk-muluk.

Hisup adalah proses. Setiap pencapaian kecil juga termasuk pencapaian. Sebelum mencapai hal besar, cobalah mencapai hal kecil terlebih dahulu. Misalnya di mulai dengan resolusi untuk hidup sehat dan menghindari teman-teman yang membawa pengaruh buruk dalam kehidupanmu. Menghilamgkan kebiasaan sepele ini pastinya akan membutuhkan waktu.

Coba renungkan hal-hal sepele ada dalam hidupmu yang sepertinya membuat jalanmu terhambat selama ini. Mulailah dengan berusaha menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Istilahnya, bersihkan dulu hidupmu dari hal-hal negatif sebelum memulai lembaran yang baru.

2Jangan berubah karena tahun baru, tapi karena diri sendiri.

Kebanyakan orang terlalu bersemangat pada akhir tahun untuk segera memulai tahun baru. “Sindrome” ini sering muncul karena dipikirnya, tahun baru, awal baru. Mungkin kamu menyesal karena tahun sebelumnya banyak resolusimu yang tidak tercapai dan kamu ingin segera “pindah” ke tahun yang baru agar segera lupa dengan tahun yang lalu.

Semangat ini tidak akan berlangsung lama. Kalau sudah kebiasaan, masuk minggu kedua dalam tahun baru kamu juga sudah akan malas lagi. Tekankan pada diri sendiri bahwa kamu harus berubah dan meraih resolusimu karena sudah tidak ada waktu lagi untuk santai dalam kehidupan.

3Jangan terlalu banyak membuat resolusi.

resolusi-tahun-baru-4

Biasanya kamu akan semangat membuat resolusi pada awal tahun. Ingin bisa meraih ini itu, dan membeli ini dan itu dari hasil usahamu. Padahal belum tentu juga semuanya berhasil diraih. Hal ini karena semangatmu setelah tahun baru akan memudar sedikit demi sedikit. Jangan persusah dirimu sendiri dengan target yang terlalu banyak. Yang ada kamu jadi malas bahkan sebelum memulai.

Tentukan tiga hingga lima resolusi utama saja dalam satu tahun. Misalnya, tahun ini kamu ingin lulus kuliah, atau mendapat pekerjaan. Fokus saja pada resolusi yang bersifat umum. Contoh, resolusimu tahun ini adalah mendapat pekerjaan. Jika kamu fokus pada satu hal tersebut, maka kamu akan melakukan hal-hal yang akan membuat kamu meraih hal tersebut. Mulai dari bikin cv yang menarik, mengubah penampilan, mencari informasi yang lebih tentang perusahaan tujuanmu, dan lain-lain.

Jika kamu memecahnya menjadi banyak resolusi, yang ada kamu jadi tidak fokus dan cepat malas.

4Memiliki buku agenda.

resolusi-tahun-baru

Jaman sekarang mungkin banyak orang tidak terbiasa memiliki buku agenda. Orang Indonesia pada umumnya juga tidak memiliki kebiasaan menulis jurnal harian. Cobalah kebiasaan baru satu ini. Belilah buku agenda, kalau bisa yang ada tanggalannya. Mulailah dengan menulis resolusimu pada halaman depan. Agar setiap hari ketika kamu membukanya, kamu selalu diingatkan akan resolusimu.

Lalu cobalah mulai menulis jurnal harian. Entah itu sebelum memulai hari atau di waktu senggah sebelum istirahat. Biasanya orang suka malas menulis saat menjelang tidur. Kamu mungkin bisa menulisnya saat makan siang. Menulis agenda saat sedang tidak bisa tidur juga bisa menjadi kebiasaan yang baik.

Dengan mencatat jurnal harian, kamu jadi bisa membaca progres harianmu dan melihat dirimu berkembang setiap harinya. Atau justru menemukan kesalahan dan alasan kenapa kamu masih “terjebak” hingga beberapa bulan berikutnya.

Memeliki agenda sama dengan memiliki kebiasaan mengevaluasi diri sendiri. Dan evaluasi sangatlah penting untuk menjadi lebih baik.

5Memajang resolusi di tempat yang sering kamu lihat.

resolusi-tahun-5

Kamu hanya membutuhkan secarik kertas dan menuliskan resolusimu. Kamu bisa tempel di depan meja kerja atau belajarmu. Kalau ingin lebih canggih, tulis di note pada smartphone-mu dan pasang note tersebut pada layar depan smartphone kamu. Mengingat kamu pastinya lebih sering membuka smartphone kamu.

Kebiasaan ini akan membantu kamu menjadi fokus dengan resolusimu. Mungkin terdengar klise, tapi saat kamu mencobanya, secara tidak sadar kamu juga akan terpengaruh.

6Memiliki perencanaan bulanan.

Untuk resolusi tahunan, kamu hanya memiliki sedikit daftar. Namun, untuk target bulanan, kamu bisa menentukan sebanyak yang diperlukan. Hal ini mungkin sudah familiar buat kamu yang terbiasa dengan menulis agenda dan perencanaan harian maupun bulanan.

Namun jangan cuma dicantumkan, jangan lupa untuk segera diselesaikan. Memulai biasanya menjadi hal yang susah setiap harinya. Coba paksa dan tekan dirimu sendiri untuk memulai, saat sudah sampai dipertengahan, biasanya pekerjaan maupun usaha akan lebih ringan karena telah terbiasa.

7Share resolusi dengan sahabat terdekat atau orang yang kamu percaya.

resolusi-tahun-3

Dalam obrolan santai menjelang tahun baru, kamu juga bisa share resolusi satu sama lain agar saling menginspirasi. Buat kamu yang kurang disiplin, temanmu jadi bisa mengingatkanmu hingga menolong kamu dalam mencapai resolusimu. Kamu juga akan lebih giat karena malu jika pada akhir tahun mendatang kamu belum berhasil meraih resolusimu.


Itu tadi beberapa tips membuat resolusi yang efektif, semoga tahun menjadi tahun yang baik untuk kita semua!