Tips Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes

Tips Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes
Tips Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes

KosonganDiabetes (kencing manis) merupakan sebuah penyakit di mana tubuh dalam keadaan tidak bisa menghasilkan hormon pengatur gula darah (insulin), atau hormon yang dihasilkan kurang mencukupi serta kurang bekerja dengan baik. Karena hal itu gula darah terlihat meningkat saat diperiksa. Terdapat dua tipe utama penyakit diabetes, kedua tipe utama tersebut dikenal sebagais diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua.

Diabetes tipe satu adalah suatu keadaan di mana tubuh sudah sama sekali tidak bisa memproduksi hormon pengatur gula darah atau insulin. Dalam diabetes tipe ini penderitanya harus menggunakan suntikan asupan insulin untuk mengatur gula darahnya. Kebanyakan penderita diabetes tipe ini adalah anak-anak dan remaja.

Diabetes tipe dua adalah suatu keadaan di mana tubuh tidak mampu memproduksi hormon pengatur gula darah atau insulin secara mencukupi, dan atau insulin yang dihasilkan tidak mampu bekerja dengan seharusnya. Keadaan ini dikenal dengan istilah resitensi insulin. Diabetes tipe dua merupakan tipe yang paling banyak diderita banyak orang saat ini, bahkan diperkirakan 90% lebih penderita diabetes adalah penderita diabetes tipe ini. Diabetes tipe dua sering ditemui pada orang-orang yang berusia lebih dari 40 tahun, kegemukkan atau yang mempunyai riwayat diabetes dalam keluarganya.

Diabetes atau kencing manis memang merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Diperkirakan jutaan orang di dunia didiagnosis menjadi penderita penyakit diabetes karena gaya hidup yang tidak sehat dan kurangnya berolahraga. Sebelum terlambat, berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit diabetes yang dirangkum dari berbagai sumber:

Tips Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes

Ketahui terlebih dahulu apa itu diabetes

Sebelum memulai tindakan pencegahan, sangat penting bagi sobat kosongan mengetahui seluk beluk mengenai diabetes, terutama mengenai gejala dan penyebab penyakit tersebut. Adapun gejala penyakit diabetes, antara lain: mudah merasa haus, mempunyai nafsu makan yang tinggi, sering buang air kecil lebih banyak daripada biasanya, berat badan turun tanpa sebab yang jelas, mengalami penghitaman di beberapa area kulit, dan jika terluka maka lukanya sukar sembuh.

Adapun beberapa sebab seseorang terkena penyakit ini adalah terlalu banyak makan namun jarang berolahraga, atau merupakan bawaan dari keluarga. Setelah sobat kosongan mengenal dengan akrab penyakit ini, sobat kosongan dapat memulai rencanas pencegahan sobat kosongan dengan mudah.

Mengurangi porsi makan

Kebanyakan makan disebut-sebut sebagai salah satu penyebab utama seseorang mengalami diabetes. Jika sobat kosongan merasa porsi makannya terlalu banyak, mengurangi porsi makan sobat kosongan setiap harinya bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari diabetes.

Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin membantu menjaga berat badan tetap ideal, menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas sobat kosongan terhadap hormon insulin. Terutama karena bersama terlalu banyak makan, jarang berolahraga disebut sebagai salah satu penyebab seseorang terkena diabetes, maka berolahragalah secara rutin. Selain untuk mencegah diabetes, berolahraga juga menjaga kondisi tubuh bugar, yang artinya secara teori akan membuat tubuh sobat kosongan tidak mudah sakit.

Menurunkan berat badan

Berat badan berlebih atau obesitas dapat memperbesar risiko seseorang terkena diabetes. Jadi, pastikan bahwa sobat kosongan dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap normal dengan cara mengurangi porsi makan dan berolahraga secara rutin.

Jangan lupa sarapan dan perbanyak makan sayur

Sangat penting untuk sarapan setiap hari, karena hal itu membantu mengontrol nafsu makan dan juga membantu mengontrol konsumsi kalori. Dalam kata lain, dengan sarapan sobat kosongan sudah mencoba mengurangi porsi makan dan mengurangi berat badan sekaligus.

Selain sarapan, sobat kosongan juga perlu memperbanyak makan sayur. Daging memang enak, namun bukan berarti sobat kosongan harus memakannya setiap hari, karena daging memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat menimbulkan risiko diabetes. Sebagai alternatif, kurangi makan daging dan perbanyak makan sayur.

Hindari makanan berlemak dan minuman manis

Junk food dan makanan yang biasa sobat kosongan beli di pinggir jalan pada umumnya memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang berakibat pada meningkatnya gula darah.

Selain itu, soda, minuman ringan dan menggunakan perasa lainnya juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Hal ini karena semua minuman tersebut merupakan sumber gula yang tidak terlihat. Konsumsi gula meningkat berarti kadar gula darah sobat kosongan pun meningkat.

Menghindari stres dan tidur dengan nyenyak

Terlalu banyak mendapat stres dapat beresiko juga meningkatkan kadar gula dalam darah sobat kosongan lho, sobat kosongan. Jadi ada baiknya berlatih menghadapi stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan.

Selain itu, tidur setidaknya selama enam jam di malam hari sangat penting untuk mencegah diabetes lho, sobat kosongan. Hal itu karena kekurangan tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh yang dapat meningkatkan kandungan insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Tidur yang tidak cukup juga bisa membuat nafsu makan meningkat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.