Tips Agar Bayi Makan Dengan Menyenangkan

Tips Agar Bayi Makan Dengan Menyenangkan
Tips Agar Bayi Makan Dengan Menyenangkan

Kosongan – Dimulai dari hari pertama dilahirkan sampai setidaknya berumur 6 bulan, seorang bayi hanya diperbolehkan untuk diberi Air Susu Ibu (ASI) dan susu formula saja. Hal ini karena pencernaan seorang bayi masih belum sempurna dan masih belum siap menerima makanan selain ASI dan susu formula itu sendiri.

Seiring pertumbuhan, saat seorang bayi telah berusia 6 bulan atau lebih, maka itulah saat yang tepat untuk memberikannya makanan sebagai pendamping ASI. Dengan perubahan pola makan seperti itu, tentunya seorang bayi membutuhan masa penyesuaian dengan makanan barunya itu. Ada sebagian bayi yang sangat menyukai makanan barunya itu hingga mudah diajak makan, namun ada sebagian lagi bayi yang menolak karena merasa belum terbiasa.

Nah, karenakan cukup penting untuk memberi makanan pendamping ASI ini, maka diperlukan kesabaran dan juga ketelatenan seorang ibu ketika memberikan makan kepada seorang bayi. Jika apabila saat ini salah seorang sobat kosongan yang memiliki anak bayi sedang mengalami masa-masa seperti itu, ada beberapa tips agar seorang bayi dapat makan dengan baik nan lahap.

Di masa seperti itulah pentingnya memberi makan seorang bayi agar nantinya bayi tersebut akan tumbuh dengan sehat dan kuat. Berikut beberapa tips untuk sobat kosongan yang memiliki anak bayi, agar suasana makan bagi bayi tersebut menjadi seseuatu yang menyenangkan untuk mereka. Berikut di bawah ini selengkapnya :

Tips Agar Bayi Makan Dengan Menyenangkan

1Dudukan dengan Posisi yang Nyaman Untuknya

Tips Agar Bayi Makan Dengan Menyenangkan

Ketika seorang bayi mulai makan makanan padat, tentunya akan berbeda dengan saat ia hanya minum ASI dan susu formula yang bisa dilakukan sambil tiduran. Ketika mulai diajari makan makanan pada, cobalah untuk mendudukkan bayi di kursi makan khusus untuk bayi.

Selain itu, jangan lupa untuk pasangkan sabuk pengaman agar bayi tersebut tidak terjatuh. Namun, jangan dipasang terlalu kencang agar bayi tersebut masih dapat bergerak dan tidak merasa sesak.

2Biarkan untuk Mengeksplor Lingkungannya

Tips Agar Bayi Makan Dengan Menyenangkan

Seorang bayi yang mulai tumbuh besar memiliki rasa ingin tahu yang semakin besar pula. Karena rasa ingin tahu ini pula, maka seorang bayi biasanya akan menjadikan makanannya seperti mainan.

Jika sedang makan dan mencoba untuk memberantakan menu makannya, biarkan saja. Hal itu dikarenakan bayi tersebut berusaha mengeksplorasi rasa ingin tahunya dan merupakan hal yang menyenangkan bagi seorang bayi.

Selain itu, dengan membiakan seorang bayi mengeksplorasi sekitarnya, juga berarti membantu perkembangannya. Karena itu, sebagai orang tua sebaiknya sobat kosongan cukup letakkan saja kain pel di bawah meja atau kursi makannya, dan beri celemek di depan dadanya.

3Perkenalkan dengan Alat Makannya

Tips Agar Bayi Makan Dengan Menyenangkan

Saat seorang bayi disuapi, pasti ia akan berusaha merebut sendok dan berusaha mencobanya sendiri. Karena itu berikan bayi tersebut sendok sendiri untuk dipegang sementara sobat kosongan tetap meyuapi.

Kebiasaan seperti ini akan memberi bayi tersebut pengetahuan baru tentang peralatan makan. Selain itu, dengan begitu pula lama-kelamaan bayi tersebut akan belajar menyendokan sendok ke piring dan memasukan makanannya ke dalam mulutnya sendiri.

4Perkenalkan untuk Minum dengan Menggunakan Gelas

Tips Agar Bayi Makan Dengan Menyenangkan

Biasanya seorang bayi minum dengan menggunakan dot yang orang tuanya berikan. Namun sebenarnya saat seorang bayi telah berusia 6 bulan atau lebih merupakan saat yang tepat untuk memperkenalkan gelas kepadanya.

Ajarkan anak bayi sobat kosongan minum dengan menggunakan gelas. Dengan begitu, lama-kelamaan bayi tersebut akan terbiasa memegang dan minum dengan menggunakan gelasnya sendiri.

5Berikan Makan Sesuai Porsinya

Tips Agar Bayi Makan Dengan Menyenangkan

Baru beberapa suap sendok terkadang seorang bayi akan menolak makanan yang diberikan, jika sudah seperti ini tinggal kemampuan sobat kosongan mengalihakan perhatian bayi tersebut agar ia mau lanjut makan lagi. Namun jika dirasa bayi tersebut sudah merasa kenyang, maka segera sudahi makannya dan jangan pernah memaksa bayi tersebut untuk menghabiskannya. Selain karena biasanya bayi tersebut akan menangis, dikhawatirkan pula jika ia akan tersedak.

Selain itu, sebaliknya, jika bayi tersebut masih membuka mulutnya meski pun porsi makannya sudah habis, maka jangan tambah porsinya. Cukup berikan bayi tersebut makan sesuai dengan porsinya saja.

Demikian tadi beberapa tips agar anak bayi sobat kosongan yang baru belajar makan makanan padat bisa makan dengan baik nan lahap. Sejatinya bayi adalah manusia, jika bayi tersebut enggan makan jangan terlalu memaksakannya. Carilah penyebabnya dan bereskan, kemudian sobat kosongan bisa kembali memberi makan bayi tersebut dengan baik nan lahap.

Sobat kosongan punya tips lain mengenai cara memberikan makan pada bayi dengan nyaman? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar, ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.