Tidak Selalu Pecinta Anime, Berikut 6 Jenis Otaku Paling Unik

jenis-otaku-4

Kosongan – Orang masih suka salah kaprah dalam mendefinisikan arti dari otaku. Otaku adalah bahasa Jepang yang memiliki arti orang yang memiliki obsesi terhadap suatu kebudayaan pop. Singkatnya, otaku adalah sebuah perilaku obsesi pada suatu hal yang bersifat hobi. Dalam beberapa kasus, sifat otaku juga ada yang berkembang menjadi obsesi tidak sehat.

Jadi, otaku bukan hanya sebutan bagi kamu yang merupakan pencinta anime dan manga. Ada berbagai jenis otaku yang ada disekitar kita, mungkin kamu juga termasuk dari salah otaku tanpa kamu sadari.

Berikut adalah berbagai jenis otaku, mulai dari yang sudah familiar hingga yang paling unik.


7 Jenis Otaku Paling Populer

1Otaku Manga dan Anime

jenis-otaku-1

Jenis satu ini pastinya sudah menjadi yang paling familiar. Otaku satu ini sangat suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca komik Jepang dan menonton berbagai serial anime. Menghabiskan satu season anime dalam satu hari bukan hal mustahil bagi mereka.

Otaku garis keras dalam jenis ini bahkan memilik ketertarikan pada karakter 2D dibandingkan manusia asli. Mereka lebih sering berkhayal tentang tokoh 2D dari pada naksir dengan orang di sekitarnya.

2Otaku Game

jenis-otaku-2

Bagi kamu para penggila game, kamu berarti termasuk dalam kategor satu ini. Parah otaku game tidak pernah ketinggalan dengan trend game terbaru. Mereka juga rela menghabiskan uang untuk membeli aksesoris game yang keren. Mulai dari mouse dan keyboard bercahaya hingga headphone besar dengan suara lebih mantap.

Para otaku game yang gila biasanya bertarung dengan serius. Kalau kamu pernah dimarahi dalam sebuah game online, bisa-bisa orang tersebut adalah otaku game. Padahal game seharusnya diciptakan untuk menghibur diri.

3Otaku Action Figure

jenis-otaku-3

Jenis otaku satu ini bisa dibilang salah satu yang paling menghabiskan uang. Otaku satu ini gemar mengumpulkan action figure dari anime favoritnya dan memajangnya dengan set tertentu.

Padahal kamu tahu sendiri berapa harga dari satu buah action figure. Yang paling murah bisa mencapai ratusan ribu rupiah, itu pun ukurannya biasanya kecil. Untuk action figur besar biasanya bisa menjapai jutaan rupiah.

4Otaku Cosplay

jenis-otaku-4

Para Cosplayer juga termasuk dalam jajaran otaku. Mereka memiliki dedikasi yang tinggi ketika sedang melakukan cosplay. Otaku cosplayer biasanya akan membuat kostumnya sendiri agar lebih sesuai keinginan dan pas ditubuh. Mereka juga akan bermain peran dengan maksimal dan rajin datang ke festival-festival pop culture.

5Otaku Robot (Gundam)

jenis-otaku-6

Gundam adalah salah satu anime bergenre mecha yang legendaris. Gundam bahkan memiliki museumnya sendiri meski animenya sudah tidak diproduksi lagi. Ada berbagai jenis robot Gundam yang dijual di pasaran. Hal ini pun menimbulkan jenis hobi baru yaitu sebagai kolektor gundam. Ada ratusan model Gundam dengan harga selangit dan membutuhkan proses untuk dikumpulkan.

Seni dari otaku Gundam adalah keseruan merakit robot Gundam sebelum akhirnya dipajang. Berbeda denga lego yang sederhana, Gundam memiliki detil yang cukup susah untuk dirakit oleh para pemula. Hal inilah yang menjadi tantangan menyenangkan bagi para otaku Gundam.

6Otaku Kereta Api

jenis-otaku-7

Jenis otaku satu ini benar-bnar ada dan mungkin kamu belum familiar. Otaku kereta api adalah orang yang memiliki kegemaran tentang kereta api di daerahnya. Mereka suka suka melihat peta jalur kereta di tempat tinggal mereka dan menelusurinya. Kegiatan mereka hanya bermain di stasiun kereta dan mengambil foto. Terkadang mereka juga suka menelusuri jalur kereta di luar kota.


Itu tadi berbagai jenis otaku yang patut kamu ketahui, apa kamu merupakan salah satu dari kategori diatas?