Tidak Kalah Dari Hollywood! Inilah 8 Film Rusia Terbaik Yang Harus Kamu Ketahui

Tidak Kalah Dari Hollywood! Inilah 8 Film Rusia Terbaik Yang Harus Kamu Ketahui
Tidak Kalah Dari Hollywood! Inilah 8 Film Rusia Terbaik Yang Harus Kamu Ketahui

Rusia adalah sebuah negara yang luar biasa indah dan menarik untuk dikunjungi. Banyak hal menarik tentang Rusia, seperti pada dunia perfilmannya. Namun, dunia perfilman Rusia rasanya jarang tersorot ke ranah dunia, karena perfilman saat ini banyak didominasi oleh Hollywood. Tapi jangan salah, banyak Film Rusia Terbaik yang kualitasnya tak kalah dari Hollywood.

8 Film Rusia Terbaik Yang Bisa Kamu Jadikan Tontonan Saat Weekend Nanti

Nah, Film Rusia Terbaik ini, punya kualitas film yang tidak kalah juga dengan film-film dari Inggris dan juga Peranci, yang sama-sama jarang tersorot media. Namun, di Rusia sendiri semua judul film yang kali ini akan kami bahas, sangat populer dan jadi favorit tontonan masyarakatnya. Kamu penasaran ada film Rusia apa saja yang akan di bahas kali ini?.

Jika iya, berikut daftar Film Rusia Terbaik yang bisa kamu tonton langsung weekend ini:

1Anna (2019)

Anna (2019)
Anna (2019)

Film Rusia Terbaik yang pertama kami bahas, adalah film berjudul Anna. Film ini mengisahkan tentang Anna Poliatova (Sasha Luss) yang terlahir sebagai agen KGB setelah melalui proses rekrutmen yang panjang dan sulit dari Olga (Hellen Mirren). Kemudian ia menyamar sebagai penjual sayur dan buah di Rusia, sampai Anna akhirnya ditemukan dan diajak bergabung oleh agensi model terkenal di Perancis. Kehidupan glamor model membawanya bertemu dengan pebisnis dari Rusia, yang bernama Oleg Filenkov (Andrew Howard).

Tanpa membutuhkan waktu yang lama, Anna berhasil menjalin hubungan dengan pria tersebut. Oleg merupakan satu di antara target yang harus dihabisi oleh Anna. Namun, kasus yang menimpa Oleg ini mendapat penyelidikan khusus dari agen CIA, yakni Leonard Miller (Cillian Murphy). Disisi lain, Anna sendiri dikontrak oleh KGB untuk bekerja selama lima tahun. Setelah itu, ia dijanjikan mendapatkan kebebasan dan juga perlindungan. Akan tetapi, Anna merasa terjebak dan tidak bisa untuk melanjutkan pekerjaannya itu. Kelanjutannya bisa kamu saksikan sendiri ya.

2Boggart (2019)

Boggart (2019)
Boggart (2019)

Nah, kalau Film Rusia Terbaik yang satu ini mengisahkan tentang seorang gadis muda bernama Alina, yang baru saja pindah ke apartemen baru bersama ibunya dan kucing kesayangan mereka. Akan tetapi, keluarga itu malah mendapati bahwa mereka berbagi apartemen dengan seorang boggart (hantu penjaga rumah dalam bentuk seorang lelaki tua kecil dengan wajah ditumbuhi rambut putih) yang menganggap mereka sebagai pengganggu di tanah miliknya yang sah.

Sampai akhirnya, keluarga itu menang dan mengusir hantu itu, akan tetapi dengan melakukan hal itu mereka malah menempatkan diri mereka dalam sebuah bahaya besar. Dan hanya boggart yang bisa menyelamatkan mereka, tetapi dia harus mendapatkan kembali kepercayaan mereka terlebih dahulu. Film ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk kamu dan keluarga juga anak-anak. Di Rusia sendiri, film ini cocok untuk batas usia 6+.

3Loveless (2017)

Loveless (2017)
Loveless (2017)

Lalu, Film Rusia Terbaik yang selanjutnya adalah Loveless. Ya, film Loveless ini disutradarai oleh Andrey Zvyaginsten, yang bercerita tentang orang tua yang telah  berpisah dan juga dibintangi oleh Maryana Spivak dan Aleksey Rozin. Keadaan ini membuat anaknya jadi melarikan diri entah kemana.

Alhasil mereka harus kembali bersama untuk menemukan anaknya yang hilang. Film ini mengantongi banyak penghargaan keren, antara lain Juri Prize di Cannes, Film Terbaik, Soundtrack Terbaik, dan juga Sinematografer Terbaik di European Film Awards. Dan film Loveless ini dinominasikan untuk Oscar dan Golden Globe. Keren ya.

4The Student (2016)

The Student (2016)
The Student (2016)

Film Rusia Terbaik ini, adalah besutan dari Kirill Serebrennikov yang bisa langsung kamu nikmati di kanal Netflix. The Student bercerita tentang seorang siswa bernama Veniamin Yuzhin (Pyotr Skvortsov) yang masih duduk di sekolah menengah namun begitu fanatik terhadap agama yang dianutnya.

Namun, dia malah menyerap semua yang terjadi pada dirinya dan memahaminya secara harfiah. Dia akhirnya malah memaksa orang di sekitarnya untuk sejalan dengannya dan alhasil, malah membawanya ke dalam kehancuran. Uniknya, film ini menerima beberapa penghargaan di festival film internasional, termasuk di festival bergengsi Cannes.

5Leviathan (2014)

Leviathan (2014)
Leviathan (2014)

Kalau Film Rusia Terbaik yang dirilis tahun 2014 ini, berjudul Leviathan dan disutradari oleh Andrei Zvyagintsev. Yang akan membawa kamu pada latar desa kecil Teriberka di wilayah Murmansk di wilayah Rusia utara. Film ini menunjukan ketidakberdayaan para  individu dalam menghadapi mesin negara.

Ya, ini adalah sebuah film yang sangat dalam dan bisa membuat kamu berpikir keras. Leviathan adalah salah satu film Rusia yang sukses dalam skala internasional loh. ¬†Leviathan dinominasikan sebagai film berbahasa asing terbaik di ajang Oscar dan juga memenangkan katergori yang sama di Golden Globes loh. Di Palme d’Or di Cannes film ini juga mendapat penghargaan untuk kategori skenario terbaik. Hebat bukan!

6Hipsters (2008)

Hipsters (2008)
Hipsters (2008)

Film Rusia Terbaik yang satu ini, akan mengubah pola pikir kamu yang jika kamu berpikir bahwa Rusia hanya mengusung kisah seputar balet, seni, atau sastra saja. Nah, maka dari itu kamu harus nonton film Hipster yang disutradari oleh Valery Todorovsky ini. Film Hipster ini, adalah film dengan genre drama musikal komedi yang dibintangi oleh Anton Shagin dan juga Oksana Akinshina.

Hipster bercerita tentang kehidupan tahun 1950 an yang artinya Rusia masih dalam represi zaman Uni Soviet. Ini menunjukkan bahwa orang di sana juga ingin menikmati kebudayaan populer seperti kita di Indonesia. Orang-orang di sini diceritakan secara sembunyi-sembunyi membeli barang-barang mode asing, mendengarkan musik barat hingga menari ala barat. Sayangnya perkumpulan tersebut dibubarkan dan dihakimi.

7Everyone Dies But Me (2008)

Everyone Dies But Me (2008)
Everyone Dies But Me (2008)

Kalau Film Rusia Terbaik yang satu ini, adalah film yang sutradaranya adalah perempuan yakni, Valeriya Gai Germanika. Film ini bercerita tentang kehiudpan remaja yang sedang tidak stabil. Ada Katya yang menerima perlakuan tidak baik di rumah, Vika yang selalu di-bully oleh teman-temannya dan Zhanna yang moodnya sering berubah-ubah sampai ingin melukai diri sendiri. Film membawa kamu pada realitas anak remaja terkhusus perempuan yang punya kehidupan berat. Film ini mendapat penghargaan di Cannes Film Festival di tahun yang sama, yakni pada kategori young cinematographer award.

8Russian Ark (2002)

Russian Ark (2002)
Russian Ark (2002)

Russian Ark adalah Film Rusia Terbaik yang terakhir kami bahas. Film Russian Ark disutradarai oleh Alexander Sokurov dan merupakan film bergenre drama sejarah yang menggunakan latar tempat Winter Palace dan juga Museum Hermitage. Dua tempat ini adalah tempat bersejarah yang dijadikan destinasi para turis dan orang Rusia sendiri untuk memahami kebudayaan di Rusia.

Dalam cerita di film ini, orang-orang dalam lukisan bisa hidup dan tokoh-tokoh bersejarah di dalamnya bisa berlarian. Dari sini, kamu bisa mendapatkan ringkasan sejarah Rusia selama tiga abad loh. Sokurov menggabungkan sejarah, seni, dan juga sinematik menjadi paduan yang luar biasa. Russian Ark juga menerima the Visions Award pada tahun 2002 di Toronto Internation Film Festival loh.

Jadi itulah tadi beberapa Film Rusia Terbaik yang bisa langsung kamu tonton, yang kualitasnya tak kalah apik dari film-film besutan Hollywood. Nah, dari semua judul yang ada di atas, kamu tertarik untuk menonton yang mana dulu? Jangan lewatkan semuanya ya, karena berbagai judul di atas sangat menarik untuk disaksikan.