Tidak Cuma Deadpool atau Avengers, Indonesia juga Punya Superheronya Sendiri lho…

Tidak Cuma Deadpool atau Avengers, Indonesia juga Punya Superheronya Sendiri lho..
Tidak Cuma Deadpool atau Avengers, Indonesia juga Punya Superheronya Sendiri lho..

Kosongan – Dulu, sekitar dekade 90 hingga awal 2000, di Indonesia banyak sekali superhero lokal yang eksis. Beberapa bahkan sangat terkenal dan menjadi idola anak-anak. Di dekade 90 hingga awal 2000-an seakan menjadi tahunnya konten untuk anak-anak mendominasi berbagai media massa. Di masa ini, banyak film dan komik yang mengisahkan tentang superhero asli Indonesia. Berikut ini adalah beberapa superhero Indonesia yang pernah hadir di layar kaca.

Tidak Cuma Deadpool atau Avengers, Indonesia juga Punya Superheronya Sendiri lho…

Gundala Putra Petir

Gundala Putra Petir merupakan salah satu superhero Indonesia yang pernah menghiasi layar kaca pada tahun 1982. Gundala merupakan salah satu karakter komik karangan Harya Suraminata atau yang biasa dipanggil Hasmi pada tahun 1969. Komik Gundala bercerita tentang seorang superheros yang memiliki kekuatan petir. Dalam komiknya sendiri, setting lokasi komik Gundala berlatar di Yogyakarta meskipun di versi filmya bersetting di Jakarta.
Meskipun disebut-sebut banyak pihak memiliki tampilan seperti tokoh superhero asal DC, Flash, namun pada kenyataannya tokoh Gundala ini terinspirasi dari legenda jawa, yaitu Ki Ageng Sela yang katanya mampu menangkap petir.

Gundala Putra Petir bercerita mengenai seorang ilmuwan bernama Sancaka yang berhasil menemukan serum anti-petir. Sebagai ilmuwan, Sancaka memiliki jadwal kegiatan yang padat dan hal ini berakibatkan Sancaka putus dari pacarnya. Sancaka yang kecewa kemudian berlari di tengah hujan dan tanpa disengaja tersambar petir.

Saat koma, Sancaka kemudian dibawa ke planet lain dan dijadikan anak angkat oleh raja petir, Kaisar Kronz. Kaisar Kronz inilah yang memberikan kekuatan petir dari telapak tangan Sancaka.

Selain itu, Raja Taifun dari kerajaan Bayu juga memberikan Sancaka kekuatan lari secepat angin. Serangkaian kejadian tersebut pada akhirnya membawa Sancaka menjelma menjadi sesosok superhero yang kuat. Popularitas Gundala yang meningkat kemudian membawa karakter fiksi legendaris ini merambah layar kaca. Melalui PT. Cancer Mas Film yang membeli lisensinya di tahun 1981, Gundala pun resmi masuk layar kaca.

Yang membuat versi film Gundala Putra Petir menjadi idola pada saat itu adalah film ini tidak pernah lepas dari komiknya. Meski latar tempatnya diubah dari Yogyakarta menjadi Jakarta, film ini tetap berusaha mengambil seluruh cerita dan adegan yang ada di komiknya.

Kini, pada tahun 2018, Gundala juga diberitakan akan memperoleh film versi modernnya juga lho, sobat kosongan. Disutradarai tangan dingin Joko Anwar, versi modern Gundala diperkirakan akan rilis tahun 2019.

Saras 008

Saras 008 merupakan superhero Indonesia selanjutnya yang dulu sempat muncul di layar kaca. Saras 008 tergolong unik karena menjadikan wanita sebagai tokoh utama atau tokoh superheronya. Di Indonesia pada waktu itu, menjadikan wanita sebagai tokoh superhero bukan merupakan hal yang umum. Namun dari ketidak umuman itu, ternyata mampu membuat orang-orang penasaran dan akhirnya menggemari tokoh Saras.

Film ini pertama kali tayang pada tahun 1998 di stasiun televisi Indosiar. Film Saras 008 pun banyak menghadirkan artis-artis yang pada waktu itu sedang populer, tokoh Saras sendiri diperankan oleh Cindy Dewiana. Film Saras 008 diproduksi oleh Rapi film. Dari tahun ke tahun, popularitas Saras 008 kian menanjak, apalagi ditambah dalam film tersebut ada salah satu tokoh antagonis ikonik dalam sosok Mister Blek.

Sama seperti Gundala, ternyata Saras juga ada komiknya lho, sobat kosongan. Komik Saras 008 ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Meski akhir dekade 90-an merupakan era kesuksesan Saras 008, namun kenyataannya film ini hanya bertahan hingga tahun 2002 saja.

Panji Manusia Milenium

Superhero Indonesia yang pernah muncul di layar kaca selanjutnya adalah Panji Manusia Millenium. Panji adalah tokoh superhero yang menandakan bahwa kita akan memasuki milenium baru di tahun 2000. Sekedar informasi, tahun 2000 dulu sering disebut juga sebagai tahun millenium. Pada masa itu, Panji Manusia Millenium merupakan film superhero lokal yang sukses keras selain Saras 008. Tokoh Panji sendiri diperankan oleh aktor Primus Yustisio.

Panji Manusia Millenium bercerita tentang perjalanan seorang pemuda bernama Panji. Panji ini merupakan seorang pengelola sebuah panti asuhan yang juga bekerja sebagai pembasmi kejahatan. Saat sedang membasmi kejahatan, Panji menjelma menjadi sosok superhero dengan kekuatan super dan terlihat sangat gagah. Namun dalam wujud manusia biasanya, Panji terlihat seperti sosok yang biasa saja bahkan cenderung agak cupu.

Di masa kejayaannya, Panji Manusia Millenium ditayangkan di RCTI dan LaTivi (sekarang TvOne) dengan durasi bisa mencapai satu jam dalam sekali tayang. Film Panji Manusia Millenium sendiri tamat pada tahun 2001 tepat pada penayangan episode ke-77.

Kurang lebih itulalah superhero-superhero lokal Indonesia yang pernah tayang di layar kaca. Selain ketiga superhero tersebut, sobat kosongan tahu siapa lagi supehero asli Indonesia yang pernah muncul di televisi lokal? Jangan sungkan untuk berkomentar jika tahu, ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.