Terungkap! 7 Episode Terlarang Spongebob Yang Tidak Lagi Tayang di TV

Terungkap! 7 Episode Terlarang Spongebob Yang Tidak Lagi Tayang di TV
Terungkap! 7 Episode Terlarang Spongebob Yang Tidak Lagi Tayang di TV

Kosongan – Spongebob Squarepants, siapa yang tidak kenal dengan animasi yang satu ini. Meskipun sebenarnya masih ada banyak sekali animasi yang jauh lebih bagus dan menyenangkan, tetapi Spongebob Squarepants tetap menjadi tayangan televisi yang selalu memiliki tempat di hati anak-anak, bahkan orang dewasa juga banyak yang menyukainya lho, sobat kosongan.

Spongebob Squarepants adalah sebuah tayangan animasi populer dari Nickelodeon. Animasi ini pertamakali tayang pada tahun 1999 di Amerika Serikat. Serial animasi Spongebob Squarepants sendiri diciptakan oleh Stephen Hillenburg dan diterbitkan oleh perusahaannya, United Plankton Pictures Inc.. Hingga saat ini, Spongebob Squarepants telah tayang selama 11 musim dengan total episode mencapai 230 lebih episode. Tayangan animasi populer ini pertamakali ditayangkan di Indonesia oleh Lativi (sekarang tvOne) dan kemudian hak tayangnya dijual dan kini dimiliki Global TV (sekarang GTV) hingga saat ini.

Sobat kosongan juga ada yang mengetahui animasi Happy Tree Friends? Happy Tree Friends dikenal sebagai tayangan animasi yang sering menampilkan adegan sadis. Hampir semua adegan dalam Happy Tree Friends yang tayang selalu menampilkan adegan komedi yang gelap dan menjijikkan. Saking gelapnya tayangan animasi yang satu ini, sampai-sampai dengan standar sensor televisi Indonesia saat ini pun Happy Tree Friends pasti tidak akan lolos tayang.

Nah, Spongebob Squarepants pada hakikatnya bukanlah tayangan animasi semacam itu, tapi siapa yang menyangka, ternyata ada juga beberapa adegan dan episode Spongebob yang bahkan sampai terlarang untuk tayang di televisi Indonesia lho, sobat kosongan. Buat para penggemar Spongebob Squarepants seharusnya pengen tahu dong apa saja adegan dan episode terlarang tersebut? Berikut ini ulasannya:

Terungkap! 7 Episode Terlarang Spongebob Yang Tidak Lagi Tayang di TV

Cephalopod Lodge

Cephalopod Lodge merupakan salah satu episode terlarang dalam animasi Spongebob Squarepants yang tidak diperbolehkan tayang di televisi Indonesia. Episode Cephalopod Lodge ini bercerita tentang bagaimana Squidward yang telah dikeluarkan dari sebuah organisasi rahasia. Di negara asalnya pun sebenarnya episode Cephalopod Lodge ini bisa dibilang kontroversial, alasannya adalah karena organisasi rahasia yang mengeluarkan Squidward tersebut sama persis dengan organisasi rahasia Freemason serta Illuminati. Ada cukup banyak kemiripan antara organisasi di episode ini dengan Freemason serta Illuminati, mulai dari sisi bangunan, hingga sebuah sebutan yang juga sama.

Rock-A-Bye Bivalve

Rock-A-Bye Bivalve adalah episode animasi Spongebob yang memang pada awalnya pernah sesekali tayang, namun setelah kontroversi LGBT di Indonesia, sayangnya pada akhirnya episode Rock-A-Bye Bivalve ini tidak lagi ditayangkan. Episode Rock-A-Bye Bivalve ini bercerita tentang Spongebob dan Patrick yang telah memiliki bayi. Letak kontroversi dalam episode ini adalah, karena terlihat sangat jelas prilaku Spongebob dan Patrick di episode ini mengandung perilaku pasangan homoseksual! Lantaran dalam episode ini Spongebob dan Patrick tinggal bersama dalam satu rumah, terutama perilaku Spongebob yang sering berdandan dan berprilaku seolah-olah merupakan seorang pasangan dari Patrick. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat serius, untuk standar norma Indonesia, terutama karena kebanyakan penonton Spongebob Squarepants merupakan anak kecil. Sehingga melarangnya tayang di televisi Indonesia merupakan langkah yang dirasa sangat tepat.

Nasty Patty

Yang menyebabkan episode Nasty Patty ini digolongkan sebagai episode terlarang lebih tepatnya karena unsur sadis yang terasa berlebihan yang dikandungnya. Pasalnya episode yang satu ini sebenarnya memiliki kaitan dengan pembunuhan. Nasty Patty bercerita tentang Spongebob dan juga Mister Crab yang berniat menjahili inspektur kesehatan, yang jadi masalah adalah tingkah jahil mereka amat berlebihan hingga hampir membunuh inspektur kesehatan yang malang tersebut.

House Fancy

Selain episode-episode di atas, masih ada lagi nih episode Spongebob Squarepants yang tidak cocok ditayangkan di televisi Indonesia, yakni episode House Fancy. Pada episode House Fancy memang tidak ada alur cerita yang berlebihan, hanya saja ada adegan yang sedikit kurang pantas untuk penonton anak-anak karena menampilkan hal mengerikan yang dikhawatirkan bisa ditiru mereka, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Episode House Fancy menceritakan tentang Spongebob yang bekerja sama untuk membantu Squidward yang akan merapikan dan mempersiapkan ruangan rumahnya untuk acara televisi. Yang membuat episode ini termasuk terlarang adalah adegan pada saat Squidward dan Spongebob mencoba menggeser sofa, akan tetapi kemudian sofa tersebut malah mengenai jari kaki Squidward hingga kuku miliknya lepas. Tentunya adegan tersebut terasa sangat mengerikan jika ditonton oleh anak kecil.

One Coarse Meal

Episode Spongebob Squarepants yang kami rasa terlarang terakhir adalah episode One Coarse Meal. Episode tayangan animasi Spongebob Squarepants yang satu ini juga terbilang cukup kontroversial dan juga terkesan membawakan alur cerita terlalu serius. One Coarse Meal membawakan cerita tentang Plankton yang memiliki ketakutan berlebihan tehadap ikan paus. Dan yang membuat episode ini termasuk episode terlarang adalah ketakutan Plankton tersebut membuatnya berniat bunuh diri.

Bagaimana, sobat kosongan? Sudah tahu episode apa saja yang termasuk episode terlarang beserta alasannya, bukan? Omong-omong, dalam daftar ini Kosongan tidak memasukan episode Red Mist karena konon episode itu sendiri tidak pernah ditayangkan Nickelodeon, bahkan ada isu yang mengatakan episode tersebut merupakan fanmade alias buatan fans.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.