Lakukan Teknik Olahraga Sederhana Ini Rutin 15 Menit Sehari, Rasakan Manfaatnya!

Teknik Olahraga Sederhana

Kosongan – Olahraga itu, faktanya penting banget buat kesehatan kamu. Udah gak bisa ditawar lagi. So, aktifitas berolahraga harusnya masuk dalam daftar harian kamu. Walaupun hanya sebentar dan hanya teknik olahraga sederhana, yang penting jika kamu melakukannya dengan rutin dan konsisten, pasti juga akan terlihat hasilnya. Yang paling jelas dan akan langsung terlihat khasiatnya adalah badan kamu yang menjadi lebih bugar, pikiran fresh dan semangat menjalani aktifitas-aktifitas lainnya.

Namun terkadang, rasa malas yang datang membuat kamu jadi enggan untuk berolahraga. Banyak sekali faktor yang memicu timbulnya rasa malas berolahraga, terutama untuk kamu yang punya kegiatan diluar rumah seperti pekerjaan dengan jadwal yang padat. Jangankan utunk olahraga, selesai bekerja pasti badan sudah kelelahan dan lemas, penginnya sih cepat-cepat masuk kamar terus tidur.

Eh, tapi tau gak sih! Ada loh, satu teknik olahraga sederhana yang bahkan bisa kamu lakukan sembari beristirahat. Teknik olahraga ini mengambil salah satu pose daru gerakan yoga yang disebut dengan Viparita Karani Asana. Gerakannya sangat sederhana, dan tak menguras tenaga bahkan malah bisa bikin ringan rasa lelah di tubuhmu.

Teknik Olahraga Sederhana : Pose Yoga Viparita Karani Asana

Namanya juga teknik olahraga sederhana, gerakannya pun sangat sederhana. Jadi kamu cuna perlu mengangkat kakimu tegak lurus. Metodenya, baringkan tubuhmu merapat ke tembok atau objek yang lurus sejajar. Lalu angkat kakimu dan sandarkan ke tembok. Rapatkan pinggul juga ke tembok, jadi posisi badan mulai dari pinggul sampai kaki semua sejajar keatas. Lemaskan semua otot-otot ditubuhmu, pejamkan mata dan berusahalah untuk serileks mungkin.

Lakukan teknik olahraga sederhana ini setidaknya 15 menit setiap hari, maka kamu akan merasakan manfaatnya yang cukup luar biasa. Apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan dengan teknik olehraga sederhana ini? Simak ulasan tim Kosongan di bawah ini.

Manfaat Teknik Olahraga Sederhana Gerakan Viparita Karani

1. Melemaskan otot-otot di pinggul dan mengurangi rasa pegal-pegal di punggung, pinggul serta kaki. Enaknya, seperti dipijat loh!

Teknik Olahraga Sederhana

Setelah seharian bekerja, pasti otot ditubuh kamu terasa seperti kaku-kaku. Bahkan tak jarang otot kaku tersebut menimbulkan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh. Bagian pada tubuh yangsering terasa nyeri saat orot tegang adalah betis, punggung, paha belakang, hingg pergelangan kaki.

Nah, dengan teknik olahraga sederhana ini kamu bukan hanya bisa melmaskan otot yang tegang dan membuatnya mejadi rileks kembali. Kmau juga akan merasakan efek seperti dipijat, hingga ketika nyeri itu menyerang, rasa sakitnya bisa sedikit berkurang. Coba saja rasakan sendiri kalau gak percaya, angkat kaki 15 menit saja! setelah pasti tubuh kamu akan terasa lebih enteng.

2. Melancarkan peredaran darah mulai dari bagian kaki hingga ke seluruh tubuh dengan teknik olahraga sederhana ini

Teknik Olahraga Sederhana

Buat kamu yang baru saja jalan jauh, atau melakukan pekerjaan yang menggunakan kaki sebagai pusat tumpuan pasti akan merasakan kaki pegal dan otot yang terasa kencang. Itu adalah tanda bahwa peredaran darah yang ada pada kaki berjalan tidak lancar. Kondisi yang biasa terjadi ketika kamu terlalu banyak mengeksplor tenaga dari salah satu bagian tubuh. Nah, dengan cara ini atau dnegan melakukan teknik olahraga sederhana pose yoga viparita karani kamu bisa mengatasi masalah serta keluhan tersebut.

Dengan mengangkat kakimu beberapa saat, akan membatu kelancaran sirkulasi darah yang terganggu. Manfaatnya bahkan akan bisa secara instan kamu rasakan loh. Badan jadi ringan, dan kakimu tak lagi pegal-pegal, tinggal tidur deh dengan nyaman tanpa terganggu rasa nyeri yang hebat di kaki.

3. Meringankan rasa nyeri karena kram perut dan juga rasa sakit di kepala saat menstruasi

Teknik Olahraga Sederhana

Nyeri perut dan sakit kapala sepertinya sudah menjadi makanan sehari-hari bagi wanita kala sedang menstruasi. Penyebabnya adalah karena pada saat menstruasi, seorang wanita mengalami peningkatan produksi hormon dan peredaran darah yang tidak stabil. Demikian juga penyebab sakit kepala yang kamu rasakan, karena darah berproses dan dikeluarkan saat menstruasi ini tentu mempengaruhi produksi darah dan asupan darah untuk keseluruhan organ tubuh. Akibatnya darah yang menuju ke kepala melambat. Kamu bisa mencoba teknik olahraga sederhana dengan menaikkan kaki keatas untuk meredakan rasa nyeri di kepala dan perut yang kamu rasakan.

4. Ampuh atasi masalah insomnia

Teknik Olahraga Sederhana

 

Sulit tidur atau insomnia? Lagi-lagi salah satu penyebabnya adalah karena aliran darah yang berjalan kurang lancar, terutama darah yang menuju ke otak kamu. Nah, dengan gerakan Viparita Karani ini, kamu bisa membuat sumbatan atau aliran darah yang melambat bisa berjalan llebih cepat, sehingga otak mendapatkan asupan darah yang cukup. Dengan demikian, insomnia kamu akan bisa perlahan teratasi.

So, bagaimana menurutmu? Meskipun teknik olahraga sederhana dengan mengangkat kaki keatas badan dan menyandarkannya ke tembok ini terkesan sangat sepele, tapi manfaatnya luar biasa kan? Coba saja kalau gak pecaya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.