Ini 14 Tanda Orang Narsis yang Harus Kamu Ketahui

tanda orang narsis

Perilaku narsistik dapat merusak hubungan antar manusia. Mencari tahu bahwa kamu menjalin hubungan dengan seorang yang narsis ibaratkan bertemu dengan jalan buntu – akhirnya, kamu harus berbalik dan mulai dari awal lagi. Bisa jadi hubungan profesional, bisa jadi pertemanan, atau bisa juga hubungan intim. Orang naris tidak merasa bersalah melibatkan orang lain dalam semua ini.

Inilah Tanda-tanda Orang yang Memiliki Sikap Narsistik

1Membuat segalanya tentangnya

Inilah yang harus kalian tau tentang orang narsis. Mereka benar-benar suka berbicara tentang diri mereka sendiri. Seorang psikolog klinis mengatakan, “Fungsi utama dari Narsistik adalah gangguan untuk mendengarkan.” Ketika kamu berbicara dengan seorang narsisis, mereka tidak benar-benar mendengarkan, mereka menunggu untuk berbicara tentang diri mereka sendiri.

Narsisis dapat menanyakan tentang harimu, tetapi itu lebih merupakan cara untuk memulai percakapan di mana mereka akan menjadi subjek. Mereka juga cenderung mengganggu dan mengubah subjek. Pada kasus ekstrem, seorang narsisis akan marah ketika kamu mencoba untuk menyanggah atau hanya menyampaikan pendapatmu. Narsisis selalu benar meskipun kesimpulannya tidak masuk akal.

2Ingin berkuasa dan berkendali

Perilaku narsis sering mendaratkan narsisis di posisi kepemimpinan karena terlihat seperti kepercayaan diri. Tetapi berhati-hatilah sebelum kamu memberi label tersebut untuk orang tinggi atau bos besar. Karisma dan kemampuan untuk memimpin belum tentu tanda-tanda narsisme. Menurut Universitas Rutgers, “Keterampilan kepemimpinan seorang politisi sering muncul sebagai narsisme.”

Tetapi secara statistik berbicara, politisi tidak memiliki sifat narsis seperti orang biasa. Untuk mengetahui apakah atasan kamu adalah seorang narsisis, kamu harus memperhatikan sikap suka mengatur dan sering berkata omong kosong..

3Membual sepanjang waktu

Kamu pasti tahu bagaimana penyataan yang benar dan mana yang hanya sekedar angin lewat. Perilaku narsis sering melakukan hal ini untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan orang lain. Orang narsis lebih sering mengatakan hal yang menjadi keinginannya tanpa ada kemampuan untuk mewujudkannya. Parahnya lagi, narsisis yang suka membuat cenderung memiliki kepercayaan salah. Mereka adalah yang ‘terbaik.’

4Suka berkhianat

Narsisis cenderung suka menipu karena mereka mendapatkan kepuasan dari mengeksploitasi orang lain melalui hubungan seksual. Kecurangan menjadi kekuatan diri seorang narsisis. Peneliti melakukan dua penelitian longitudinal dan mempublikasikan hasilnya dalam Archives of Sexual Behavior. Dari 123 pasangan yang sudah menikah, mitra yang melakukan kecurangan paling banyak menunjukkan narsisme seksual tingkat tertinggi, yang meliputi “eksploitasi seksual, hak seksual, kurangnya empati seksual, dan rasa keterampilan seksual yang luar biasa.”

5Suka memanipulasi hingga mendapat yang dia mau

Ada dua jenis narsisme:

  • Jenis ekstravert, egois, dan menawan yang telah kita bahas sejauh ini
  • Dan jenis yang tampaknya benar-benar berlawanan, hipersensitif, kecemasan narsisis yang rawan menampilkan kurangnya kepercayaan diri, dan mungkin tampak introvert, tetapi sebenarnya menyimpan fantasi, dan akan menggunakan kerentanan mereka untuk mengeksploitasi orang lain.

Kedua tipe narsis sama-sama memiliki kecenderungan untuk mengeksploitasi orang lain dengan memanipulasi emosi mereka. Mereka akan memikat dan menyanjungmu sampai ia mendapatkan apa yang ia inginkan. Kedua jenis narsisis akan mengeksploitasimu untuk mendapatkan validasi emosional, seksual, sosial, dan fisik. Salah satu taktik narsis manipulatif adalah memberi tahu kamu bahwa mereka memiliki pilihan lain tetapi mereka masih memilihmu. Harap berhati-hati untuk yang satu itu.

6Suka berdebat

Narsisis garis keras ingin benar selalu. Ketika kamu memiliki hubungan dengan orang narsis, dia pasti mulai berhenti mengatakan apa yang mereka pikir ingin kamu dengar. Kamudian argumen lebih sering dikeluarkan dan lebih intens. Tidak ada yang memenangkan perdebatan, narsis tidak menggunakan logika. Satu-satunya waktu yang mereka lakukan adalah ketika kamu melayani keinginannya.

7Sering putus nyambung

Saat mempelajari narsisis dalam hubungan, psikolog W. Keith Campbell memperhatikan sebuah tren. Hubungan mereka memuncak setelah sekitar empat bulan, lalu biasanya berakhir. Orang yang memiliki hubungan dengan orang narsis melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi selama empat bulan pertama, dan kemudian menurun dengan cepat. Ini mencerminkan kecenderungan narsistik untuk mengeksploitasi orang sampai masa-masa indah hilang.

8Suka mengubah subjek ketika emosi

Orang narsis tidak mendiskusikan emosi mereka dengan orang lain karena mereka tahu itu akan menjadikan mereka di posisi rentan dan melemahkan kekuatan mereka. Jika seorang narsisis memunculkan emosinya, itu kebohongan. Mereka menggunakan daya tari untuk mempererat hubungan.

9Suka mencari simbol status sosial

Mereka hanya mencari simbol status sosial. Contohnya memiliki mobil sport, atau selfie dengan orang terkenal di lokasi yang menakjubkan. Tentu saja simbol itu untuk dipamerkan ke orang lain. Entah itu dari jalan yang benar atau salah, tidak ada yang tahu.

10Mereka terlalu memperhatikan penampilan fisik

Simine Vazier dan peneliti lain mencatat bahwa, “Narcissists lebih cenderung memakai pakaian yang mahal dan mencolok, memiliki penampilan yang teratur dan rapi yang membutuhkan banyak persiapan, dan (para wanita) memakai riasan dan menunjukkan belahan dada.” Narsisis biasanya memiliki nilai lebih tinggi dalam evaluasi daya tarik fisik, dan pria narsis cenderung mencari wanita yang memiliki penampilan cantik.

Pria narsis menghabiskan lebih banyak waktu melatih otot mereka, sementara wanita narsis menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersolek. Ini menjelaskan adanya sifat dari pertemuan romantis dengan narsisis. Daya tarik langsung ada di sana, tetapi aspek emosional terbukti membuat frustrasi.

11Matanya melotot dan sinis ketika kamu berbicara

Mereka mungkin mengangguk, mengatakan “uh-huh,” dan “ya,” dan bertindak seolah mereka mendengarkan, tetapi kamu bisa tahu dari mata mereka bahwa mereka tidak mendengarkan. Kamu akan melihat glasir, jarak, ketika kamu berbicara tentang pengalamanmu sendiri atau tentang apa pun yang tidak terkait dengan narsisis.

Tatapan mata narsisis karena mereka memang tidak mendengarkanmu. Mereka memikirkan apa yang akan mereka katakan. Mendengarkan hanya memberi kamu sedikit keleluasaan.

12Mereka adalah lawan yang mengerikan

Tidak ada yang suka kalah, tetapi ketika narsisis kalah, mereka tidak dapat menerimanya dan pergi. Jika mereka menang, mereka akan sombong. Kamu akan tahu perbedaan antara dorongan kompetitif orang normal dan seorang narsisis dengan betapa menyiksa untuk bersaing dengan narsisis, tidak peduli apa hasilnya. Setelah kamu menghitung nilainya, kamu akan memahami bahwa narsisis lebih di dalamnya untuk dominasi daripada menyenangkan.

13Kelewatan batas dan melanggar aturan

Ini adalah tanda perilaku narsistik tertentu: Ketika kamu memberikan batas, mereka melewatinya.

Contohnya, saat kamu memberitahu mereka untuk tidak menyentuh rambutmu – mereka menyentuhnya. Mereka mungkin melakukan hal seksual yang tidak diinginkan yang dianggap sebagai pelecehan. Mereka juga mencari norma dan aturan sosial untuk dilanggar, hampir seperti permainan. Ini adalah tentang membangun citra superioritas dan otonomi.

14Memuja orang yang sempurna dalam hidup mereka

Meskipun sang narsisis akan melukis diri mereka sendiri lebih superior daripada yang lain, mereka juga akan menemukan seseorang untuk disembah. Idola narsis mewakili kesempurnaan di mata mereka. Ini adalah seseorang yang ingin mereka tiru dan itu ada hubungannya dengan masa kecil mereka. Pengabaian emosional masa kecil (CEN) dapat menjadi penyebab narsisisme. Tidak jarang idola narsis menjadi status atau simbol seks.

Nah itulah 15 tanda-tanda orang narsis yang perlu kamu ketahui. Jika kamu memiliki teman atau saudara yang narsis, cobalah untuk tetap berhubungan dengannya dan ajarkan dia menjadi lebih wajar seperti orang normal lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.