7 Tips Buat Kamu Yang Susah Bangun Pagi

susahbangunpagi.7

Kosongan – Susah bangun pagi adalah salah satu permasalah bagi sebagaian besar orang di era modern ini. Banyak faktor yang membuat orang susah bangun pagi, mulai dari niat, hingga kesalahan dalam menjalani rutinitas sebelum tidur. Perkembangan teknologi dan dinamika kehidupan manusia modern membuat beberapa orang mudah teralihkan sebelum tidur.

Padahal bangun pagi merupakan hal yang cukup penting untuk menentukan kualitas harimu. Semakin kesiangan, kamu akan semakin malas untuk berkegiatan di pagi hari dan kehilangan banyak kesempatan untuk meraih pencapaian.

Ingin mulai kebiasaan baru dengan bangun pagi? Ikuti beberapa tips berikut buat kamu yang susah bangun pagi.

7 Tips Untuk Bangun Pagi

1Tidak Tidur Larut Malam

Salah satu hal paling mempengaruhi jam bangun kamu adalah jam tidur kamu. Durasi normal tidur untuk memenuhi kebutuhan stamina kamu adalah sekitar tujuh jam. Bukan berarti kamu bisa tidur jam 3 pagi hingga 10 pagi. Jam tidur paling ideal adalah sekitar pukul 10 hingga 12 malam. Jika kamu tidur di atas jam tersebut, jangan mengeluh kalau kamu jadi susah bangun pagi.

Banyak anak muda jaman sekarang memiliki kebiasaan tidur larut malam. Padahal tidur larut tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu. Efeknya memang tidak terasa saat kamu sedang begadang, namun akan terasa pada pagi hari. Kepala akan terasa berat dan dada terasa sesak. tentukan jam kerja dan bermain dengan bijak, agar kamu bisa tidur tepat waktu.

2Tidak Main Gadget Sebelum Tidur

Salah satu hal yang orang susah tidur di era modern adalah gadget. Entah smartphone, laptop, maupun tablet. Ketika sibuk dengan gadget, orang cenderung lupa waktu dan tidak sadar dengan keadaan sekitar. Bermain gadget seringkali mengalihkan perhatian kamu untuk tidur. Karena beberapa aplikasi sosial media cenderung membuat otak kamu terus beraktifitas. Contohnya saja portal berita viral, selesai membaca satu berita, akan ada artikel lain yang menarik perhatianmu.

Jika kamu susah tidur dan berpikir membaca akan membuat ngantuk, hal tersebut tidak salah. Tapi akan lebih efektif jika kamu membaca buku atau komik berbentuk fisik. Buku dalam jenis seperti ini akan lebih efektif untuk membuat kamu merasa lelah dan ngantuk.

3Meletakan Smartphone Jauh Dari Jangkauan

Sebagaian besar orang memiliki kebiasaan menaruh smartphone di dekat kepala mereka. Entah di sisi bantal hingga di bawah bantal. Kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan, karena smartphone memancarkan radiasi tertentu. Melalkukannya setiap malam berarti kamu membiarkan kepalamu terpapar radiasi setiap malam. Hal ini juga tidak baik untuk kebiasaan kamu karena hal berarti kamu masih teralihkan dengan smartphone sebelum tidur.

Beberapa dari kamu mungkin juga membenarkan kebiasaan satu ini karena kamu memasang alarm bangun pagi pada smartphone. Justru dengan meletakannya di dekat jangkauan akan membuat kamu dengan mudah menekan snooze dan kembali tidur. Letakan smartphone jauh dari jangkauan agar kamu harus bangkit dari kasur untuk mematikan alarmmu.

4Minum Air Sebelum Tidur

Minum air sebelum tidur dapat berdampak baik untuk kesehatan dan kualitas tidur kamu. Saat tidur, tubuhmu akan melakukan pembaruan sel dan detoksifikasi. Dengan minum segelas air putih, proses tersebut akan semakkin lancar dan tubuh kamu akan tetap terhidrasi selama tidur dalam waktu kurang lebih selama 7 jam.

Minum segelas air juga membuat otot-otot tubuh kamu menjadi relaks dan terhindar dari kram saat bangun. Persendian tulang kamu juga akan lebih terjaga kelenturannya dengan membiasakan minum air. Jika kamu tidur dengan nyenyak, dijamin kebiasaan susah bangun pagi kamu akan hilang secara berangsur.

5Merencanakan Hari Esok

Kamu juga bisa menulis agenda sebelum tidur. Kegiatan ini juga lebih berguna ketimbang bermain dengan gadget sebelum tidur. Tulislah perencanaan kegiatanmu untuk hari esok dan apa saja pencapaian yang ingin kamu raih. Tak perlu banyak-banyak, tulis saja tiga hal utama yang ingin kamu selesaikan besok. Hal ini akan membuat kamu secara tidak sadar termotivasi untuk menyelesaikan hal yang telah kamu tetapkan.

6Merencanakan Menu Sarapan Yang Lezat

Salah satu kerugian dari susah bangun pagi adalah kamu jadi melewatkan waktu sarapan karena terburu-buru. Padahal sarapan merupakan salah satu hal esensial untuk memulai hari kamu. Sarapan merupakan sumber energi pertama kamu dalam menjalani hari. Tanpa sarapan yang sesuai, kamu akan lebih mudah merasa lesu dan mengantuk lagi.

Rencanakan menu sarapan favoritmu agar kamu lebih termotivasi untuk bangun pagi. Siapkan semua bahan memasak dan siapkan di kulkas, sehingga pada pagi hari kamu tinggal memasak.

7Merapikan Kamar Atau Tempat Tinggal

Agar kamu tidak terbebani dengan banyak pekerjaan rumah yang bikin kamu pusing di pagi hari, rapikan tempat tinggal atau kamarmu beberapa saat sebelum tidur. Seperti mencuci piring dan peralatan masak makan malam, membuang sampah, dan merapikan meja kerja. Rapikan pula barang-barang yang ingin kamu bawa besok untuk kuliah maupun kerja.

Bangun pagi di lingkungan yang rapi dan bersih akan menyegarkan pikiramu dan membuat kamu lebih merasa santai di pagi hari.

8Niat Yang Besar Untuk Bangun Pagi

Satu hal kunci keberhasilan dari tips ini adalah niat kamu yang besar untuk bangun pagi. Pikirkan apa saja yang terlewatkan jika kamu bangun kesiangan, sampai kapan kamu mau bangun siang terus. Miliki niat untuk menjalani hari dan rutinitas yang positif dan produktif.

CEO sekelas Mark Zuckerberg dan Steve Job juga memiliki kebiasaan bangun pagi, meski mereka memiliki kesibukan lebih dari kamu. Kesuksesan kamu berawal dari bangun pagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.