Smartphone Terbaru 2019 Ada Sony yang Selalu Tampil Beda

sony xperia 1

Kosongan – Di tahun 2019 ini vendor smartphone semakin gencar membentangkan sayapnya berlomba-lomba untuk melakukan inovasi. Berikut ini merupakan deretan smartphone terbaru 2019 bagian lanjutan, yang sebelumnya bisa baca Update Smartphone Terbaru 2019, Wow Ada yang Transparan.


Update Smartphone Terbaru 2019 – Lanjutan


1Samsung Galaxy S10

Samsung S10

Setelah merilis smartphone seri M-nya, di bulan yang sama Samsung kembali merilis seri flagship terbarunya yaitu Samsung Galaxy S10. Di smartphone ini Samsung menghadirkan beberapa pembaharuan dari seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy S9.

Samsung S10 ini mengusung layar Quad HD seluas 6.1 inci menggunakan Curved Dynamic AMOLED. Dengan rasio Screen-to-Body 93.1% yang artinya layar smartphone ini hampir menutupi seluruh bagian permukaannya dan hanya menyisakan bezel yang sangat tipis. Dan karena bezel yang sangat tipis itulah maka kamera depan smartphone ini berada di layar menjadi semacam lubang, dan layar ini juga diperkenalkan Samsung dengan istilah Infinity-O display.

Di layar smartphone ini terdapat panel sidik jari dan dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6, sedangkan bagian belakang smartphone dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Kamera depannya memiliki resolusi sebesar 10 MP dengan Dual Pixel PDAF. Dan untuk kamera belakangnya terdapat 3 buah kamera dengan resolusi masing-masing, 12 MP (wide), 12 MP (telephoto), dan 16 MP (ultrawide).

Smartphone ini memiliki daya baterai sebesar 3400 mAh yang dilengkapi dengan fitur fast charging. Untuk bagian dapur pacunya terdapat dua varian chipset yang digunakan yaitu Exynos 9820 Octa dan Snapdragon 855. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 9.0 Pie dengan kustom One UI. RAM dan ROM smartphone ini terdapat beberapa pilihan yaitu 6 GB/128 GB, 8 GB/ 128 GB, dan 8 GB/ 512 GB. Namun untuk varian yang terakhir dipastikan tidak akan masuk ke Indonesia.

2Samsung Galaxy S10 Plus

samsung s10 plus

Smartphone ini merupakan seri Plus dari Samsung Galaxy S10. Meskipun tidak dari segi tampilan terlihat mirip, namun kedua smartphone tersebut memiliki beberapa perbedaan. Dari ukuran layar, Samsung S10 Plus memiliki ukuran 0,3 inci lebih besar dibanding Samsung Galaxy S10.

Dari segi RAM dan memori, smartphone ini juga memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Antara lain 8GB/ 256GB, 8GB/ 512GB, dan yang tertinggi 12GB/ 1TB. Selain itu smartphone ini juga memiliki daya baterai yang lebih besar yaitu 4100mAh.

3Sony Xperia 1

sony xperia 1

Tidak ingin kalah dari perusahaan smartphone lainnya, di tahun ini Sony juga kembali merilis varian smartphone terbarunya. Tidak seperti smartphone lainnya yang seperti tampak serupa, Sony tetap hadir dengan keunikan dan ciri khas tersendirinya.

Smartphone flagship Sony yang satu ini mengusung layar dengan rasio 21:9 yang membuat smartphone ini memiliki bentuk ukuran yang panjang. Smartphone ini memiliki ukuran layar 6,1 inci dengan body yang seluruhnya dilapisi Corning Gorilla Glass 6. Keunikan lainnya, Xperia 1 ini menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan layar 4k dengan panel HDR OLED.

Selain itu, smartphone ini juga menjadi varian Sony pertama yang memiliki tiga kamera belakang. Masing-masing kamera belakangnya untuk wide, telephoto, dan ultra wide memiliki resolusi 12 MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan fitur HDR. Di bagian prosessornya, Xperia 1 juga telah menggunakan Snapdragon 855 Octa Core dan Adreno 640 serta Android terbaru 9.0 Pie. Selain itu smartphone ini juga memiliki RAM 6GB dengan pilihan memori internal 64GB dan 128GB.

4Sony Xperia 10

smartphone sony xperia 10

Selain Xperia 1, Sony juga merilis varian Xperia 10 dan Xperia 10 Plus. Sama halnya dengan Xperia 1, Xperia 10 juga memiliki rasio body 21:9. Smartphone ini memiliki ukuran layar 5,9 inci dengan resolusi Full HD.

Jika Xperia 1 memiliki 3 buah kamera yang berjejer secara vertikal, smartphone yang satu ini hanya memiliki 2 kamera. Dua kamera tersebut horizontal dan terletak di tengah bagian atasnya, berbeda dengan smartphone kebanyakan yang kameranya terletak di pojok. Dua kamera tersebut memiliki resolusi 13/15 MP, sedangkan kamera selfie-nya sebesar 8 MP.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 9.0 Pie dengan prosesor Qualcomn Snapdragon 630. RAM 3GB dengan memori internal 64GB, serta daya tahan baterai sebesar 2.870 mAh.

5Sony Xperia 10 Plus

Gambar diatas merupakan Sony Xperia 10 dan Xperia 10 Plus, bisa tebak Xperia 10 Plus yang mana? Iya pastinya Xperia 10 Plus memiliki ukuran yang lebih besar dibanding Xperia 10. Jika Xperia 10 punya ukuran layar seluas 5,9 inci, Xperia 10 Plus memiliki ukuran 6,5 inci.

Perbedaan lainnya terletak pada resolusi kamera belakangnya, Xperia 10 Plus memiliki resolusi 10/8MP. Selain itu, smartphone ini memiliki prosesor yang lebih tinggi yaitu menggunakan Snapdragon 660 dengan RAM mencapai 4GB dan memori internal 64GB.

6Huawei Y6 Pro

huawei y6 pro

Tidak mau ketinggalan di awal 2019 ini Huawei juga meluncurkan smartphone terbarunya yaitu Huawei Y6 Pro. Smartphone ini juga sudah kekinian dengan layar 6,09 inci menggunakan notch model tetesan air yang membungkus kamera selfie nya yang berukuran 8 MP. Sedangkan untuk kamera belakang hanya terdapat single kamera yang beresolusi 13 MP.

Dari performanya, Huawei Y6 Pro menggunakan chipset MediaTek Helio A22 Quad-core berkecepatan 2GHz. Dengan menggunakan android terbaru 9.0 Pie smartphone ini memiliki RAM sebesar 3GB dan memori internal 32GB. Selain itu smartphone ini memiliki baterai 3020mAh yang sayangnya belum dilengkapi dengan fitur fast charging.

7Huawei Y7 Pro

huawei y7 pro 2019

Selain Huawei Y6 Pro, Huawei juga telah merilis Huawei Y7 Pro. Dari segi tampilan, smartphone ini memiliki desain yang sama dengan Huawei Y6 Pro. Bedanya, Huawi Y7 Pro memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar yaitu 6,26 inci.

Dari segi kamera smartphone ini memiliki dual kamera utama dengan resolusi 13+5MP sedangkan kamera depannya sebesar 16MP. Dan sama halnya dengan Huawei Y6 Pro, smartphone ini tidak memiliki fingerprint.

Sistem operasi smartphone ini pun masih menggunakan Android 8.1 Oreo dengan kustom EMUI. Chipsetnya menggunakan Snapdragon 450 dengan RAM 3GB dan memori internal 32 GB. Dan untuk baterai yang digunakan memiliki daya 4.000mAh.

8Huawei Y7 Prime

huawei y7 prime

Selanjutnya, masih dari Huawei ada Huawei Y7 Prime. Dari segi desain, tampilan, sistem operasi dan prosesornya tidak ada perbedaan dengan Huawei Y7 Pro. Perbedaanya hanya terletak pada dual kamera belakangnya yang memiliki resolusi lebih rendah yaitu 13+2MP. Namun kelebihannya smartphone ini memiliki sensor fingerprint yang tidak dimiliki Huawei Y6 Pro dan Y7 Pro.