Selamat Jalan Eyang, Inilah 13 Fakta Menarik BJ Habibie, Sosok Presiden RI Ke 3 yang Hingga Kini Masih Dikagumi Rakyat

Selamat Jalan Eyang, Inilah 13 Fakta Menarik BJ Habibie, Sosok Presiden RI Ke 3 yang Hingga Kini Masih Dikagumi Rakyat
Selamat Jalan Eyang, Inilah 13 Fakta Menarik BJ Habibie, Sosok Presiden RI Ke 3 yang Hingga Kini Masih Dikagumi Rakyat

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un, kabar duka datang dari mantan Presiden RI ke-3 yakni BJ Habibie. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Rabu (11/09/2019) pukul 18.05 WIB, di RSPAD Gatot Soebroto. Diketahui, sejak 1 September 2019 Almarhum telah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto tersebut. Kepergiannya meninggalkan luka mendalam, namun ada pula Fakta Menarik BJ Habibie yang wajib kamu ketahui.

13 Fakta Menarik BJ Habibie yang Harus Kamu Ketahui, Sosok Presiden RI Ke 3 yang Sangat Cerdas dan Berakhlak Mulia

Bagaimana tidak, meski Almarhum BJ Habibie telah lengser dari kursi Presiden pada masanya, Almarhum masih sangat dihormati dan dikagumi oleh rakyat Indonesia. Almarhum yang akrab di sapa Eyang tersebut, memang bukan hanya sekedar mantan Presiden RI. Ia adalah sosok yang banyak berkontribusi untuk tanah air kita.

Kepergiannya meninggalkan luka yang mendalam bagi rakyat Indonesia, apalagi keluarga yang ditinggalkan. Sosoknya yang kerap diidolakan banyak orang karena kejeniusannya tersebut, akan selalu dikenang. Almarhum BJ Habibie, kini menyusul almarhumah Hasri Ainun Besari menghadap Ilahi.

Untuk itu, ada beberapa Fakta Menarik BJ Habibie yang harus kamu ketahui untuk mengenang perjuangan Almarhum. Nah, Fakta Menarik BJ Habibie secara lengkap, ada dalam daftar di bawah ini:

1Habibie Sangat Menonjol Dalam Bidang Akademis dan Sangat Berprestasi

Habibie Sangat Menonjol Dalam Bidang Akademis dan Sangat Berprestasi
Habibie Sangat Menonjol Dalam Bidang Akademis dan Sangat Berprestasi

Fakta Menarik BJ Habibie yang pertama, kamu sudah pasti tahu. BJ Habibie yang lahir di Pare-Pare pada 25 Juni 1936, sangat menonjol dalam bidang akademis, terutama mata pelajaran eksakta. Setelah lulus SMA, BJ Habibie kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Tidak lama, ia pindah ke Jerman karena mendapat beasiswa dari pemerintah.

Bukan hanya berhasil menciptakan Faktor Habibie, ia pun berhasil mengantongi Edward Warner Award dan juga Award von Karman yang hampir setara dengan Nobel. ITB juga memberi penghargaan tertinggi sebagai Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana padanya. Dianggap berjasa untuk pemerintah Jerman, ia juga diberikan dua penghargaan, Das Grosse Verdientkreuz dan juga Das Grosse Verdenstkreuz Mit Stern und Schulterband.

2Terkenal Sangat Cerdas, Habibie Sudah Bisa Membaca Al-Qur’an di Usia 3 Tahun

Terkenal Sangat Cerdas, Habibie Sudah Bisa Membaca Al-Qur’an di Usia 3 Tahun

Nah, Fakta Menarik BJ Habibie lainnya, bahwa sejak kecil ia sudah terlihat cerdas, karena seringnya membaca buku. Masuk ke bangku Sekolah Dasar, ia sudah terkenal sangat cerdas. Putra dari pasangan Raden Ajeng Tuti Martini Puspowodjojo dan juga  Alwi Abdul Jalil Habibie ini, bukan hanya dibekali ilmu pengetahuan, oleh kedua orang tuanya.

Namun, dibekali juga dengan ilmu agama. Semasa ia kanak-kanak, sang ayah sering memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an untuk Habibie kecil. Jadi tidak heran, saat menginjak usia 3 tahun, Habibie sudah fasih sekali membaca Al-Qur’an.

3Tinggal di Jerman Sambil Kuliah dan Berumah Tangga

Tinggal di Jerman Sambil Kuliah dan Berumah Tangga
Tinggal di Jerman Sambil Kuliah dan Berumah Tangga

Fakta Menarik BJ Habibie yang selanjutnya adalah, ia melanjutkan studinya di Aachen, Jerman Barat. Di sana, ia memilih untuk mengambil teknik penerbangan, tepatnya mengenai konstruksi pesawat terbang. Sepuluh tahun ia habiskan untuk menuntut ilmu. Kemudian ia melanjutkan kuliahnya lagi, untuk mendapatkan gelar doctor ingenieur dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean.

Meski sempat menjalin kisah dengan perempuan Jerman, Habibie tetaplah memilih  Ainun. Pada tanggal 12 Mei 1962, Ainun akhirnya resmi menjadi istri Habibie. Habibie memboyongnya ke Jerman, karena ia belum menyelesaikan pendidikannya di sana. Di sana, ia kuliah sambil berumah tangga bersama Ainun.

4Habibie Pernah Bekerja di Perusahaan Penerbangan Jerman

Habibie Pernah Bekerja di Perusahaan Penerbangan Jerman
Habibie Pernah Bekerja di Perusahaan Penerbangan Jerman

Nah, Fakta Menarik BJ Habibie yang selanjutnya saat ia meraih gelar doctor ingenieur pada tahun 1965, ia langsung mendapat pekerjaan di Perusahaan Penerbangan Messerschmitt-Bolkow-Blohm (MBB). Di perusahaan tersebut, Habibie mengawali karirnya sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan pada Analisis Struktur Pesawat Terbang.

Kepala Divisi Metode dan Teknologi, lalu Direktur Teknologi dan juga Vice President adalah beberapa Jabatan yang ia pernah pegang di perusahaan tersebut selama lima tahun. Habibie menjadi satu-satunya orang Asia yang dipercaya sebagai Vice President di MBB. Penasihat Senior pun pernah ia jabat.

5Habibie Mempersembahkan Pesawat N-250 Gatotkaca untuk Indonesia

Habibie Mempersembahkan Pesawat N-250 Gatotkaca untuk Indonesia
Habibie Mempersembahkan Pesawat N-250 Gatotkaca untuk Indonesia

Nah, Fakta Menarik BJ Habibie yang selanjutnya adalah, pada 10 Agustus 1995 ia mempersembahkan N250 Gatot Kaca sebagai Kado Ulang Tahun Ke-50 Indonesia. Tetapi, saat krisis moneter melanda Indonesia di tahun 1996 hingga 1998, N250 Gatot Kaca diberhentikan produksinya oleh Soeharto.

6Habibie Menciptakan Rumus ‘Faktor Habibie’

Fakta Menarik BJ Habibie pada masa itu, ia telah berhasil menemukan sebuah teori baru yang sangat bermanfaat untuk dunia penerbangan. Habibie menemukan cara bagaimana untuk menghitung keretakan (crack propagation on random) pada sebuah pesawat bahkan sampai ke bagian atomnya. Faktor Habibie ini, sudah digunakan berbagai industri maskapai yang ada di dunia.

7Habibie Pulang ke Tanah Air dan Menjadi Menteri

Fakta Menarik BJ Habibie ketika kembali ke Indonesia, ia langsung menduduki beberapa posisi penting sekaligus didaulat sebagai Menteri Riset dan Teknologi. Ia pun memimpin di 10 BUMN, sekaligus menjadi otak di balik pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca, pesawat made in Indonesia yang pertama. Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) juga ia pegang kala itu.

8Habibie Menjadi Presiden RI ke 3

Nah, Fakta Menarik BJ Habibie yang selanjutnya, pada saat itu didaulat menggantikan Soeharto menjadi Presiden RI ke 3. Saat itu, keadaan tanah air sedang kacau-kacaunya. Namun, ia mampu mengatasinya dengan baik. Bahkan, krisis moneter dan diktatoritas Soeharto berhasil ia lepaskan untuk menyelamatkan negara dan Rakyat Indonesia.

9Habibie Mampu Memperkuat Rupiah Pada Masanya

Fakta Menarik BJ Habibie yang lainnya, bisa dibilang saat itu adalah masa-masa sulit alias krisis ekonomi. Saat itulah, Habibie berjuang meraih kembali kepercayaan dan dukungan dari Dana Moneter Indonesia (IMF). Dan, salah satu prestasi penting yang berhasil diraihnya adalah, ia berhasil menstabilkan nilai Rupiah kala itu. Dari Rp 15 ribu per US$ 1 mencapai Rp 6.500 per dolar. Apa kabar Rupiah saat ini?.

10Habibie Dipaksa Lengser dari Jabatannya Oleh MPR

Nah, Fakta Menarik BJ Habibie yang satu ini tak kalah penting. Karena lepasnya Timor-Timur dari Indonesia, masa pemerintahannya harus berakhir. Referendum Timor Timur dengan membuat Provinsi Timor Timur yang ingin memisahkan diri dari Indonesia, akhirnya Habibie sepakati. Namun, karena itu pulalah MPR memaksanya lengser dari kursi Presiden. Naas ya!

11Habibie Masih Menjadi Sosok yang Dikagumi Rakyat Indonesia

Lalu, Fakta Menarik BJ Habibie yang satu ini sudah bukan rahasia umum lagi. Sebagaimana manusia, pastilah pernah melakukan kesalahan. Dan memaafkan adalah cara paling mulia. BJ Habibie hingga kini, masih di peringkat pertama sebagai tokoh yang paling banyak dikagumi publik. Selain berpengaruh, tokoh yang satu ini mempunyai akhlak yang mulia. Wajar saja jika Habibie sangat dikagumi semua orang.

12Habibie Sosok Pria yang Tegar dan Kuat

Fakta Menarik BJ Habibie yang lainnya. Harus kamu tahu, saat kepergian sang ayah tercinta pada 3 September 1950 silam, kehidupan keluarganya mulai berubah. Rumah dan kendaraan satu-persatu dijual oleh sang ibu dan ia kembali ke Bandung. Sang ibu banting tulang untuk mencukupi kebutuhan kedelapan anaknya. Habibie tumbuh menjadi anak yang tegar dan kuat, bukan hanya cerdas. Kala ia ditinggal pergi sang Istri pun pada 22 Mei 2010, ia tetap tegar dan setia.

13Kisah Inspiratif Habibie dan Ainun Difilmkan di Tahun 2012

Fakta Menarik BJ Habibie yang terakhir, karena kisah hidupnya yang sangat menginspirasi,  dibuatlah film “Habibie & Ainun” yang sudah tayang pada 2012 lalu.  Kisah perjuangannya pun dilanjutkan pada film keduanya. Dan saat ini film ketiganya akan segera menghiasi bioskop.

Itulah sekilas Fakta Menarik BJ Habibie yang harus kamu ketahui. Sepertinya, masih banyak fakta lainnya dari Presiden RI ke 3 kita ini. Selamat jalan eyang, sosok dan kisah perjuanganmu akan selalu dikenang dan dijadikan inspirasi oleh seluruh generasi muda Indonesia.