Selain Pengabdi Setan, Ini Film-Film Horor Indonesia yang Menakutkan

Selain Pengabdi Setan, Ini Film-Film Horor Indonesia yang Menakutkan
Selain Pengabdi Setan, Ini Film-Film Horor Indonesia yang Menakutkan

Kosongan – Film horor Indonesia selalu memiliki tempat di hati para penggemarnya. Walaupun terkadang ada juga film horor Indonesia yang meh, tapi jangan lupakan film-film horor karya sineas kita juga ada yang bagus lho, sobat kosongan.

Bukan saja karena makhluk-makhluk yang ada di kepercayaan masyarakat Indonesia seram, tapi juga film-film tersebut beruntung karena ditangani oleh sutradara-sutradara yang memang bertangan dingin. Hal ini membuat film-film horor Indonesia amat beragam dan kaya akan unsur etnis.

Nah, di 2017 lalu film Pengabdi Setan (2017) arahan Joko Anwar sukses mengguncang dunia perfilmhororan berkat cerita dan misteri yang dibawakannya. Namun, tahukah, sobat kosongan? Selain Pengabdi Setan (2017), ada beberapa film lain yang layak menjadi rekomendasi nih. Apa sajakah film-film horor tersebut? Ini dia jawabannya:

Selain Pengabdi Setan (2017), Ini Dia Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Bisa Bikin Kamu Ketakutan

1Pengabdi Setan (1982)

Selain Pengabdi Setan, Ini Film-Film Horor Indonesia yang Menakutkan

Sebagai film inspirasi remake berjudul sama yang sempat bikin heboh 2017 lalu, Pengabdi Setang (1982) tentu wajib masuk daftat ini. Dengan kombinasi unsur horor dan religi, secara mengejutkan film ini dapat menyeimbangkan kedua unsur tersebut secara luar biasa efektif. Tanpa mengorbankan pesan yang dikandungnya, film horor Indonesia legendaris yang satu ini mampu menakut-nakuti penontonnya.

Pengabdi Setan (1982) bercerita mengenai sebuah keluarga kaya yang jauh dari agama yang ditinggal wafat sang ibu, sang Ayah bernama Munarto hanya peduli kehidupan bisnis, seorang putra bernama Tomi yang pendiam dan seorang putri bernama Rita yang kecanduan pesta, serta seorang pembantu bernama Pak Karto yang taat beragama namun sudah sakit-sakitan. Pasca kematian sang ibu, keluarga tersebut diteror penampakan-penampakan dari dunia lain.

Film ini disutradarai Sisworo Gautama Putra dan dibintangi oleh nama-nama seperti Ruth Pelupessy, W.D. Mochtar, Fachrul Rozy dan lainnya. Film ini pada masanya sangat terkenal, bahkan sampai di dunia internasional dengan rilis dalam format VHS serta DVD di berbagai negara.

2Killers (2014)

Selain Pengabdi Setan, Ini Film-Film Horor Indonesia yang Menakutkan

Merupakan kolaborasi antara sineas Indonesia dan Jepang yang menghasilkan horor psikologis yang luar biasa. Pengalaman menontonnya sudah cukup membuat meringis ngeri berkat aksi-aksi sadis di dalamnya.

Killers (2014) bercerita mengenai Nomura Shuhei, seorang eksekutif muda asal Jepang yang ternayata gemar membunuh orang dan mendokumentasikannya dalam bentuk video. Di sini lain, ada Bayu Aditia, seorang jurnalis yang hidupnya sedang dipenuhi banyak masalah. Tanpa sengaja, Bayu melihat video Nomura dan mulai merasa terinspirasi untuk melakukan pembunuhan.

Film ini ditangani Sion Sono dan The Mo Brothers. Dijajaran pemainnya ada nama-nama seperti Kazuki Kitamura dan Rin Takanashi asal Jepang, serta Oka Antara dan Luna Maya sebagai perwakilan Indonesia.

3Pintu Terlarang (2009)

Selain Pengabdi Setan, Ini Film-Film Horor Indonesia yang Menakutkan

Film horor sureal yang satu ini justru membuat sobat kosongan merasa ngeri karena tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi. Pemecahan misteri yang dilakukan sang tokoh utama justru semakin lama semakin membingungkan. Pada akhirnya, momen-momen yang terjadi di film ini justru semakin terasa membingungkan daripada memberi jawaban yang jelas.

Pintu Terlarang (2009) bercerita mengenai Gambir, seorang pematung yang berada dalam puncak karirnya berkat pengeksploitasian tema wanita hamil. Selain kesuksesan, Gambir diberkati seorang istri bernama Talyda, seorang ibu yang pengertian, pemilik galeri yang sudah dianggap ayahnya sendiri bernama Koh Jimmy, serta kawan dekatnya Rio dan Dandung. Suatu hari Gambir menemukan banyak tulisan berbunyi “tolong saya” di sekitarnya. Merasa frustasi, Gambir pun memulai pencariannya.

Joko Anwar merupakan tangan dingin dibalik film horor satu ini. Di jajaran pemerannya, ada nama-nama seperti Fachri Albar, Marsha Timothy hingga Tio Pakusadewo. Meski di Indonesia dianggap kurang sukses, namun film horor yang satu ini ditanggapi positif di dunia internasional saat perilisannya di berbagai festival film.

4Modus Anomali (2012)

Selain Pengabdi Setan, Ini Film-Film Horor Indonesia yang Menakutkan

Film horor psikologis yang satu ini justru membuat sobat kosongan bergidik ngeri sekalinya tersadar cerita film ini yang sebenarnya. Pada awalnya memang film ini melemparkan penontonnya ke sebuah misteri, namun sedikit demi sedikit akan ditemukan sebuah kengerian yang sebenarnya ketika film mencapai klimaks. Film yang awalnya terlihat seperti film thriller standar ini menyembunyikan sebuah kenyataan mengerikan.

Anomali (2012) bercerita mengenai seorang laki-laki yang sedang berlibur bersama istri serta kedua orang anak mereka di sebuah kabin dalam hutan. Mereka dikejutkan dengan kedatangan seorang tamu yang tidak diundang. Sebelum dia menyadari apa yang terjadi, laki-laki tersebut menemukan beberapa jam alarm yang tersebar di hutan, pertanda dia harus berpacu dengan waktu jika ingin bertemu keluarganya kembali. Sementara, di sisi lain hutan juga sedang berlibur keluarga lain, yang mungkin ada kaitannya dengan hal yang laki-laki itu alami.

Modus Anomali lagi-lagi disutradarai oleh sutradara beken, Joko Anwar. Para pemainnya ada nama-nama seperti Rio Dewanto, Hannah Al Rasyid, Surya Saputra, Marsha Timothy dan lain-lain. Film ini pun dirilis secara internasional dengan judul Ritual.

Tadi adalah rekomendasi film horor Indonesia selain Pengabdi Setan (2017). Di antara film-film tersebut, yang mana yang jadi favorit sobat kosongan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.