Review Violet Evergarden, Perjalanan Emosi Seorang Gadis

2.violetevergarden

KosonganViolet Evergarden merupakan salah satu anime winter terbaik musim ini. Rilis pada tanggal 11 januari 2018, anime satu ini telah menimbulkan air mata haru bagi setiap penggemar anime drama kehidupan yang menyentuh hati. Anime ini memiliki karakter utama yatim piatu bernama Violet yang tumbuh besar sebagai “senjata” perang. Setelah selamat dari perang, Violet dirawat oleh Claudia Hodgins dan mencarikan orang tua angkat bagi Violet yaitu keluarga Evergarden. Namun Violete tidak bisa dengan muda menerima kehidupan normal sebagai masyarakat biasa dan terus mencari komandannya, Gilbert Bougainvillea, yang belum ia temui semenjak ia tersadar dari luka setelah perang besar.

Disamping kehidupan pribadi Violet, setiap episodenya kamu akan menyaksikan berbagai kisah menarik dan menyentuh hati dari para klien Violet sebagai Auto Memory Doll. Kamu juga bisa menyaksikan anime Violet Evergarden di Netflix. Simak review Violet Evergarden berikut ini untuk mengetahui alasan kenapa anime ini sayang untuk dilewatkan.

Sinopsis Violet Evergarden

Setelah perang berakhir, Violet selamat dari perang meski harus kehilangan kedua lengannya yang akhirnya digantikan dengan lengan buatan. Dengan bimbingan Claudia Hodgings, Violet menemukan keluarga angkat baru, keluarga Evergarden. Ia juga mendapat pekerjaan di CH Postal Service milik Claudia. Tumbuh besar sebagai “senjata” yang hanya mengetahui cara berperang dan bertarung, semua hal baru tersebut membuat Violet merasa tidak nyaman dan ingin kembali ke sisi komandanya, Gilbert Bougainvillea, yang terakhir kali ia lihat dalam keadaan sekarat di benteng musuh bersamanya. Kata terakhir yang ingan dari komandan Gilbert adalah “aku mencintaimu”, namun Violet yang masih belajar memahami perasaan tidak memahami arti dari kalimat tersebut.

Sambil menunggu kembalinya komandan Gilbert, Violet akhirnya meneguhkan hati untuk menjalani kehidupan sebagai Auto Memory Doll. Dengan menulis surat dan belajar memahami perasaan kliennya melalui  surat yang hendak mereka buat, Violet berharap suatu hari memahami makna dari kalimat “aku mencintaimu”. Namun, kebenaran dan masa depan yang belum pernah dibayangkan oleh Violet sedang menunggu.

Review Violet Evergarden

Alur Dan Pengembangan Cerita

1.violetevergarden

Dengan premis yang dan art yang menarik, Violet Evergarden merupakan anime yang berhasil menarik perhatian setiap penggemar anime dengan ceritanya yang menyentuh hati. Kehidupan pasca perang dengan negara imaginatif yang terinspirasi dengan gaya Eropa tergambar dengan sangat sempurna sebagai latar cerita yang original.

Setiap cerita yang disajikan setiap episode kaya akan gejolak personal dari setiap karakter baru yang ditemui oleh Violet di setiap episodenya. Anime ini merupakan kisa perjalanan emosional bagi Violet yang sedang berusaha untuk memahami perasaan manusia. Dan kisah tersebut dibawakan dengan sangat rapi, indah, dan tidak berlebihan. Beberapa anime dengan tema yang emosional terkadang bisa terlalu emosional dan terkesan “menggangu” bagi para penontonnya. Namun Violet Evergarden menyajikan porsi tersebut dengan pas dan seimbang. Serta sabar dalam membangun perasaan Violet dalam perjalanannya.

Cerita-cerita yang ditampilkan tidak melulu tentang cinta antar sepasang kekasih. Ada pula kisah antara kakak-beradik, orang tua dan anak yang dijamin akan bikin kamu menangis karena tersentuh. Intensitas emosional yang semakin menghanyutkan terjadi dimulai pada episode 7 hingga akhir episode. Terkadang kamu tidak hanya terharu karena adegan menyedihkan, adegan bahagia juga bisa membuatmu tersenyum dengan mata berkaca-kaca.

Violet Evergarden merupakan anime dengan kisah yang melibatkan banyak emosi dan menyenangkan untuk diikuti bagi kamu yang menyukai anime drama kehidupan.

Desain Karakter

2.violetevergarden

Desain karakter merupakan hal yang paling esensial dalam anime ini, karena judulnya saja sudah menyebutkan nama sang karakter utama, Violet Evergarden. Violet adalah gadis yang tumbuh besar sebagai “senjata” perang. Tidak mengenal cara berinteraksi dengan manusia dan mengekspresikan diri.  Hingga ia bertemu dengan komandan Gilbert Bouganvillae yang memperlakukannya sebagai gadis cilik dan berusaha mengenalkan Violet dengan hal-hal manusiawi. Gilbert merupakan karakter yang menjadi harapan awal Violet untuk menggunakan perasaannya.

Jika kamu melihat daftar karakter di anime satu ini, pemeran utamanya hanyalah Violet dan pemain lain adalah karakter pendamping. Karena memang setiap episode kamu akan bertemu dengan karakter baru yang menjadi bagian dari pelajaran Violet untuk memahami perasaan manusia.

Karakter Violet jelaskan sekali mengalami perkembangan karakter dalam anime satu ini. Namun hal tersebut berlangsung secara perlahan dan bertahap dengan porsi yang pas. Perkembangan yang ditampilkan mungkin tidak tampak begitu signifikan, namun jika kamu melihat secara keseluruhan, kehidupan Violet pada akhirnya berubah dan kamu dijamin terharu bahagia melihat sejauh mana karakter datar satu ini bisa berkembang.

Beberapa orang masih suka salah paham bahwa Violet Evergarden adalah cyborg. Violet adalah seorang manusia. Ia bisa makan dan berdarah saat terluka. Tangan besinya ia dapatkan sebagai pengganti kedua lengannya yang hilang saat perang. Violet juga tidak memiliki emosi karena tumbuh besar di dunia militer tanpa kasih sayang dan orang tua.

Art Dan Visual

3.violetevergarden

Dalam segi art, anime ini memiliki desain anatomi karakter yang realistis dan enak dipandang mata. Kamu juga bisa melihat berbagai detil latar dan karakter dengan bangunan klasik dan pakaian-pakaian ala Eropa. Pilihan warna yang digunakan sebagian besar bernuansa lembut dan menimbulkan kesan hangat.

Cinematografi dan grafiknya sangat lembut dan berhasil membangkitkan perasaan emosional di saat yang tepat. Cinematografi dengan paduan cerita dan musik yang pas juga merupakan salah satu unsur pembangkit emosi dalam anime ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.