Review Sakura Quest, Keseruan Bekerja Di Dinas Pariwisata

sakuraquest.1

Kosongan – Pernah kamu berpikir bagaimana rasanya berkerja sebagai “ratu” di sebuah desa terpencil? Yoshino Koharu adalah seorang gadis muda yang merantau dari sebuah kota kecil dan berharap mendapat pekerjaan di kota besar seperti Tokyo. Namun hal tersebut tidak semudah yang ia bayangkan. Telah menjalani wawancara hingga puluhan kali, ia tidak juga menadapatkan pekerjaan. Hingga suatu hari ia mendapat telepon dari sebuah agen pariwisata di Tokyo yang menawarkan pekerjaan baginya. Bukan di Tokyo, melainkan desa bernama Manoyama.

Anime ini termasuk dalam anime slice of life tentang dunia pekerjaan yang tidak umum. Sakura Quest rilis pada tanggal 6 April 2017 lalu sebagai anime musim semi. Anime satu ini termasuk salah satu anime yang mendapat rating baik sebagai spring anime 2017 meski tidak terlalu popular dan fenomal, namun jalan cerita yang disuguhkan sebetulnya cukup menarik dan menjanjikan. Untuk mengetahui lebuh tentang anime Sakura Quest, simak review Sakura Quest berikut ini.

Sinopsis Sakura Quest

Pemeran utama dalam Sakura Quest adalah Yoshino Kahuro, seorang gadis pemimpi yang bosan dengan kehidupan di kota kecil asalanya. Ia merantau ke Tokyo untuk mendapatkan pekerjaan impiannya di perusahaan mana pun, asalkan berada di kota besar. Namun mencari pekerjaan di kota besar tidak semudah yang ia bayangkan. Sudah lebih dari 30 interview ia jalani, tapi tak ada satu pun pekerjaan yang ia dapatkan.

Hingga suatu hari ia menerima telpon dari sebuah agensi wisata di Tokyo yang menawarkan pekerjaan sebagai “ratu” di sebuah kota kecil bernama Manoyama. Karena terjadi salah paham, Yoshino harus tinggal di Manoyama selama satu tahun untuk meningkatkan sektor pariwisata kota tersebut. Dengan berat hati, ia pun melakukan pekerjaan tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu Yoshino mendapatkan dukungan dari berbagai orang dan mulai peduli dengan masa Manoyama yang terancam eksistansinya.

Review Sakura Quest

Alur dan Pengembangan Cerita

sakuraquest.2

Bagi kamu yang menyukai drama kehidupan dengan alur cerita yang berkembang secara bertahap, kamu pasti dapat menikmati anime satu ini. Dibutuhkan kesabaran sebelum mencapai hal-hal menarik dan cerita anime satu ini. Seperti halnya sebuah kota sepi yang sudah kehilangan gairahnya, beberapa episode pertama tidak akan menyuguhkan kisah yang sangat emosional. Terdiri dari 25 episode, Sakura Quest merupakan anime dengan gaya pengembangan cerita yang lambat dan bertahap, namun memiliki makna yang berarti pada akhir cerita.

Anime ini juga mengangkat topik yang original, yaitu kehidupan karakter utama di sebuah dinas pariwisata. Membanyangkan dinas pariwisata secara umum akan cukup membosankan, namun seperti anime pada umumnya, topik-topik konvensional pun bisa menarik dalam sebuah anime. Banyak kisah budaya setempat dan kebudayaan kota kecil yang disuguhkan dalam anime satu ini. Bagi kamu penggemar kebudayaan Jepang, kamu bisa melihat cara hidup sehari-hari warga Manoyama yang menggambarkan penduduk Jepang secara realistis.

Jika kamu menikmati pengembangan ceritanya yang perlahan dari episode pertama, kamu akan merasa emosionla menonton episode-episode terakhir. Karena di episode-episode ini kisah emosional, konflik umum, maupun personal mulai terangkat. Namun, diakhiri dengan  cara paling alami dan tidak klise.

Sangat sulit untuk jatuh cinta dengan anime ini pada pandangan pertama, kamu harus sabar memahami karakter dan melihatnya berkembang. Begitulah sabar melihat kota Manoyama yang sedang diambang penghapusan sebagai salah satu kota di wilayah tersebut.

Desain Karakter

sakuraquest.3

Mungkin pada awalnya kamu akan skeptik dengan tokoh Yoshino Koharu, tipikal perempuan Jepang yang bersemangat dengan rambut merah muda. Tak hanya pengembangan cerita, anime ini juga memiliki pengembangan karakter yang baik. Tak hanya pada karakter utama, Yoshino, namun juga beberapa karakter lainnya yang akan kamu sukai. Mulai dari si “aneh” Ririko, si jago teknologi Sanae, mantan aktris Maki, dan si manis yang rajin Shiori. Perempuan-perempuan tersebut akan sering kamu lihat berdampingan dengan Yoshino sebagai “mentri-mentri”-nya.

Masing-masing karakter memiliki latar belakangan dan berkembang dengan baik seiring cerita berjalan. Kalian akan menemukan alasan untuk menyukai masing-masing karakter. Ada pula beberapa karakter tambahan unik yang sering terlihat dalam setiap episode sebagai pemanis dengan porsi yang pas. Mereka juga bisa menjadi karakter yang mencuri perhatian kamu karena keuniknya. Jarang terlibat secara besar namun tidak akan mudah untuk dilupakan.

Tokoh-tokoh penduduk desa secara keseluruhan juga didesain dengan realistis. Jika beberapa anime drama kehidupan menonjolkan keramahan penduduk desa, Sakura Quest menyuguhkan sesuatu yang lebih realistis. Dimana beberapa penduduk yang tida ramah dan judes pun memiliki alasan untuk bersikap seperti itu. Namun seiring berjalannya waktu, kamu akan bisa merasakan kehangat dar setiap penduduk kota yang mulai mengalami kemajuan pada pemukimannya.

Art Dan Visual

sakuraquest.1

Gaya art yang ditampilkan dalam anime satu ini bersifat realitis, dengan anatomi tiap karakter dengan garis lembut dan realistis. Hal ini juga mendukung kisah Sakura Quest yang mengalir secara alami tanpa “drama” berlebihan. Latar belakang didominasi dengan tampilan kota Manoyama yang sepi. Pusat pertokohan dan bisnis digambar dengan kosong dan menimbulkan kesan sebagai kota yang sudah tidak beroperasi lagi. Namun pemandangan alamnya masih sangat alami dan segar. Bagi kamu yang menyukai anime dengan pemandangan alam khas Jepang, anime ini bisa cukup memanjakan mata kamu.

Beberapa sudut kota juga digambarkan sebagai tempat yang hangat, seperti rumah kayu dimana Yishino bersama dengan para rekan kerjanya tinggal, dan cafe bergaya semi Eropa yang sijalankan oleh salah satu penduduk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.