Kosongan – Selamat pagi untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan review terhadap salah satu anime populer di tahun 2016 yakni Bungou Stray Dogs.

Bagi kamu yang tidak tau, Bungou Stray Dogs merupakan anime populer pada tahun 2016 yang memfokuskan ceritanya pada agensi detektif di Jepang. Namun keunikan dari agensi tersebut yakni mereka memiliki kekuatan supernatural.

Biar lebih jelasnya bisa kalian baca review kali ini. Namun sebelum itu jika kamu punya saran atau pendapat lainnya silahkan komentar dibawah yah.

Biar nggak makan waktu lama yuk kita mulai reviewnya kali ini.


Detail:

Judul Anime

JudulBungou Stray Dogs
Jepang文豪ストレイドッグス
InggrisBungo Stray Dogs

Detail

TipeTV
StatusSelesai Tayang
Musim PerdanaSpring 2016
Tayang07 Apr 2016 – 23 Jun 2016
Total Episode12
Durasi23 menit
RatingDewasa
GenreMystery, Seinen, Supernatural, Action, Comedy
StudioBones
Lisensi
ProduserLantis, Glovision
Websitebungo-stray-dogs.jp
Skor7.44

Sinopsis:

Anime ini menceritakan tentang Nakajima Atsushi yang telah diusir dari panti asuah dan memaksa dia harus berbuat sesuatu untuk mendapatkan makanan. Ketika dirinya mulai merenungi nasibnya di pinggiran sungai, ia juga telah menyelamatkan seorang pria yang ingin melakukan bunuh diri. Nama dari orang itu ialah Dazai Osamu dan partnernya Kunikida.

Dazai sendiri mengajak Atsushi untuk bergabung ke organisasi supernatural yang menyelediki berbagai kasus berbahaya bagi polisi dan militer. Lantas bagaimana kah kisah dari Atsushi di organisasi tersebut?


PV


Jalan Cerita:

Awal cerita yang diperlihatkan yakni ketika Atsushi terpaksa untuk dikeluarkan dari panti asuhannya. Ia pun bertekad untuk mencari unag, namun hal itu tidak bisa dilakukannya. Namun terdapat sebuah keajaiban yakni ketika ia melihat Dazai yang melakukan aksi bunuh diri.

Pertemuan mereka berubah menjadi masa depan bagi Atsushi. Ia pun diajak masuk ke agensi namun sebelum itu ia harus dijinakkan terlebih dahulu karena memiliki kekuatan harimau didalam tubuhnya. Setelah itu, ia mulai menjalani tes dengan menjinakkan bom yang dimana telah direncanakan oleh para agensi seniornya.

Anime ini bercerita tentang detektif yang dibalut kekuatan supernatural. Jadi mereka memiliki kemampuan supernatural yang berbeda-beda. Dari episode awal saja sudah memperlihatkan alur detektifnya dengan memecahkan kasus Harimau Pemakan manusia. Juga memamerkan kekuatan yang dimiliki salah satu detektif.

Sebut saja namanya Dazai. Hanya saja, eksekusi cerita, terutama pemecahan kasusnya kurang menarik. Dalam arti seperti bukti – bukti yang kurang akurat atau lengkap. Rasanya seperti instan. Jadi langsung tahu penyebabnya, begitu. Saya rasa anime ini juga memberikan sesuatu hal yang begitu oke banget baik dari alur maupun konflik yang mereka timbulkan. Tentu saja hal itu menjadi nilai tambah dari anime ini.


Karakter:

  1. Atsuhi Nakajima

Atsuhi merupakan salah satu karakter utama di seri ini. Ia pada awalnya tidak menyadari bahwa dirinya merupakan seorang Manusia Harimau Putih yang telah memangsa ternak di panti asuhannya. Hal itu terungkap ketika Dazai merencanakan sesuatu untuk menjebak Atsuhsi dimana ia bertujuan agar Atsushi sadar bahwa dirinya adalah Manusia Harimau Putih.

Atsushi sendiri memiliki sifat yang tidak terlalu tenang dalam menghadapi situasi tertentu. Dia juga memiliki rasa yang mendalam ketika menyelematkan seseorang tanpa peduli terhadap keselamatannya sendiri. Hal itu terbukti ketika ia menjalani ujian di agensi detektif.

Selain itu, ia juga rela mengorbankan nyawanya untuk menyelematkan Kyoka dimana ia bertemu dengannya pada sebuah kereta api. Dimana Kyoka bergabung ke agensi untuk membantu Atsuhsi.

2. Dazai Osamu

Seorang maniak bunuh diri dimana dirinya selalu bertekad melakukan hal tersebut karena ia memiliki kekuatan yang tak bisa mati dan juga mampu untuk menghilangkan kekuatan seseorang. Dia lah yang menemukan Atsushi pertama kali disebuah jembatan dan mengajaknya masuk ke agensi.

Dazai sendiri merupakan karakter dengan sifat kalem dan selalu tenang dalam menghadapi situasi genting. Ia juga selalu memikirkan rencana untuk menghadapi musuhnya.

3. Akiko Yosano

Doketr di agensi tersebut memiliki kekuatan penyembuhan yang luar biasa dan juga memiliki kekuatan tinju yang dahsyat. Ia sendiri pernah mengalahkan salah satu pengguna bom lemon.


4. Doppo Kunikida

Teman dari Dazai ini memiliki kekuatan untuk membuat suatu benda dengan menggunakan buku yang ia miliki. Tentu saja ia selalu mengawasi Dazai yang sering bertindak untuk melakukan bunuh diri.

5. Junichirou Tanizaki

Tanizaki sendiri merupakan salah satu anggota tim agensi yang memiliki kekuatan untuk memanipulasi sebuah kenyataan. Ia juga menyangi adiknya yang sangat cantik tersebut. Ia juga menjadi penguji dari Atsushi ketika bergabung dengan agensi detektif bersenjata.

6. Kenji Miyazawa

Kenji merupakan salah satu anggota terkuat dimana ia memilik kekuatan yang teletak pada kekuatan supernya. Ia akan bertambah kuat ketika merasa lapar, namun akan tertidur ketika ia sudah kenyang. Tentu saja Atsushi terkejut ketika mengetahui hal tersebut.


Art:

Menurut saya pribadi art yang diberikan sudah terbilang begitu baik dan juga cukup baik. Pergerakan yang dibuat oleh studio Bones bisa dibilang begitu halus dan tidak terasa kaku sama sekali.

Di setiap adegan, art yang diberikan berkualitas tinggi, misalnya saja efek ledakan yang mereka buat akan terasa nyata sekali, bahkan ilusi yang dibuat oleh Tanizaki juga bisa dibilang begitu oke loh.

Secara keseluruhan sih grafisy ang mereka berikan sudah cukup baik loh.


Musik:

Lagu Pembuka: Trash Candy oleh GRANRODEO dan Lagu Penutup: Namae wo Yobu yo 「名前を呼ぶよ」 oleh Luck Life. Saya suka lagu penutupnya, enak didengar. Oh, jadi ingat, entah kenapa lihat ilustrasi lagu penutupnya saya merasa Akutagawa dan Dazai itu kembar, atau cuma perasaan saya?. Selain itu, efek suaranya seperti yang saya bahas di tag Art.  Dapat nilai tambah, lumayan bikin ceritanya mengalir.

Lantunan yang mereka berikan bisa dibilang cukup baik dan jgua tertata sempurna. Kalian bisa melihat ketenangan dari lagu tersebut.


Saya rasa cukup sampai disini review kali ini. Jika kalian punya saran atau pendapat silahkan komentar dibawah yah agar bisa kmai masukkan ke list berikutnya. Kalian bisa membaca ringkasan saya pada kolom review dibawah ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.