Kosongan – Selamat malam untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review kepada anime yang bisa dibilang membuat kalian diabetes ketika menontonnya yakni, Non Non Biyori.

Bagi kalian yang tidak tau, anime ini di adaptasi dari manga karya Atto yang menceritakakan tentang kisah persahabatan di sebuah sekolah dasar yang hanya memiliki lima murid dan mereka berada di kelasa yang berbeda.

Tentu saja akan banyak sekali konflik serta kisah lucu dari mereka berlima. Selain itu, kalian juga akan menemukan berbagai unsur moe didalam anime ini.

Biar lebih jelasnya yuk disimak review berikut ini.


Detail Anime:

Judul Anime

JudulNon Non Biyori
Jepangのんのんびより
InggrisNon Non Biyori

Detail

TipeTV
StatusSelesai Tayang
Musim PerdanaFall 2013
Tayang08 Okt 2013 – 24 Des 2013
Total Episode12
Durasi24 menit
RatingAnak
GenreComedy, School, Slice of Life
StudioSilver Link
LisensiSentai Filmworks
ProduserTV Tokyo, Lantis, Media Factory, Kadokawa Shoten, AT-X, Sony Music Communications
Websitenonnontv.com
Skor8.25

Sinopsis:

Cerita ini bermulai ketika Ichijou Hotaru harus pidanh ke desa terpencil bernama Asahigaoka karena pekerjaan sang ayah. Disana dirinya memasuki sebuah sekolah lokal yang secara keseluruhan hanya memiliki satu kelas dan hanya disi oleh empat orang muid saya yakni kakak-beradik Koshigaya Suguru, Komari, dan Natsumi, serta gadis kecil bernama Miyauchi Renge.

Walaupun begitu, dirinya cukup menikmati hidup yang ia rasakan walaupun harus menjauh dari kota metropolitan di Tokyo.


PV


Jalan Cerita:

Anime ini berhasil menonjolkan diri di antara anime-anime lain karena komedinya yang terasa khas. Setting-nya yang berupa desa terpencil dimanfaatkan secara efektif; lelucon-lelucon dan momen-momen lucu yang terjadi selama perjalanan ke toko permen yang kesepian atau Bunkasai (Festival Budaya) yang dilaksanakan hanya oleh lima orang terasa begitu unik, seolah hampir mustahil ditemukan kecuali pada anime ini.

Namun ironisnya, upaya anime ini untuk menjaga atmosfer tentang desa terpencil yang sunyi pada akhirnya justru menjadi kekurangan yang menghalanginya dari menghasilkan komedi sempurna.

Terdapat beberapa episode di anime ini yang sebagian besarnya terasa, well, terlalu sunyi — bukan karena tidak tersedia cukup dialog atau musik, melainkan karena terlalu banyak waktu yang berlalu dari satu lelucon sebelum sampai ke lelucon berikutnya.

Meski secara keseluruhan anime ini tetap merupakan sebuah komedi yang sangat bagus, selalu ada kesan bahwa dia juga seharusnya masih bisa lebih baik.


Karakter:

  • Hotaru Ichijo (一条 蛍 Ichijō Hotaru)

Hotaru sendiri merupakan seorang siswa kelas lima yang pindah dari Tokyo ke Asahigaoka yang dimana hal itu disebabkan karena pekerjaan sang ayah. Ia memiliki tubuh yang cukup tinggi untuk anak semurannya.

Selain itu, ia memiliki perasaan kepada Komari dan menjahitkan berbagai boneka mewah agar bisa menghiasi kamar Komari. Dimana sebelumnya ia pernah ke Asahigaoka ketika masih kecil.

  • Renge Miyauchi (宮内 れんげ Miyauchi Renge)

Renge merupakan siswa kelas satu dan ia sangat suka menyambut teman-teman dengan mengucapkan “Nyanpasu”. Ia sendiri merupakan adik dari Hikgae dan Kauzho serta dirinya juga merupakan anak yang cukup tanggap kepada suatu hal.

  • Natsumi Koshigaya (越谷 夏海 Koshigaya Natsumi)

Natsumi merupakan siswa kelas satu, dan memiliki tubuh yang sangat tinggi dibanding kakaknya (Komari). Ia juga merupakan anak yang sangat ceria dan sulit untuk diatur. Selain itu, ia juga sering berbicara dengan ibunya serta menjahili kakaknya namun ia tidak memiliki sikap buruk di sekolah.

  • Komari Koshigaya (越谷 小鞠 Koshigaya Komari)

Komari sendiri merupakan siswa kelas Dua, dan kakak dari Natsumi. Ia memiliki tubuh yang terbilang pendek dan sering mengeluhkan hal tersebut. Bukan hanya itu, ia juga sangat polos dan sering takut sehingga dirinya mudah untuk dijahili oleh adiknya.

  • Kazuho Miyauchi (宮内 一穂 Miyauchi Kazuho)

Kazuho merupakan kaka dari Renge dan merupakan guru disekolah tersebut. Ia sangat suka tidur karena siswanya belajar sendiri dan sebagian besar dari waktunya dihabiskan untuk tidur siang.

  • Suguru Koshigaya (越谷 卓 Koshigaya Suguru)

Suguru merupakan siswa kelas tiga dan kaka tertua dari Komari serta Natsumi. Ia sangat jarang berbicara dan memiliki sedikit hawa keberadaan.

  • Yukiko Koshigaya (越谷 雪子 Koshigaya Yukiko)

Yukiko merupakan ibu dari Natsumi, Komari, dan Suguru yang dimana dirinya selalu bersikap tegas ketika berhadapan dengan Natsumi yang selalu santai di rumhanya.

  • Hikage Miyauchi (宮内 ひかげ Miyauchi Hikage)

Hikige merupakan siswa SMA tahun pertama di yang pernah belajar di Tokyo dan merupakan kakak dari Renge.

  • Kaede Kagayama (加賀山 楓 Kagayama Kaede)

Kaede sendiri adalah warga yang menjalankan bisnis toko permen. Dan membuat anak-anak setempat selalu memanggilnyaDagashi-ya. Ia juga menyewakan alat ski.

  • Konomi Fujimiya (富士宮 このみ Fujimiya Konomi)

Konomi sendiri merupakan lulusan dari Asahigaoka yang dimana dirinya juga bertinggal di sebelah Koshigayas. Ia merupakan mahasiswa tahun ketiga di sekolah dekatnya.

  • Honoka Ishikawa (石川 ほのか Ishikawa Honoka)

Honoka merupakan siswa kelas satu yang sering datang untuk mengunjungi nenknya ketika liburan.

  • Nenek Ishikawa
  • Ibu Ichijo
  • Ayah Ichijo

Art:

Dengan banyak menampilkan gambar-gambar pemandangan yang mendetil namun masih sesekali disertai aktivitas orang-orang di kejauhan, lalu ditambah dengan musik latar yang pas dan dimainkan pada saat-saat yang tepat, anime ini benar-benar mampu mengangkat suasana dari sebuah desa terpencil.

Dan hal tersebut penting karena dia kemudian mendukung setting yang menjadi dasar komedi anime ini. Terlepas dari kekurangan yang dijelaskan di atas, audio visual anime ini sudah melakukan tugasnya dengan lancar.


Musik:

  • Opening : “Kodama Kotodama (こだまことだま)” by nano.RIPE
  • Ending : “Okaeri (おかえり)” by Kotori Koiwai, Rie Murakawa, Ayane Sakura, Kana Asumi

OST yang dihadirkan oleh anime ini bisa dibilang sudah memenuhi standar sebuah anime. Tema yang mereka hadirkan juga cocok dengan OST yang mereka perdengarkan. Dan saya juga cukup yakin bahwa anime ini mampu memberikan sesuatu yang luar biasa banget.

Lagunya simpel namun cukup bagus untuk didengar oleh kalian. Saya rasa akan memberikan skor 9 untuk musik dari anime ini.


Nah sahabat Kosongan itulah review untuk anime Non Non Biyori. Jika kalian punya saran anime yuk komen dibawah. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. See you next time.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.