Kosongan – Selamat malam untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review kepada anime yang bisa dibilang cukup populer karena jalan cerita yang begitu memukau. Judul anime itu yakni, Kotoura-san.

Bagi kalian yang tidak tau, Kotoura-sam memfokuskan cerita kepada karakter haruka Kotoura yang memiliki kekuatan esper. Tentu saja akibat kekuatan tersebut, akan timbul berbagai konflik didalamnya loh.

Biar kalian tidak penasaran, yuk kita simak mengenai review dari anime tersebut berikut ini.


Detail Anime:

Judul Anime: Kotoura-san

English: The Troubled Life of Miss Kotoura

Sinonim Indonesia : Kotoura-san

Japanese : 琴浦さん

Review Anime Kotoura san

Type: TV
Episodes: 12
Status: Finished Airing
Aired: Jan 11, 2013 to Mar 29, 2013
Premiered: Winter 2013
Broadcast: Unknown
Producers: AIC, CBC, KlockWorx, flying DOG
Licensors: NIS America, Inc.
Studios: AIC Classic
Source: 4-koma manga
Genres: Comedy, Drama, Romance, School
Duration: 23 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older


PV


Sinopsis:

Cerita anime ini bermulai ketika Kotoura Haruka yang memiliki kekuatan yang mampu membaca pikiran orang lain. Selain itu, ia juga tak mengerti kenapa dirinya bisa memiliki kekuatan tersebut. Dan ia menganggap ucapannya terebut harus diungkapkan, namun hal itu justru membuat dirinya menjadi terkucilkan.

Akibatnya, ia selalu disebut sebagai pembohong, ditinggalkan oleh temannya, dan orang tuanya sendiri yang mengankibatkan Kotoura harus hidup dibawah penderitaan selama bertahun-tahun.

Ketika dirinya masuk SMU, ia sudah sangat pasrah terhadap hal yang ia jalani. Namun, ia bertemu dengan Manabe Yoshihisa, pemuda yang memiliki keunikan karena tulus berhadap dengan orang serta selalu berpikir kotor.

Manabe pun mencoba untuk membantu Kotoura untuk menemukan kembali rasa percaya dirinya adn Kotoura merasa bahagia ketika berada di samping Manabe. Selain itu, si pemuda ini juga kerap memikirkan hal erotis ketika bersama Kotoura.


Jalan Cerita:

Ketika episode pertama dimulai, penonton akan disajikan dengan kehidupan Kotoura yang bahagia, namun disitu juga akan diperlihatkan penderitaan Kotoura. Selain itu, kemampuan dari Kotoura juga terdengar begitu keren, namun dianggap merusak oleh orang-orang disekitarnya. Ketika seseorang ada di hadapan Kotoura, maka rahasianya pasti akan diketahui.

Melihat hal itu, beberapa orang tak kuat untuk menghadapi kenyataan yang disampikan oleh Kotoura. Setengah dari episode di anime juga akan memperlihatkan perubahan yang terjadi di dalam hidup Kotoura. Tentunya dirinya akan bersama dengan Manabe yang sangat suka menampilkan sebuah kejujuran.

Selain itu, kombinasi antara drama dan komedi yang mereka perlihatkan begitu oke banget. Para penonont diajak untuk ikut terlibat terhadap aksi yang dilakukan oleh Manabe serta alur cerita romantic yang begitu bagus banget dan sederhana.

Namun sangat disayangkan anime ini memiliki sedikit kekurangan seperti dibagian solusi atas masalah tersebut. Tapi saya tetap memaklumi hal itu dan menganggap bahwa laur cerita yang mereka perlihatkan sudah sesuai dengan standarisasi anime.

Bukan hanya itu, presentasi dari anime ini sangat menarik dengan beberapa karakter hiburan yang ada di sela-sela anime ini.


Karakter:

  • Kotoura Haruka

Kotoura Haruka merupakan MC yang ada di serial ini. Ia mempunyai kelebihan untuk melihat isi pikiran dari orang lain dalam artian mampu membaca pikiran, baik itu secara langsung atau tidak.

Akibat kemampuannya tersebut, ia sangat dibenci oleh teman-temannya dan berujung perceraian ayah serta ibunya. Dan pada akhirnya, si kakek lah yang merawat Kotoura dan ibunya jgua sempat mengatakan kalimat “Seharusnya aku tak melahirkan dirimu” dan pergi menghilang.

Kata-kata terakhir yang diucapkan oleh ibunya tersebut sempat membuat Kotoura merasa trauma dan menutup dirinya dan tak ingin menyakiti orang lain lagi dan memilih untuk sendiri.

Namun, dirinya mulai berubah ketika memasuki SMA dimana ia bertemu dengan Manabe Yoshihisa, yang mau menerima keadaan dari Kotoura.


  • Yoshihisa Manabe

Manabe sendiri merupakan teman sekelas dari Kotoura. Ia memiliki latar belakang yang tak dijelaskan sama sekali di animenya. Manabe sendiri memiliki kemampuan dalam bela diri. Dan ia diceritakan sebagai orang yang cerita dan menjadi orang pertama untuk menerima Kotoura dan ingin b erteman dengan Kotoura.

Selain itu, Manabe juga sering memikirkan hal kotor ketika berada di dekat Kotoura. Ia jgua iktu bergabung ke klub ESP bersama dengan Kotoura.


  • Moritani Hiyori

Moritani adalah teman dari Kotoura dan keluarganya sendiri memiliki sebuah Dojo dan dirinya juga ahli dalam seni bela diri. Pada awalnya, ia tidak penyukai Kotoura karena terlalu dekat dengan Manabe.

Namun karena suatu insiden, ia akhirnya meminta maaf kepada Kotoura dan menjadi teman baiknya.


  • Mifune Yuriko

Mifune merupakan senpai dari Kotoura. ia mendengar kabar bahwa kemampuan Kotoura mampu mendengar isi pikiran orang lain dan mengajaknya bergabung ke klub penelitian ESP yang pada awalnya hanya berisikan Muroto.

Ia juga tertarik dengan kemampuan Kotoura karena ibunya merupakan seorang ESP yang mampu membaca pikiran orang lain. Namun orang-orang disekitarnya tak percaya dan menyebut dirinya penipu yang menyebabkan ibunya tertekan dan gantung diri. Dan hal itu membuat dirinya bertekad membuktikan bahwa omongannya tersebut benar.


Art:

Untuk bagian Art, anime ini memperlihatkan hal yang cukup bagus. Mereka berhasil menyalurkan hal-hal dengan baik yang ingin disampikan oleh anime ini. Yang dimana hal itu sangat terlihat pada bagian komedinya.

Selain itu, wajah mesum dari Manabe juga digambar dengan begitu baik. Hal-hal kecil yang mereka perlihatkan begitu oke dan tak terlihat gagal sama sekali, bahkan terasa begitu sederhana banget dan membuat penonton teribur


Musik:

Lagu Opening:
#1: “Sonna Koto Ura no Mata Urabanashi Desho? (そんなこと裏のまた裏話でしょ?)” Oleh Megumi Nakajima

Lagu Ending Theme
#1: “Kibou no Hana (希望の花)” oleh Haruka Chisuga (千菅春香) (eps 1-4, 7-12)
#2: “ESP Ken no Theme (ESP研のテーマ)” ESP Kenkyuukai (ESP研究会) (ep 5)
#3: “Tsurupeta (つるぺた)” oleh Hisako Kanemoto (ep 6)

Lagu yang mereka perlihatkan bisa diiblang sudah sangat sesuai dengan apa yang mereka perlihatkan. Selain itu, mereka juga membuat OST yang tak akan terlupakan oleh kalian semua. Dan nada yang mereka berikan terasa bagus banget.


Nah sahabat Kosongan itulah review untuk anime Kotoura-san. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.