Kosongan – Selamat malam untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review terhadap anime yang dinobatkan sebagai anime Slice of Life terbaik, yakni K-On!.

Bagi kamu yang tidak tau, K-On! merupakan salah satu anime yang masih dirindukan hingga saat ini karena jalan cerita serta tokoh yang tidak membosankan. Selain itu, K-On! juga menghadirkan suatu ikatan persahabatan dimana anime sekarnag sangat sulit untuk menyayingi kesuksesan dari K-On!.

Untuk mengikuti jejak K-On!, maka kualitas cerita yang dibuat haruslah begitu bagus dan dapat dicermati oleh para penonton. Untuk mengetahui mengenai kenapa K-On! bisa menjadi anime terbaik di genre Slice of Life, kalian bisa membaca review kali ini.

Biar nggak makan waktu lama yuk kita mulai review-nya kali ini.


Detail:

Judul Anime

JudulK-On!
Jepangけいおん!
InggrisK-On!
LainnyaK-ON! Season 1, Keion

Detail

TipeTV
StatusSelesai Tayang
Musim PerdanaSpring 2009
Tayang03 Apr 2009 – 26 Jun 2009
Total Episode13
Durasi24 menit
RatingRemaja
GenreComedy, Music, School, Slice of Life
StudioKyoto Animation
LisensiBandai Entertainment, Sentai Filmworks
ProduserPony Canyon, TBS, Movic, Rakuonsha, Animation Do
Websitetbs.co.jp/anime/k-on/
Skor8.33

Sinopsis:

Anime ini menceritakan 4 orang siswa di sebuah sekolah Jepang bernama Sakuragaoka. Mereka berempat masuk ke dalam sebuah klbu musik ringan atau disebut Kein-Bu. Walaupun memiliki empat anggota, klub ini tetaplah memberikan pengalaman berharga bagi para anggotanya. Dimana mereka menghabiskan hari-hari nya di ruangan klub tersebut, mulai dari tertawa, bersedih, hingga bahagia bersama. Lantas bagaimana kisah mereka sebenarnya?


PV


Jalan Cerita:

Awal mula cerita dibuka dengan masuknya Yui disekolah Sakuragaoka dimana pada hari itu dia mengira dirinya terlambat. Beralih pada adegan berikutnya, ia masih bingung untuk bergabung dengan klub apa sampai dirinya ditegur oleh Nodoka, sahabat dari Yui.

Di sisi lain , Tainaka Ritsu mengajak sahabatnya Akiyama Mio untuk bergabung dalam klub K-On! yang ternyata Mio telah mengisi form pendaftaran klub bahasa, lalu ritsu merobek form tersebut.

Lalu kemudian Mio dan Ritsu datang ke ruang guru untuk menanyakan soal K-On!. Di saat Ritsu menanyakan mengenai klub K-On! kepada sensei, di saat bersamaan Yui datang ke ruang guru untuk memanggil sensei.

Banyak kekonyolan yang dilakukan Yui pada bagian ini, sehingga membuat Ritsu menilai Yui adalah orang cupu/culun. Yang pada akhirnya Yui lah yang menjadi penyelamat klub K-On!. Dan pada akhirnya mulailah terbentuk grub band yang bernama Houkage Tea Time.

Melihat alur cerita yang ada pada K-On! mengindikasikan bahwa anime ini mampu untuk memberikan impak yang luar biasa ketika kita menontonnya. Kekonyolan Yui di setiap episode membuat kalian tidak cepat bosan ketika menontonnya. Selain itu, anggota band lainnya juga memiliki sifat yang lucu-lucu juga loh.

Alasan terbesar dari anime ini begitu populer mungkin karena hubungan persahabatan yang terjalin didalamnya. Kalian bisa merasakan bagaimana seorang sahabat di anime tersebut.

Setelah membahas masalah alur cerita, mari kita ke segmen berikutnya yakni Karakter.


Karakater:

  1. Yui Hirasawa
NamaYui Hirasawa
Kanji/Kana平沢 唯
Tanggal Lahir27 November
Jenis KelaminPerempuan
Tinggi Badan156 cm
Berat Badan50 kg
Golongan DarahO

 

Biografi: Siswa ini merupakan salah satu murid dari Sakuragaoka School Jepang. Dia memiliki sifat yang sangat ceroboh dan sering melakukan kesalahan dan merupakan karakter kesukaan saya.

2. Akiyama Mio

Tanggal Lahir15 Januari
Jenis KelaminPerempuan
Tinggi Badan160 cm
Berat Badan54 kg
Golongan DarahA

 

Biografi: Karakter pintar dengan rambut hitam lurus ini memiliki sifat yang sangat pemalu namun tegas terhadap sesuatu tanpa terkecuali. Walaupun tegas, dirinya juga memiliki sifat penakut dengan darah ataupun hal-hal berbau horror.

3. Tainaka Ritsu

Tanggal Lahir21 Agustus
Jenis KelaminPerempuan
Tinggi Badan154 cm
Berat Badan48 kg
Golongan DarahB

 

Biografi: Ritsu merupakan teman masa kecil dari Mio. Dia memiliki sifat yang sangat ceria dan periang dan juga leader dari klub tersebut. Bukan hanya itu, Ritsu jgua terkenal karena memiliki sifat yang sangat manis.

4. Kotobokui Tsumugi

Tanggal Lahir02 Juli
Jenis KelaminPerempuan
Tinggi Badan157 cm
Berat Badan53 kg
Golongan DarahO

 

Biografi: Mugi merupakan cewek konglomerat namun memiliki sifat sederhana dan mau berteman dengan orang lain. Ia memiliki sifat yang begitu lucu dan sangat sopan serta menjadikannya karakter yang disukai oleh banyak orang.

5. Asuza Nakano

Tanggal Lahir11 November
Jenis KelaminPerempuan
Tinggi Badan150 cm
Berat Badan46 kg
Golongan DarahAB

 

Biografi: Asuza merupakan karakter yang snagat tegas terhadap Yui. Ia juga merupakan anggota satu-satunya yang berasal dari siswa kelas satu. Dia sendiri akan meneruskan klub tersebut bersama dengan temannya.


Art:

Kualitas Art dan penggambaran tokohnya sangat bagus menurut saya, wajar sih Kyoto Animation sudah tidak diragukan lagi selalu membuat anime – anime yang memiliki Art dengan kualitas yang bagus.

Pergerakan dari karakternya bisa dibilang begitu halus banget dan disetiap adegan terasa bahwa Kyoto Animation memberikan efek yang luar biasa. Selain itu, pergerakan kaku dari anime ini tidak begitu terlihat, namun ada juga beberapa adegan yang cukup membingungkan dimana Yui memegang jeruk, namun jeruknya tak tersentuh di tangan Yui dan seoal-olah bahwa jeruk itu melayang.


Musik:

Untuk Ost nya dibawakan oleh CV grub Houkage Tea Time, Opening berjudul Cagayake! GIRLS dan Ending berjudul Don’y say lazy. Tapi, yang paling saya suka dari anime ini adalah music-musicnya. Jika kalian yang suka mendengarkan musik khususnya band cewek dari anime, K-On! it’s the best karena anime K-On! mempunyai banyak lagu yang menurut saya sangat bagus.

Kalian suka dengan nada dari genjrengan gitar? nada dari bass? nada dari piano atau keyboard? nada dari drum? K-On! punya nada – nada itu semua yang tentunya terdengar dengan jelas, seimbang dan bersemangat.


Itulah ulasan atau review kami terhadap anime K-On!. Kalian bisa membaca ringkasan saya pada kolom review dibawah ini. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.