Kosongan – Selamat pagi untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempana kali ini saya akan memberikan review terhadap anime yang bisa dibilang begitu populer dan dinantikan season duanya, yakni Hyouka.

Bagi kamu yang tidak tau, Hyouka merupakan anime yang diangkat dari light noverl berjudul sama. Hyouka sendiri merupakan anime favorit saya hingga saat ini dan berhasil menduduki peringkat satu di list favorit. Hal itu tak lepas dari bagaimana jalan cerita yang mereka hadirkan berhasil menghipnotis para penonton.

Dengan menggunakan sifat masing-masing tokoh membuat suasana di anime ini begitu terlihat. Beberapa misteri yang dipecahkan juga terbilang agak sulit dan gampang. Kalian bisa memecahkan misteri tersebut jika mengamatinya dengan seksama.

Hyouka. Secara literal, arti dari kanji yang menyusun judul anime ini berarti “es buah” (氷 = koori, es; 菓 = kudamono, buah). Tapi, artinya secara umum adalah: es krim. Sebenernya, kata – kata di atas gak ada nyambung-nyambungnya dengan jalan cerita secara keseluruhan.

Semua hal mengenai Hyouka akan kami ulas pada review kali ini. Jadi yuk kita mulai reviewnya.


Detal Anime:

Judul Anime

JudulHyouka
Jepang氷菓
LainnyaHyou-ka, Hyouka: You cant escape, Hyou-ka: You cant escape, Hyoka

Detail

TipeTV
StatusSelesai Tayang
Musim PerdanaSpring 2012
Tayang23 Apr 2012 – 17 Sep 2012
Total Episode22
Durasi25 menit
RatingRemaja
GenreMystery, School, Slice of Life
StudioKyoto Animation
Lisensi
ProduserLantis, Kadokawa Shoten, KlockWorx, chara-ani.com, Animation Do
Website
Skor8.58

Sinopsis:

Cerita bermula ketika Oreki Houtarou memasuki masa SMA. Dia sendiri memiliki prinsip untuk tak menyiakan energi yang ia punya untuk sesutu hal yang tak berguna bagi dirinya dan orang lain. Ketika ia masuk di SMA, ia tak ingin masuk ke Klub manapun, namun karena surat dari kakaknya ia terpaksa masuk ke sebuah klub bernama Klub Sastra Klasik. Oreki harus menyetujui permintaan itu jika tak ingin babak belur oleh kakaknya.

Pada suatu ketika, Oreki ingin mengunjungi tempat klub tersebut, namun disana ia bertemu dengan Chitanda Eru yang merupakan gadis cantik keturunan keluarga Chitanda. Ternyata Chitanda merupakan anggota baru di klub tersebut.

Melihat hal itu, Oreki ingin keluar namun ia tak jadi karena Chitanda tiba-tiba merasa penasaran mengenai kenapa dirinya bisa dikuncik dari luar. Oreki pun berusaha untuk memecahkan misteri tersebut dan akhirnya ia tak jadi keluar dari Klub Sastra Klasik.


PV


Jalan Cerita:

Anime ini menceritakan tentang seorang siswa pemalas yang tak ingin mengikuti kegiatan klub. Sebenarnya ia malas mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sekolah,akan tetapi akhirnya terpaksa bergabung dengan klub Classic Literature (Kotenbu) atas permintaan kakak perempuannya, Oreki Tomoe.
 

Mottonya ”Aku tidak melakukan hal yang tak ingin kulakukan dan jika haus melakukanya aku harus melakukanya dengan cepat”.

Di Klub Sastra ini Oreki bertemu dengan seorang gadis bernama Chitanda Eru, seorang gadis yang mempunyai keingintahuan sangat tinggi,sehingga membuat Oreki kewalahan untuk menolak setiap permintaan dari Chitanda tersebut. Kemudian klub sastra mendapatkan anggota lagi yaitu Satoshi teman akrab Oreki dan Mayaka cewek yang naksir kepada Satoshi.

Oreki Houtaro yang pemalas ini sebenarnya berotak jenius dan mempunyai daya analisa yang hebat. Bisa dibilang Oreki mempunyai kemampuan dasar yang dimiliki para detektif profesional. Hal ini membuat terkejut Chitanda karena ternyata ia bisa memecahkan masalah atau kasus dengan mudah. Kasus pertama adalah terkuncinya pintu Klub Sastra.

Setalah kejadian itu ,kejadian misteri atau ke kasus yang ada disekolah Chitanda sealu meminta Oreki Houtaro untuk memecahkan masalahnya,dia tidak akan puas jika kasus tersebut selesai.Oreki tak kuasa membendung rasa keingintahuan Chitanda, yah mau bagaimana lagi si Chitanda ini selalu memohon dengan mendekati wajah Oreki dengan sangat dekat, sehingga membuat Oreki salah tingkah.

Pada dasarnya, Kasus yang dipecahkan oleh Oreki bukanlah kasus yang begitu besar seperti pembunuhan atau perampokan. ia sendiri lebih sering memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekolahnya. Ia juga telah memecahkan misteri Sekitani Jun (Paman Chitanda). Kasus besar lainnya adalah misteri pencurian di Festival Kanya dengan meninggalkan secarik kertas bertuliskan “Juumonji”

Cerita yang mereka usung begitu oke banget dan terlihat kualitasnya. Tentu saja anime ini populer karena mengangkat tema cerita yang begitu luar biasa.


Karakter:

[Oreki Houtarou]
Salah satu tokoh utama di anime ini memliki sifat yang sangat pemalas. Bisa dibilang ia tak ingin melakukan sesuatu hal yang membuang energi karena mottonya adalah  “Jika kau tidak ingin melakukannya, tidak usah dilakukan. Tapi jika kau ingin melakukannya, lakukan dengan cepat”. Namun sifat malasnya juga mendatangkan berkah karena di mampu untuk memecahkan masalah yang ada seperti halnya detektif profesional.
[Chitanda Eru]
Gadis cantik nan manis ini merupakan salah satu putri dari keluarga Chitanda yang merupakan pemiliki kebun terbesar di Kamiyama. Selain itu, Chitanda juga mampu untuk memaksa Oreki melakukan hal yang cukup merepotkan. Alasan ia bergabung dengan klub Sastra Klasik adalah ingin mengetahui misteri dibalik pamannya. Hal itu ia berhasil pecahkan ketika dirinya berada di klub tersebut.
[Fukube Satoshi] 
Tokoh ini merupakan salah satu teman masa kecil dari Oreki. Ia memiliki sifa yang begitu ceria dan sangat baik ke semua orang tanpa terkecuali. Selain itu, ia memiliki kemampuan untuk mengetahui sesuatu dan menamai dirinya sebagai Database. Selain itu, dirinya juga penyedia Data untuk Oreki ketika ingin memecahkan masalah.
[Ibara Mayaka]
Ibara sendiri merupakan tokoh yang menyukai Satoshi. Ia bergabung dengan Klub Sastra Klasik karena melihat kemampuan Oreki ketika memecahkan masalah. Selain itu, dirinya juga merupakan seorang penjaga perpustakaan.

Art:

KyoAni sendiri memberikan kesan grafis yang sudah sesuai dengan karakteristik mereka. Mereka mampu untuk memperlihatkan karakter yang begitu oke dan cantik.


Musik:

OP ke #1: “Yasashisa no Riyuu dari ChouCho, OP ke #2: “Mikansei Stride dari Saori Kodama, ED ke #1: “Madoromi no Yakusoku dsri Satomi Satou & Ai Kayano , dan ED ke #2: “Kimi ni Matsuwaru Mystery by Satomi Satou & Ai Kayano.

Semua musik yang ada di anime ini begiu indah banget loh. Dengan saura indah masing-masing penyanyinya membuat suasan hati kita tetap tenang.


Nah sahabat Kosongan itulah review kami terhadap anime Hyouka. Jangan lupa kalian bisa membaca ringkasan kali ini pada kolom review dibawah. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.