Kosongan – Selamat malam untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit review kepada anime yang bisa dibilang menjadi salah satu favorit saya yakni, Hinamatsuri.

Bagi kalian yang tidak tau, Hinamatsuri adalah judul manga yang diciptakan oleh Masao Otake yang mulai terbit sejak tahun 2010. Berbagai aksi komedi dari ini berhasil disuguhkan dengan maksimal banget.

Alur serta plot yang merek tampilkan akan penuh dengan hal menarik. Selain itu, anime ini cukup membingungkan mengenai siapa sih karkater utamanya. Untuk itu kami akan bahas semua hal mengenai anime ini.


Detail Anime:

Judul Anime

JudulHinamatsuri
Jepangヒナまつり
LainnyaHina Festival, Hina Matsuri

Detail

TipeTV
StatusSelesai Tayang
Musim PerdanaSpring 2018
Tayang06 Apr 2018 – 22 Jun 2018
Total Episode12
Durasi24 menit
RatingRemaja
GenreSci-Fi, Slice of Life, Comedy, Supernatural
StudioFeel
LisensiFUNimation
ProduserMagic Capsule, Nippon Columbia
Websitehina-matsuri.net
Skor8

Sinopsis:

Anime ini menceritakan tentang Nitta yang dimana dirinya seabgai anggota dari Yakuza dan telah mengumpulkan banyak sekali uang. Dan dirinya juga bebas untuk melakukan sesuatu. Namun, hal itu berubah ketika ada seorang gadis bernama Hina dimana dirinya memiliki kekuatan supernatural yang muncul secara mendadak di apartemennya dan memaksa tinggal di daerah tersebut.

Nitta pun tak punya pilihan lain kecuali mengurus Hina yang dimana Hina juga merupakan orang bodoh ketika menghindari sebuah masalah.


PV


Jalan Cerita:

Anime ini sendiri memiliki sebuah cerita yang bia dikatakan sangat bagus dan menyampaikan beragan pesan serta makna hidup yang membuat emosi penonton serasa di permainkan, baik dari emosi atau perasaan. Selain itu anime ini juga memberikan daya jual kemodi yang bisa dibilang sudah sangat sesuai dan sederhana. Dan hasil eksekusi dari anime ini juga begitu oke.

Anime ini juga tidak hanya memfokuskan cerita terhadap dua karakter saja, namun mereka juga memberikan porsi untuk masing-masing karkater lainnya dngan cara memperkenalkan latar belakang serta sifat mereka yang tidak membuat penonton menjadi bosan.

Karena masing-masing tokoh menawarkan jenis lelucon mereka sendiri, mulai dari yang terlihat jelas seperti Hina dengan tingkah lakunya yang bodoh hingga yang lebih samar semisal Hitomi dengan nasib malangnya yang entah mengapa selalu mendadak harus melakukan pekerjaan yang tidak dia harapkan, komedi anime ini sangat kaya akan variasi.

Dan berkat perencanaan serta pengaturan yang cermat nan rapi atas variasi tersebut di setiap episode, dia juga kemudian berhasil menjaga agar komedinya senantiasa terasa segar sampai ke akhir serial.

Lebih hebatnya lagi, anime ini ternyata bahkan mampu sesekali menyelingi komedi tadi dengan kisah-kisah drama mengharukan drama yang bukan cuma efektif, tetapi juga tidak pernah menjadikan anime ini terkesan seolah keluar dari jalur yang seharusnya meski dia muncul secara tiba-tiba di tengah-tengah lautan lelucon.


Karakter:

Beragam karakter di anime ini adalah hal yang patut di apresiasi karena mereka memiliki waktu kemunculan yang seimbang sehingga menuntut mereka untuk bisa menyampaikan latar belakang para karakter melalui jalan cerita yang disajikan.

Karakter yang ada di anime ini sendiri memiliki berabgai keunikan yang mampu membuat aura di anime ini menjadi naik. Selain itu, mereka juga bisa saling mendukung satu sama lain dan menyajikan sebuah cerita komedi yang begitu oke.

Anime ini tampaknya sangat cermat memperhatikan hubungan di antara para tokohnya. Tidak asal-asalan dihadirkan dengan dalih yang bodoh atau dibuat-buat, setiap tokoh selalu punya alasan yang masuk akal untuk terlibat dengan tokoh yang lain.

Alhasil, bukan hanya menjadi sumber komedi yang baik berkat jenis lelucon mereka yang bervariasi, kemunculan tokoh-tokoh tersebut pun senantiasa terasa alami, bahkan termasuk pula para tokoh yang baru muncul di episode-episode belakangan. Mereka bergabung ke dalam cerita dengan begitu mudah, seolah-olah semenjak awal mereka memang sudah merupakan bagian dari cerita.

Dan jika dia mampu terus memasukkan tokoh-tokoh baru seperti ini, yaitu tanpa harus menyingkirkan tokoh-tokoh yang sudah lebih dahulu ada, dengan variasi komedi yang selalu bertambah, semakin lama anime ini hanya akan menjadi semakin bagus.


Art:

Desain dari anime ini bisa dibilang sangat menarik untuk disimak. Beberapak karakter juga diperlihatkan memikiliki desain yang sangat pas dan simpel, namun hal itu menjadikan anime ini memiliki suatu cirik has yang tak melebih-lebihkan desain kakraternya. Selain itu mereka juga menghadirkan rangka sebuah desain yang begitu apik. Tapi bukan tanpa alasan hal tersebut dilakukan karena hal tersebut dalam rangka untuk mendukung komedi yang baik. animasi di anime ini terlihat halus dan memanjakan mata.

Animasinya yang cukup halus memang menyenangkan untuk dilihat, tetapi keunggulan utama dari audio visual di anime ini sesungguhnya terletak pada kemampuannya dalam menyajikan komedi secara efektif.

Bagian visualnya berperan besar untuk komedi yang ekspresif, seperti ketika dia hendak menampilkan slapsticks atau sekadar wajah-wajah bodoh para tokohnya. Sementara untuk komedi yang mengacu kepada kepribadian tokoh-tokoh tersebut, dialog yang ditulis dengan pandai dapat segera menunjukkan kepada penonton wujud bagaimana kepribadian mereka itu merupakan sesuatu yang jenaka.


Musik:

Secara visual, opening saya kira bagus meskipun sedikit mengandung spoiler bagi yang pertama melihat. Lagu opening juga lumayan enak, dinyanyikan oleh seiyuu-nya Anzu sendiri, Murakawa Rie.

Tema endingnya cukup terlupakan, dan saya tak paham kenapa ada insert song bernada ballad nan sedih di episode akhir. Performa pengisi suara saya rasa sudah baik, meskipun ada yang masih baru memulai karir seperti voice actress-nya Hina.

Jika kamu menikmati Hinamatsuri dari sisi slice-of-life dan komedi yang di luar nalar, Nichijou mungkin bisa saya rekomendasikan untuk ditonton.

Jika kamu ingin mencari setting komedi yang mirip dengan Hinamatsuri, Saiki Kusuo no Psi-nan adalah saran terbaik saya.

Jika komedi dengan momen emosional adalah yang kamu senangi dari Hinamatsuri, bisa jadi Barakamon adalah rekomendasi yang lebih baik.

Selain itu mereka mampu memberikan k.esan yang luar biasa banget


Nah sahabat Kosongan itulah review untuk anime Hinamatsuri. Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.