Kosongan – Selamat malam untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit revieew kepada anime buatan Kyoto Animation yakni, Hibike Euphonium.

Bagi kalian yang tidak tau, Hibike Euphonium merupakan seri yang menampilkan sebuah klub orkestra yang tentunya kalian akan melihat dasar-dasar dari anime ini. Selain itu, plot cerita yang mereka tampilkan tidak begitu monoton sama sekali.

Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat pada review kali ini.

 


Detail Anime:

Judul Anime

JudulHibike! Euphonium
Jepang響け!ユーフォニアム
InggrisSound! Euphonium

Detail

TipeTV
StatusSelesai Tayang
Musim PerdanaSpring 2015
Tayang08 Apr 2015 – 01 Jul 2015
Total Episode13
Durasi23 menit
RatingRemaja
GenreDrama, Music, School
StudioKyoto Animation
LisensiPonycan USA
ProduserLantis, Pony Canyon, Rakuonsha
Websiteanime-eupho.com
Skor8

Sinopsis:

Anime ini menceritakan tentang Klub Musik Kitauji yang dimana dulunya tim ini adalah satu tim terkenal dan sering menjuarai turnamen tingakt Nasional. Namun, ketika pergantian pembimbing, tim ini pun menurun kualitasnya. Bahkan saat kualifikasi mereka sangat sulit untuk lolos.

Namun, berkat intruksi dan strategi dari pensehat baru, klub ini mulai menignkatkan kembali kemampuannya. Dan kegiatan mereka seperti latihan ters berjalan walaupun terdapat berbagai rintangan yang mereka hadapi, seperti masalah pribadi, hingga beerhentinya mereka di klub.


PV


Jalan Cerita:

Anime ini menyajikan ceritanya dengan sangat baik. Sisi tentang perjalanan Suibu menuju kompetisi tingkat nasional dan sisi tentang hubungan di antara para tokohnya secara individu berhasil disatukan dengan sempurna. Keduanya berjalan secara beriringan sehingga tidak pernah ada satu pun episode yang seolah tersia-siakan.

Sisi yang mana pun yang tengah dibahas, cerita anime ini tetap terasa bergerak maju dalam laju yang konstan. Dan, meski bukan termasuk fitur utama, bagian komedi juga mampu menjadi bumbu tambahan yang semakin melengkapi anime ini.

Timing kemunculannya selalu tepat sehingga tidak terkesan dipaksakan, dan kadarnya pun tidak pernah sampai berlebihan. Tidak banyak yang bisa dikatakan mengenai storytelling di anime ini, kecuali bahwa dia adalah salah satu yang paling nyaman untuk diikuti.

Jika ada yang perlu sedikit diberi kritikan, terdapat saat-saat ketika anime ini mendadak memotong pertunjukan musiknya.

Mengingat batasan durasi dan jumlah episode, sebenarnya hal ini dapat dimaklumi, namun layaknya menyaksikan seorang penyanyi yang baru saja mulai bernyanyi lalu tiba-tiba saja menghilang dari panggung, bagaimanapun juga dia tentu akan meninggalkan penonton dalam momen yang canggung.


Karakter:

    • Kumiko Ōmae ( 黄前 久美子 Ōmae Kumiko 

      Kumiko sendiri merupakan tokoh utama yang ada di seri ini. Ia sangat mudah untuk mengutarakan apa yang ada dipikirannya dan mampu untuk merubah pikirannya dalam waktu singkat saja. Namun, ketika dirinya tak ingin memainkan Euphonium lagi, Aoi pun mencoba untuk membujuk dan berbiacara kepada Kumiko dan Asuka. Dan dirinya pun mencoba untuk memainakn Euphonium lagi.

      • Hazuki Katō ( 加藤 葉月 Katō Hazuki )

      Teman Kumiko yang satu ini merupakan orang yang sangat energik dan ingin sekali memainkan alat musik terompet bernama Tuba yang pada awalnya hal itu merupakan rayuan dari Asuka-san, dan dirinya juga merupakan seorang pemula di Musik.

    •  
      • Sapphire Kawashima ( 川島 緑輝 Kawashima Safaia ) / Midori ( 緑 )

      Teman Kumiko ini merupakan salah satu pemain Controbass dan dirinya menamai alat musiknya bernama George serta dirinya juga sangat malu jika dipanggil Sapphire dan dirinya meminta kepada teman-temannya untuk memanggil ia dengan Midori.

      • Reina Kōsaka ( 高坂 麗奈 Kōsaka Reina )

      Teman Kumiko di Consert Bass pada SMP ini ternyata satu sekolah engannya. Dan ia mencoba bergabung ke klub karena ajakan dari Asuka senpai. Ia memiliki sifat yang cukup pemalu loh.

      • Asuka Tanaka ( 田中 あすか Tanaka Asuka )

      Wakil Ketua dari concert band di SMA Kitauji ini memiliki Euphonium dan pemimpin dari bagian Bass. Ia memiliki perawakan yang sangat cantik dan berkacamata serta selalu membuat orang ketawa ketika berada di dekatnya.

      • Haruka Ogasawara ( 小笠原 晴香 Ogasawara Haruka )

      Ketua Cnocert Band SMA Kitauji ini memiliki alat bernama Saxophone dan sebagai pemimpin pada bagian Sax. Ia memiliki pemikiran yang dibilang sangat kuat dan mampu menjadi ketua yang baik di klubnya.

      • Kaori Nakaseko ( 中世古 香織 Nakaseko Kaori )

      Dia sendiri merupakan pemain torempot dan memimpin bagian dari Teromep. Ia memiliki sifat yang sangat lemah lembut dan cukup terkenal di bagian concert band klub SMA Kitauji.

      • Shūichi Tsukamoto ( 塚本 秀一 Tsukamoto Shūichi )

      Teman masa kecil dari Kumiko yang satu ini memainkan alat musik bernama Trombone. Ia mengetahui masalah yang dihadapi oleh para anak kelas dua yang tak mau bermain bersama dengan para anak kelas tiga serta dirinya juga yang memberitahukan hal itu kepada Kumiko.


Art:

Animasi di anime ini menunjukkan ketelitian yang luar biasa dengan memberikan perhatian terhadap detil yang paling kecil. Dia bahkan memperlihatkan gerakan-gerakan yang sederhana nan sepele, seperti ketika para tokohnya mengambil napas di antara nada-nada yang mereka tiupkan.

Sesungguhnya tidak ada seorang pun yang akan mengeluh meski seandainya hal-hal semacam ini diabaikan, maka kenyataan bahwa anime ini mau bersusah payah menghadirkannya adalah sebuah komitmen untuk menyajikan hasil terbaik yang patut mendapat pujian.

Dan sebagai cerita dengan tema musik, audio di anime ini juga memperlakukan setiap nada yang dimainkan dengan sepantasnya. Bunyinya begitu jelas hingga meskipun tidak terlalu paham tentang musik, penonton serasa tetap mampu membedakan antara nada yang baik dan nada yang tidak cukup baik.

Atau apakah mungkin hal ini hanya merupakan sugesti? Bahwa karena salah seorang tokoh di anime ini menyebutnya bagus, tanpa sadar penonton juga kemudian langsung setuju? Entahlah. Namun yang pasti, sewaktu Kousaka Reina memainkan pertunjukan solonya, dia terdengar sangat istimewa.


Musik:

Untuk musiknya sendiri, anime ini megnhdarikan lagu yang indah dengan menampilkan instrumen orkestra. Tentu saja hal itu menjadi daya tarik dari anime ini. And simpel aja sih, karena mereka berhasil menyesuaikan lagu dengan tema mereka.


Nah sahabat Kosongan itulah review untuk anime Hibike Euphonium. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.