Kosongan – Selamat siang untuk semua sahabat Kosongan. Pada cuaca yang cukup panas ini saya akan memberikan review kepada anime yang bisa dibilang cukup populer yakni, Hanasaku Iroha.

Bagi kamu yang tidak tau, Hanasaku Iroha memfokuskan diri terhadap kisah Ohana yang bekerja di sebuah penginapan milik neneknya. Tentu saja akan banyak konflik yang terjadi di anime ini.

Biar kalian tidak penasaran mengenai animenya, maka dari itu simak baik-baik review kali ini. Tanpa membuang waktu lama-lama yuk kita mulai reviewnya.


Detail Anime:

Judul:花咲くいろは ~Hanasaku Iroha~/Warna Bunga Mekar
Episode:26 (3 April 11-25 Sept 11)
Genres:Slice of Life, Comedy, Drama, School,
Producers:P.A. Works
Rating:8.05 MAL

 


Sinopsis:

Anime ini menceritakan tentang Ohana yang dimana ia diminta untuk tinggal bersama neneknya di sebuah kota kecil bernama Yunosagi. Disana, neneknya memiliki sebuah penginapan air panas (Onsen) bernama Kissui. Ohana sendiri dikirim kesana sebagai penerus dan neneknya melatih dirinya.

Namun duggan tersebut salah, neneknya ternyata seseorang yang sangat keras dan menjadikan Ohana sebagai pekerja disana. Pada awalnya Ohana tak menyukai neneknya tersebut, namun lama kelamaan ia mulai merasa senang ketika tinggal disana. Disana dirinya menemukan arti cinta dan berbagai hal lainnya.


Jalan Cerita:

Anime ini sebenarnya memperlihatkan sebuah saat dimana ketika Ohana menginkan peran dari Ibu, dan dirinya tak bisa mendapatkannya. Semua perhatian yang diberikan oleh Satsuki tak pernah ditunjukkan untuk Ohana karena Satsuki seperti memiliki sebuah kehidupan sendiri, pekerjaan, dna pacar. Melihat hal itu, dirinya tak segan-segan untuk mengirim Ohana ke Kissou.

Ohana dan Ibunya sendiri harus berpisah karena rumah mereka disital oleh pihak Rentenir karena pacar Satsuki tidak sengaja menjadikan rumah tersebut sebagai Jaminan dan mereka harus berpisah-pisah.

Seperti seorang cucu pada umumnya, Ohana berharap bahwa neneknya tersebut akan menyayangi dirinya. Tapi nyatanya, sang nenek memiliki kedisiplinan yang sangat tegas oleh ibunya sendiri.

Dipenginapa tersebut, Ohana dipaksa untuk bekerja dengan sangat keras dan tak memiliki hubungan antara Nenek dan Cucu. Ketika berada disini, Ohana belajar artik dari menjadi diri sendiri dan bagaimana cara mereka menghadapi kehidupan. Dan bagaimana cara mereka agar bisa tak bergantung kepada orang lain.

Beberapa hal yang sempat ia pelajari dari mamanya adalah “Jangan pernah percaya pada orang lain, Walau itu adalah keluargamu sendiri:. Ucapan tersebut menjawab kemarahan dari Ohana karena tak datang ke pertemuan murid.

Alur tersebut memiliki banyak sekali konflik yan tak bisa diceritakan secara langsung.


Karakter:

  • Ohana Matsumae

Ohana adalah seorang gadis remaja berumur 16 tahun dan merupakan protagonis utama dari Hanasaku Iroha. Ia dititipkan oleh ibunya kepada neneknya karena ibunya melarikan diri bersama teman lelakinya.

Ketika dirinya tinggal disana ia bekerja sebagai imbalan atas tinggal sementara di penginapan. Sifatnya sendiri begitu optimis ceria namun karena keras kepala. Ia sendiri memiliki kepandaian ketika memasak karena telah memulai sejak TK

  • Minko Tsurugi

Minko sendiri adalah penghuni tetap dari Kissou. Disana ia bekerja sebagai asisten koki. Karena memiliki sifat dingin. ia sering kali menutup sifatnya dan perasaan kepada orang lain.

Minko sendiri terkesan tak menyukai Ohana sejak pertama mereka bertemu. Meskipun seiring waktu mereka jadi dekat. Minko sendiri melarikan diri dari rumah karena bertengkar dengan orang tuanya. Ia tiba di Kissou dan menjadi asisten koki

  • Nako Oshimizu

Nako Oshimizu merupakan pegawai paruh waktu disana. Ia berusia 16 tahun. nako memiliki sfat yang sangat pemalu dan sering takut bergaul dengan orang lain. Namun ketika dirinya berada di rumah, ia sering menjadi pengasuh untuk ketiga adiknya.

Sebelum Ohana datang, ia berteman dengan Minko dan memberikan nama panggilan Min-chi kepadanya.

Ohana sendiri begitu dekat dengan Nako karena sering mengajarinya cara menjadi pelayan yang baik.

  • Yuina Wakura

Yuina sendiri merupakan gadis cantik berumur 16 tahun dan merupakan teman masa kecil dari Ohana serta Minko. Yuina juga merupakan pewaris dari penginapan Fukuya diwilayah Yunosagi.

Yuina sendiri memiliki sfat yang sangat periang dan terkenal di sekolah terutama dikalangan laki-laki. Ia selalu tersenyum di setiap waktu dan kesempatan. Yuina sendiri sebenarnya dihadapkan antara menjadi seorang penerus atau mengejar impiannya.

  • Kōichi Tanemura

Koichi merupakan teman dekat dari Ohana. Ia berusia 16 tahun dan bersekolah sama dengan Ohana ketika berada di Tokyo. Ohana memanggil Ko-chan. Sebelum Ohana pergi, Koichi sempat mengutarakan perasaannya kepada Ohana namun dirinya meninggalkan ia karena takut mendengar jabawan dari Ohana.

Setelah kepindahan Ohana, ia berkomunikasi melalui telepon dan sering menyemangati Ohana ketika merasa sedih. Setelah dirinya ditinggalkan oleh Ohana, ia mulai menyesuaikan diri terhadap disekitarnya dan dia memutuskan untuk mengikuti Ohana ke Kissou.

Dan beberapa karakter lainnya.


Art:

Dibuat oleh studio P.A. Works yang berhasil menampilkan kualitas grafik yang indah banget. Pergerakan dari karakternya juga bisa dibilang cukup halus dan tak terlihat sama sekali.


Musik:

Sebuah musik selingan berjudul Patricia oleh Nano Ripe ini digunakan sebagai video prmosial dan singlenya sendiri dirilis pada 22 September 2010 oleh Lantis. Video Promosi tersebut juga menggunakan judul selingan Yumeji yang dinyanyikan oleh Nano Ripe yang dimana rilis bersamaan dengan single Patricia.

Untuk 13 episode pertama mereka, lagu pembukanya berjudul Hana no Iro (Bunga yang Berwarna) oleh Nano Ripe dan endingnya berjudul Hazy oleh Sphere. Ketika memasuki episode ke 14 sampai 26, lagu tema mereka diubah menjadi Omokage Warp oleh Nano Ripe

Dan lagu penutupnya sendiri berjudul hanasaku Iroha yang dinyayikan oleh Clammbon. Nano Ripe juga menyanyikan beberapa lagi tema penutup lainnya seperti “Tsukikage to Buranko” (月影とブランコ, “Cahaya Bulan dan Blanco”) untuk 6, “Yumeji” (夢路) untuk episode 8 dan 26, “Saibō Kioku” (細胞キオク, “Memori Sel”) untuk episode 11, dan “High Leap” (ハイリープ, “Lompatan Tinggi”) untuk episode 22.


Nah sahabat Kosongan itulah review untuk anime Hanasaku Iroha. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.