Kosongan – Selamat malam untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit review terhadap anime yang bisa dibilang cukup terkenal saat perilisanya yakni, Gekkan Shoujo Nozaki-kun.

Bagi kamu yang tidak tahu, Gekkan Shoujo Nozaki-kun merupakan anime yang memiliki kualitas cerita luar biasa dan memfokuskan diri terhadap kisah komedi di lingkup rumah ataupun sekolah.

Biar kalian tidak penasaran yuk kita simak berikut ini mengenai reviewnya.


Detail Anime:

Judul Anime

JudulGekkan Shoujo Nozaki-kun
Jepang月刊少女野崎くん
InggrisMonthly Girls’ Nozaki-kun
LainnyaKomikus Shojo Nozaki

Detail

TipeTV
StatusSelesai Tayang
Musim PerdanaSummer 2014
Tayang07 Jul 2014 – 22 Sep 2014
Total Episode12
Durasi24 menit
RatingRemaja
GenreComedy, Romance, School, Shounen
StudioDoga Kobo
LisensiSentai Filmworks
ProduserTV Tokyo, Frontier Works, Media Factory, AT-X, Sony Music Communications
Website
Skor8.8

Sinopsis:

Anime ini menceritakan tentang Sakura Chiyo, seorang siswa perempuan kelas 2 di SMA Roman yang menyatakan perasaannya kepada Nozaki Umetarou yang merupakan siswa pria di kelas 2 SMA Roman dengan bada besar.

Ketika dirinya menyatakan perasaannya, Chiyo malah mendapatkan sebuah tanda tangan karena Nozaki mengira bahwa Sakura merupakan fansnya.

Pada akhirnya mereka menjalani kehidupan seperti biasanya dan Sakura harus menjadi asisten Nozaki dibagian beta.


Jalan Cerita:

Jika kalian mengikuti perkembangan dari anime ini, tentu saja paham dengan sebuah tema percintaan yang tak terbalaskan di sebuah sekolah dan tema ini pada umumnya sering diangkat menjadi anime, dan terkhusus pada anime Shoujo.

Saya rasa sudah tak terhitung berapa jumlah anime yang mengangkat tema klasik ini sebagai cerita di animenya. Mereka juga cenderung memfokuskan diri terhadap kisah cinta di sebuah sekolah atau cinta teman masa kecil atau sebuah cinta yang telah dijanjikan ketika mereka lakukan saat dulu.

Gekkan Shoujo Nozaki-kun menghadirkan sesuatu yang berbeda dari anime sekolah pada umumnya. Mereka cenderung mengambil latar cerita diantara sang mangaka dan asisten yang masih remaja.

Tapi, Perkembangan ceritanya pun tidak mentok hanya di kehidupan sehari – hari kedua tokoh utamanya saja, tapi juga meluas di kehidupan sehari – hari tokoh – tokoh pendukung yang selalu berhubungan dengan profesi mangaka Nozaki.

Bukan hanya itu, mereka mampu untuk menjaga kualitas cerita dengan konsistensi hingga akhir episode. Meski terkadang ada episode yang bagus dan tidak bagus, tidak ada penurunan kualitas yang signifikan dari setiap episodenya, sehingga penonton tidak akan kehilangan mood menonton karena terjadinya ketidakjelasan atau kekacauan jalan cerita di tengah menuju akhir.

Selain itu, adaptasi yang dilakukan oleh Doga Kobo juga sangat bagus dan rapih. Mereka mampu untuk menempatkan panel ke dalam manga aslinya dan alur cerita mereka dapat dilihat secara halus.

Lawakan di anime ini bisa dibilang sudah begitu oke banget. Namun yang membedakan anime ini dengan yang lain adalah mereka mampu memunculkan sebuah komedi yang bisa membuat kalian tertawa.

Cerita yang mereka langsungkan juga terlihat dari berbagai scene dan memberikan ebuah set-up yang tak bisa diprediksi sebelumnya. Untuk itu, kalian pasti pernah berpikir bahwa di suatu anime yang memiliki latar belakang sekolahan pasti akan menghadirkan sebuah lawakan dari masing-masing karakter, dan tentu saja anime ini jgua begitu.


Karakter:

  • Nozaki

Nozaki siswa kelas 2 SMA, ia merupakan seniman Manga, yang manga-nya selalu terbit tiap bulan, kalian tau sebelum bergelut di dunia Manga ia merupakan pemain basket sewaktu SMP(makanya badannya gede >_<).

Dia memiliki karakter yang blak-blakan, pandai memasak, melakukan apa saja demi temannya yg akan membantunya dlam menyelesaikan manganya (seperti Wakamatsu), kalo menurut saya sih, dia kurang peka, walaupun di manganya ia bisa menggambarkan perasaan wanita, :3 kenapa?

Keliatan saat eps. 1 si Sakura nembak Nozaki mala dikasih tanda tangan, dan ia taat pada peraturan (conthnya pda eps. 1 ia selalu menaati pembuatan manga, bahkan tata tertib lalu lintas juga di bawa2). Dan pengisi suaranya yaitu Nakamura Yuuichi.

  • Sakura Chiyo

Gadis seumuran Nozaki dan juga menyukai Nozaki ini, memiliki karakter periang, selalu mengharapkan Nozaki, dan selalu berusaha untuk mendekati Nozaki. Sakura juga ikut membantu Nozaki untuk menyelesaikan manganya ia mengerjakan beta, Ia juga mengikuti Klub Seni.

  • Seo Yuzuki

Ia teman sekelas Sakura yang selalu dikejar2 oleh gurunya :p, ia juga membantu tim Basket untuk latihan, tetapi setiap kali latihan ia selalu melanggar peraturan dalam bermain basket (eps. 2 & 6) tetapi walaupun kasar ia merupaka Lorelei pada grup paduan suara di sekolahnya lho (>W<). Dan secara tidak langsung juga ia dekat dengan Wakamatsu.

  • Mikosiba Mikoto alias Mikorin

Cowok yang cukup populer di kalangan cewek di sekolah yg selalu mengatakan hal2 yang membuat cewek jatu hati padanya, tetapi sebenarnya ia merupakan orang yang pemalu,walaupun ia cukup keren ia juga mudah ditipu dan dimanfaatkan dengan memujinya.

  • Hori

Ia siswa kelas 3 yang juga membantu Nozaki dalam pembuatan majalahnya ia mengerjakan latar belakangnya.


Art:

Untuk segi art, Doga Kobo sudah berhasil mengeksekusinya dengan baik. Art-nya tidak bisa dibilang spektakuler tapi tidak bisa dibilang jelek juga. Kata yang pas adalah cocok.

Art dan penuansaan yang digambarkan di anime ini cocok dengan alur cerita dan genrenya, tanpa perlu adanya permainan CG dan 3D yang berlebihan. Meskipun begitu, Doga Kobo berhasil membuat beberapa detil dari setiap scene dengan sangat baik.


OST:

Gekkan Shoujo pun bisa dikatakan memiliki sound dan music yang memuaskan. Opening yang jenaka, dan ending yang cheerful berhasil menggambarkan isi dari anime ini. Soundtrack yang mengiringi setiap scene pun indah dan jenaka pula.

Komposernya berhasil membuat soundtrack yang cocok dengan anime ini, terutama soundtrack terakhir di episode terakhir. Soundtrack tersebut sangat bagus dan membuat saya ketagihan mendengarnya.


Nah sahabat Animers itulah review untuk anime Gekkan Shoujo Nozaki-kun. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.