Kosongan – Selamat malam untuk semua sahabt Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review kepada anime yang bisa dikatakan sebagai anime terbaik sepanjang masa. Apalagi kalau bukan Fullmetal Alchemist brotherhood.

FMAB sendiri merupakan anime yang sampai saat ini masih memuncaki ranking satu di MAl sebagai anime terbaik sepanjang masa, namun sekitar 2 tahun lalu tergeser oleh Kimi no Nawa. Namun ia kembali ke top 1 beberapa hari selanjutnya.

FMAB sendiri dinobatkan sebagai anime terbaik karena jalan cerita yang mereka hadirkan begitu oke banget. Mulai dari konflik hinggal penyelesaian masalahnya.

Semua hal tentang itu akan kami bahas pada review kali ini. Jadi biar kalian nggak penasaran yuk kita simak review kali ini.


Detail Anime:

  • Tanggal Rilis: Apr 5, 2009
  • Type: TV
  • Genre: Action, Military, Adventure, Comedy, Drama, Magic, Fantasy, Shounen
  • Durasi: 24 Menit per Eps
  • Episode: 64
  • Rating: 9.25
  • Sumber Cerita: Manga
  • Studio: Bones

PV


Sinopsis:

Anime ini menceritakan tentang Vico Edwarld Elric dan Alphonse Elric yang pada awalnya mereka hidup bahagia bersama orangtua mereka. Namun karena pekerjaan yang ia hadapi, ayahnya yang bernama Van Hohenheim harus pergi meninggalkan rumah dan membuat ED serta Al harus tinggal bersama ibunya yakni, Trisha Elric.

Trisha sendiri harus jatuh sakit karena mengurus kedua anaknya dan meninggal dunia. Melihat hal itu, Ed dan Al mencoba untuk menghidupkan kembali ibunya karena mereka berdua mewarisi bakat dari ayahnya.

Namun usaha yang mereka lakukan gagal. Dan sebagai gantinya, tubuh Ai serta kaki kiri Ed diambil sebagai bayaran masuk akibat transmutasi gagal tersebut. Melihat tubuh adiknya sudah tak ada, Ed pun mencoba untuk menyelamatkan adiknya dengan mengorbankan tangan kanannya..

Ketika ia ada di tengah sebuah keputusasaan. Ed mendapatkan sebuah tawaran untuk menjadi Alchemist Kerajaan (State Alchemist). Melihat keuntungan yang ia dapat, ia pun menerima tawaran tersebut.

Untuk memudahkan pekerjaannya, tangan serta kaki Ed diganti melalui Automail. Dan Ed pun mengikuti sebuah tes untuk menjadi Alchemist dan mendapatkan sebuah julukan sebagai Fullmetal Alchemist. Bersama dengan adiknya ia pun memulai petualangan untuk mengembalikan tubuh mereka.

Melalui petualangan mereka, mereka bahkan menemukan sebuah fakta bahwa kekuatan militer bekerja sama dengan Homunculus untuk menghancurkan Amestris. Homunculus tersebut rupanya diperintah oleh Ayah.

Pada dahulu kala, Homunculus sebenarnya berteman baik dengan Van Hohenheim. Namun suatu hari, raja dari Csekl Cess meminta kepada Hohenheim untuk menjadi abadi.

Ternyata, Homunculus berhasil menipu raja serta semua orang di Cselk Cess untuk membuat sebuah batu Filsuf (Philosopher Stones).

Untuk membalas budinya, Van Hohenheim diberikan hidup abadi melalui setengah dari batu bijak.

Dan yang setengah tersebut dipakai oleh Homunculus agar dirinya bisa menjadi Van Hohenheim.


Jalan Cerita:

Anime Fullmetal Alchemist sendiri bercerita tentang dua orang bersaudara, yaitu Edward Elrick dan Alphonse Elrick. Kedua bersaudara ini adalah anak seorang Alchemist yang hebat dan mereka juga terlihat berbakat sejak kecil.

Suatu hari ayah mereka melakukan perjalanan jauh dan lama tak kembali, sebagai akibatnya ibu mereka terpaksa harus menanggung beban keluarganya. Singkat cerita, karena ibu mereka memaksakan diri akhirnya ia jatuh sakit dan meninggal.

Sedih dengan meninggalnya ibu mereka, kedua bersaudara ini melakukan suatu hal yang tabu dalam dunia Alkemi yaitu menghidupkan manusia. Tujuan mereka awalnya adalah agar ibu mereka bisa hidup kembali, namun kenyataanya hal ini justru merenggut tubuh dari Alphonse Elrick serta membuat Edward kehilangan tangan dan kakinya.

Mereka berharap bahwa dengan batu Philosopher mereka dapat mengembalikan tubuh Alphonse yang hilang. Untuk memuluskan niat mereka ini, mereka pun mendaftar sebagai Alkemi negara.

Alkemi dalam dunia anime ini memiliki kedudukan dan posisi layaknya biro militer sehingga mereka memiliki akses informasi terhadap benda langka seperti batu Philosopher tersebut. Bagaimanakah kisah petualangan mereka? sanggupkah mereka mendapatkan Philosopher Stone itu? Ya, silahkan tonton sendiri.


Karakter:

  • Edward Elric

Karakter ini merupakan tokoh utama di Fullmetal Alchemist. Ed memiliki temperamental yang gampang emosi. Selain itu, Ed juga memiliki badan yang sangat pendek dan sering dipanggil Bocil.

Bukan hanya itu, Ed sering dianggap sebagai Adik dari Al karena tinggi mereka berdua. Mesikpun begitu ia sanga menyayangi adiknya tersebut. Ed juga membenci ayahnya karena ialah ibunya bisa meninggal.

  • Alphonse Elric

Al sendiri merupakan adik dari Ed. Al memiliki bentuk sebagai Zirah karena melakukan sebuah transmutasi terlarang dengan kakaknya yang menyebabkan tubuh adiknya menjadi hilang. Al memiliki sifat yang berbalik dengan sang kakak, ia memiliki sifat yang lembut dan selalu menahan amarah dari kakaknya.

Al sendiri merupakan seorang penyuka kucing.

  • Winry Rockbell

Winry sendiri merupakan teman masa kecil dari Ed dan Al. Mereka bertiga sangat dekat dan mereka berdua berbut mengenai siapa yang akan menikahi Winry. Winry sendiri memiliki orang tua yang merupakan seorang dokter dan bertugas untuk membantu di peran Ishvall.

Selain itu, orang tua Winry terbunuh ketika melalukan tugasnya. Dan dia harus tinggal bersama neneknya bernama Pinako Rockbell. Selain itu, Winry juga sangat pintar dalam mengutak-ngatik Automail.

  • Scar

Scar sendiri merupakan seorang Ishvar. Ia juga disebut sebagai penjahat di Fullmetall Alchemist, namun menjadi baik ketika bertemu dengan Ed. Scar sendiri memiliki ambisi untuk membalaskan dendam atas kematian kakaknya yang telah dihancurkan melalui perang tersebut.

  • Roy Mustang

Roy Mustang sendiri merupakan seorang Taisha dan juga alchemist. Julukannya adalah Flame Alchemist. Ia juga merupakan salah satu orang terkuat di Amestris. Ia juga masuk ke militer untuk melindungi negaranya tersebut. Ia juga punya seorang ajudan loh.

Dan beberapa karakter lainnya.


Art:

Dirilis pada tahun 2009 membuat seri ini menampilkan kualitas art yang cukup baik. Pergerakan dari karakternya yang halus serta adegan pertarungan yang luar biasa menambah daya tarik dari anime ini.


Musik:

Dengan berbagai opening serta ending yang luar biasa menambah daya tarik dari anime ini. Hentakan BGM dari anime ini begitu terasa banget loh. Jadi kalian tidak akan bosa mendengar lagu tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.