Kosongan – Selamat siang untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit review terhadap anime yang bisa dibilang cukup mengejutkan pada saat saya menontonnya. Anime tersebut berjudul Citrus.

Tentu saja awal pemikiran saya bahwa anime ini akan menyajikan sesuatu yang kecut seperti namanya. Namun siapa sangka bahwa mereka berhasil memberikan alur cerita yang manis namun dengan sedikit kepahitan didalamnya.

Biar kalian tidak penasaran yuk simak review berikut ini. Namun sebelum itu, yuk komen dibawah mengenai anime apa yang ingin kami review selanjutnya. Tanpa membuang waktu lama-lama, yuk kita mulai reviewnya.


Detail Anime:

Judul Anime

JudulCitrus
Jepang

Detail

TipeTV
StatusSelesai Tayang
Musim PerdanaWinter 2018
Tayang06 Jan 2018 – 24 Mar 2018
Total Episode12
Durasi23 menit
RatingDewasa
GenreDrama, Romance, School, Shoujo Ai
StudioPassione
LisensiFUNimation
ProduserLantis, Infinite, Ichijinsha
Websitecitrus-anime.com
Skor7.13

PV


Sinopsis:

Anime ini menceritakan tentang Yuzu Aihara yang harus pindah kesekolah baru karena ibunya telah menikah lagi. Sayangnya, sekolah baru Yuzu adalah sekolah khusus wanita yang ketat akan peraturan. Di hari pertamanya sekolah, dia tertangkap tangan membawa ponsel, salah satu benda yang dilarang masuk ke lingkungan sekolah.

Tidak terima, dia terlibat konfrontasi dengan sang ketua OSIS yang sangat tegas, Mei. Ketika pulang sekolah, tak disangka bahwa Mei adalah saudara tiri yang diberikan oleh ayah barunya.


Jalan Cerita:

Anime ini sepertinya tidak akan mirip dengan NTR: Netsuzou TRAp yang dimana episode pertama sudah langsung memberikan adegan hot. Di Citrus mereka mencoba membangun konflik dari awal hingga kelihatan rapi. Selain itu, mereka juga mengenalkan terlebih dahulu masing-masing karakter.

Yuzu juga memberikan karakterisasi yang sanga likeable. Walaupun ia seperti Gyaru, dia juga cukup polos. Sifatnya yang terbuka dan ekspresif membuatnya mudah mendapat hati di kalangan para penonton. Kontras dengan Yuzu adalah adik tirinya Mei.

Sifatnya yang terlalu dingin dan tegas akan membuatnya terasa menyebalkan, namun dibalik sifatnya terdapat sebuah permasalahan yang kompleks. Selain itu mereka coba membangun konflik dimana diepisode pertama hal itu sudah terbentuk secara langsung.

Namun sangat disayangkan karena kategori Yuri yang melekat di Citrus membuat seri ini susah untuk dinikmati oleh semua kalangan. Walaupun demikian, anime ini tetap menjadi seri yang bagus untuk kalian pecinta Shoujo Ai.

Jika berbicara mengenai anime Yuri, maka hal itu memanglah akan menjadi suatu magnet bagi pecinta Shoujo Ai. Namun beberapa orang akan menganggap anime ini tidak cocok untuk ditonton oleh umum. Yah pada dasarnya sih itu memang benar. Karena mereka lebih memfokuskan cerita ke hubungan mereka berdua.

Tapi satu hal yang saja pastikan, seri ini memanglah menarik untuk ditonton. Jika kalian telah membaca manganya, tentu saja kalian pasti tau ending dari manga-nya kan? Saya merasa bahwa ending yang mereka hadirkan di anime ini hanyalah permulaan untuk mencapai akhir yang bahagia.

Namun saya menyimpulkan bahwa anime ini kemungkinan besar akan mendapatkan season kedua-nya, tetap saja itu bergantung terhadap kepopulerannya di masa mendatang.

Secara overall sih, skor untuk bagian plot saya memberikan nilai yang agak besar. Hal itu dikarenakan mereka berhasil memberikan sedikit plot cerita yang memukau dengan efek romance Ai yang memukau. Namun tetap saja itu tidak bisa membuat anime ini mendapatkan skor sempurna.


Karakter:

Karakter yang coba mereka perlihatkan begitu kompleks dan konfilk mereka terlihat dengan sangat jelas dan menarik seluruh penonton iktu terbawa suasana dimana orang yang tak tertarik dengan Yuri akan langsung mencoba menontonya. Citurs juga bisa dikatakan sebagai alternatif pilihan jika kalian mencari anime drama. Namun kalian harus hati-hati karena anime ini akan terasa seperti halnya jeruk.

Detail Karakter:
  • Aihara Yuzu

Aihara Yuzu sendiri ditampilkan seperti Gal pada umumnya dan dia juga fashionable. Namun pada dasarnya ia hanyalah gadis polos dan mencoba untuk mendapatkan sebuah perhatian/ Padahal faktanya ia jgua tak pernah pacaran.

Ketika dirinya bertemu dengan Mei, ia cukup membenci dirinya dan tak menyadari bawah mereka bersaudara. Dan Mei juga secara tak terduga mengambil ciuman pertama Yuzu. Selain itu, Yuzu juga belum pernah melakukan hubungan yang menjerumus ke hal sex.

  • Aihara Mei

Mei adalah ketua OSIS di sekolah khusus wanita yang dimana sekolah itu adalah milik kakeknya dan guru disana. Dia jgua telah menegur YYuzu ketika membuat onar di sekolah karena tak menggunakan pakaian sesuai aturan pada hari pertamanya sekolah.

Namun siapa sangka bawah Mei adalah saudara tiri dari Yuzu. Mei sendiri memiliki kepribadian yang cukup pendiam, pintar, dan sempurna.


Art:

Bukan hanya itu, Citrus juga memiliki beberapa visual yang menarik untuk dicermati olebih lanjut. Misalnya di bagian kamar Yuzu dan Mei yang terlihat sangat kontras dan menunjukkan bagaimana perbedaan mereka dan sebuah warna menjadi alasan kuat untuk menonton seri ini.

Walaupun demikain, Citrus tetap memberikan visual komedi yang luar biasa banget. Mereka mampu mengundang tawa melalui visual yang mereka berikan misalnya saja saat Yuzu ingin mencoba menyembunyikan ponsel miliknya.

Jika kita lebih melihat jauh mengenai sepak terjang dari Studio Passione, mereka lebih suka menghadirkan sesuatu anime yang memiliki art anti mainstream. Mereka yang menangangi Citrus ini memanglah berahsil memukau penonton dengan kualitas art yang cukup oke.

Namun tetap saja terdapat point penting yang mereka lupakan serta beberapa efek gambar yang tak terlalu jelas. Tapi hal itu menjadi halangan bagi saya untuk melanjutkan seri ini. Tapi kalau boleh, penggunaan warna yang terlalu banyak itu harus ditekan agar tak terliaht begitu ramai.


Musik:

Lagu Opening:
#1: “Azalea (アザレア)” oleh nano.RIPE

Lagu Ending Theme
#1: “Dear Teardrop” by Mia REGINA

Lagu yang mereka bawakan terbilang sudah sangat sesuai dengan tema yang mereka berikan. Dengan penggunaan backround yang sesuai serta pengambilan gambar yang tepat berhasil menciptakan suatu OP dan ED yang megah.


Nah sahabat Kosongan itulah review untuk anime Citrus. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.