Kosongan – Selamat sore untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan kepada anime RomCom favorit saya yakni, Bokura wa Minna Kawaisou.

Dengan menggabungkan unsur romance dan comedy membuat seri ini wajib untuk kamu tonton. Berbagai plot cerita serta alur yang selalu terangkai satu sama lain membuat saya menyukai anime ini.

Biar kalian tidak penasaran, yuk simak review berikut ini. Namun sebelum itu, jika kalian punya saran anime yang ingin di review silahkan komentar dibawah yah. Tanpa membuang waktu lama-lama, yuk kita mulai reviewnya.


Detail Anime:

English: The Kawai Complex Guide to Manors and Hostel Behavior
Japanese: 僕らはみんな河合荘
Tipe: TV
Episode: 12
Status: Selesai
Rilis pada: Apr 4, 2014 s/d Jun 20, 2014
Musim: Spring 2014
Produser: TBS
Lisensi: Sentai Filmworks
Studios: Brain’s Base
Diangkat dari: Manga
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Durasi: 24 men. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older


PV


Sinopsis:

Kazunari Usa adalah siswa SMA yang akan mulai hidup sendiri karena orang tuanya sekarang bekerja di daerah yang berbeda. Bersemangat untuk memulai hidup baru yang damai, ia berharap untuk menjauhi kehidupan remajanya dari orang – orang aneh. Namun sepertinya itu hanya impian belaka, karena ia mendapatkan sebuah kos-kosan yang isinya terdapat orang aneh, kosan itu bernama kos Kawai.

Berbagai penyewa di Kos Kawai memiliki karakter yang cukup eksentrik. Shirosaki, teman sekamar Kazunari, adalah seorang yang cabul dan masokis; Mayumi Nishikino, wanita kantor pecandu alkohol yang selalu sedih akan jodohnya, Mayumi selalu mengutuk setiap pasangan; dan Sayaka Watanabe, seorang mahasiswi cantik yang sepertinya hanyalah wanita biasa, namun banyak menyimpan rahasia.

Kazunari akhirnya berniat untuk meninggalkan kos-kos an itu dan mencari kos lain. Namun, niatnya untuk mencari kos an lain pun sirna, setelah dirinya melihat Kawai Ritsu, senior wanita dari sekolahnya yang dia sukai. Ternyata Kawai Ritsu merupakan anak dari pemilik Kos Kawai tadi. Nah bagaimana kisah Kazunari Usa didalam kos tersebut?


Jalan Cerita:

Kesan pertama saya pada anime ini adalah anime ini mengingatkan saya pada anime Sakurasou no pet na Kanojo (anime terbaik yang pernah gw tonton sejauh ini). Tetapi ternyata setelah dilihat lebih jauh anime ini memiliki kekhasan tersendiri dibanding Sakurasou.

Anime ini punya cerita dan komedi yang ringan namun sangat seru dan lucu. Hal ini didukung dengan pengkarakteran yang kuat dari setiap karakternya dalam menciptakan keseruan dan kelucuan.

Selain itu anime ini juga memiliki cerita romance yang unik dari pasangan Usa yang sangat care dan Kawai-senpai yang super introvert. Cerita dari kedua orang yang bodoh dalam mengekspresikan perasaannya ini berhasil menciptakan scene-secen romantis yang tidak biasa, unik, namun sangat manis.

Sekilas anime ini tampak hanya seperti anime Comedy tentang sekumpulan orang aneh yang terkumpul di suatu tempat, tetapi kenyataannya anime ini memiliki beberapa hal yang menjadikannya lebih unggul. Salah satunya adalah pada bagaimana cara menyampaikan Comedynya tersebut.

Karena menggunakan metafora, permainan kata, dan berbagai macam teknik yang mengharuskan penonton agar berpikir sesaat, lelucon – lelucon anime ini memang terkadang sulit dimengerti, namun dengan tema yang cenderung dewasa, teknik – teknik seperti ini justru bisa dikatakan sebagai metode yang pandai dan paling tepat agar Comedynya tidak sampai terdengar sevulgar yang biasanya.

Dengan kata lain, meski mengangkat permasalahan yang orang – orang pada umumnya enggan bicarakan, anime ini berhasil lebih menonjolkan sisi jenaka dari permasalahan tersebut, menghasilkan sesuatu yang mampu mengajak siapapun tertawa tanpa pernah perlu merasa canggung.

Saya rasa di bagian alur cerita, mereka berhasil menyajikan hal yang amat-amat bagus banget. Terangkainya cerita tersebut mungkin tak lepas dari campur tangan produser yang handal.


Karakter:

  • Usa Kazunari

Usa adalah karakter utama seperti karakter utama pada anime slice of life pada umumnya yang cenderung tidak istimewa, tetapi sebenarnya sangat baik dan sangat care kepada setiap orang.

Jelas sekali Usa sangat menyukai Ritsu, ia memiliki kepribadian yang normal jika dibandingkan dengan penghuni Kawaisou lainnya. Karena terbiasa dengan orang-orang aneh, Usa menjadi terbiasa akan hal tingkah laku teman-temannya yang aneh.

  • Kawai Ritsu

Sering dipanggil Kawai-senpai oleh Usa. Kawai memiliki sifat yang super pemalu, penyendiri dan kutu buku. Tetapi dibalik semua sifatnya itu, ia sebenarnya sangat sensitif terutama jika mendengarkan lelucon lucu dan jika berdekatan dengan Usa.

Kawai-senpai sebenarnya adalah orang yang baik dan juga peduli, hanya saja ia tidak pandai mengekspresikannya karena sifatnya yang pendiam, tertutup, pemalu, introvert (Salah satu karaker yang gw suka disini, karena kalo kata kakak Veranda)

  • Nishikino Mayumi

Wanita paling dewasa di Kawaisou. Ia sukanya mabuk-mabukan dan selalu sial jika menyangkut paut tentang cinta. Ia selalu gagal dalam percintaan dan urusan laki-laki. Mayumi-san adala seorang pegawai kantor yang suka mabuk dan susah move-on karena memiliki kisah cinta yang selalu tragis.

  • Sayaka

Sayaka-san adalah seorang mahasiswi pesolek yang selalu menggunakan meke-up tebal yang juga menyembunyikan kepribadiannya dibalik make-up nya.

  • Shirosaki

Shiro-san adalah teman sekamar Usa yang masocist, mesum dan aneh. Shiro adalah salah satu karakter favorit saya karena dengan sifat dasarnya yang kuat, karakter ini berhasil menampilkan sesuatu yang sangat lucu, ya sebuah konsumsi komedi yang sempurna.

  • Sumiko Kawai

Terakhir Sumiko-san adalah sang ibu kost yang sangat baik, bijak, dan sangat dihormati oleh semua penguni Kawaisou. Mungkin sebagian besar orang yang menonton anime ini akan menyukai karakter Sumiko-san.


Artwork:

Anime ini memiliki artwork yang sangat bagus, rapih, detail, dan indah. Hal ini bisa kita lihat penggambaran latar yang sangat indah, dan penggambaran karakter yang enak dilihat. Secara pribadi saya sangat menyukai artwork anime ini, terutama dalam penggambaran sasana senja nya, sangat cantik.


Musik:

Sejujurnya saya adalah penikmat anime yang suka menskip bagian opening song apalagi ending song anime yang saya tonton. Tetapi menariknya, pada saat saya menonton anime in saya selalu menikmati musik di keduabelas episodenya.

Ya sebuah musik yang sangat bagus, asik dan pastinya sangat enak didengar dari fhana yang berjudul Itsuka no, Ikutsuka no Kimi to no Sekai untuk opening dan My Sweet Shelter dari para seiyuu nya Kana Hanazawa, Rina satou, dan Hsako Kanemoto untuk ending. Selain musik yang bagus, visualisasi anime dalam kedua soundtrack nya ini juga sangat bagus dan memberikan kesan menarik untuk dinikmati.


Nah sahabat Kosongan itulah review untuk anime Bokura wa Minna Kawaisou. Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.