Kosongan – Selamat malam untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit review kepada anime sports yang bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik yakni, Baby Steps.

Tentu saja pada awalnya saya mengira bahwa anime ini menceritakan tentang bayi, namun dugaan saya salah. Karena arti dari judul tersebut adalah ketika kita memulai sesuatu dari bayi atau nol untuk menjadi orang yang hebat.

Baby Steps sendiri merupakan serial anime yang diadaptasi dari sebuah serial manga (komik Jepang) berjudul sama karya Hikaru Katsuki. Mengikuti perjalanan yang menginspirasi dari tokoh utamanya, Maruo Eiichirou dalam menaklukan olahraga tenis yang makin melengkapi koleksi judul saya bersama macam-macam cabang olahraga lain. Bisa dibilang, ini pertama kalinya saya menonton serial anime yang menjadikan tenis sebagai cabang olahraga yang dipilih.

Dan saya gak nyangka akan suka sama anime ini, mengingat anime Baby Steps ini tergolong murni olahraga tanpa ada bumbu superpower didalamnya. Kita akan benar-benar melihat bagaimana sang hero berkembang sedikit demi sedikit dari nol untuk mengejar mimpinya menjadi pemain tenis profesional.


Detail Anime:

Judul: Baby Steps
Tipe: TV
Episodes: 25
Status: Selesai
Musim Perdana: Spring 2014
Produser: NHK
Studio: Studio Pierrot
Diangkat Dari: Manga
Genre: Romance, School, Shounen, Sports
Durasi: 24 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older


PV


Sinopsis:

Berkisah tentang seorang pemuda yang cerdas dan selalu menyimpan pengetahuannya di dalam buku, ia bernama Maruo Eiichirou. Sayangnya ia tak memiliki hobby lain selain membaca buku (Benar-benar kutu buku yang sebenarnya).

Di sisi lain, seorang wanita cantik bernama Natsu memiliki cita-cita menjadi seorang petennis kelas dunia dan mengajak Maruo ke dalam klub Tennis-nya. Semenjak saat itu, Maruo kemudian menemukan hobby baru dan perlahan meninggalkan akademik-nya demi menjadi pemain tennis pro. Namun tak semudah yang ia harapkan, pertama-tama ia harus mengalahkan kelemahan dari dirinya sendiri terlebih dahulu.


Jalan Cerita:

Dari sekian banyak anime olahraga mungkin Baby steps adalah anime yang benar – benar dimulai dari awal dalam berolahraga.

Biasanya dalam anime olahraga itu sudah ada beberapa pola yang hampir pasti seperti adanya murid kelas 3 dan akan menjadi tahun terakakhirnya lalu ada juga cerita pendatang baru jenius yang bisa mengubah permainan dan biasanya kebanyakan pola – pola yang seperti itu terjadi bila anime tersebut mengambil tema olahraga berkelompok.

Seperti saya bilang sebelumnya Baby Steps adalah anime yang memulai dari awal dalam olahraga tenis ini. Seperti judulnya pemeran utama ini selangkah demi selangkah belajar bermain tenis dari awal seperti seorang bayi yang baru belajar berjalan. Saya melihat bahwa anime ini terutama karakter utama disini sangat mendekati kenyataan di dunia nyata.

Yang bikin saya suka, anime ini gak melulu terfokus pada olahraganya saja, tapi juga masalah-masalah yang dihadapi pemain, seperti masalah keluarga, kendala dalam mewujudkan mimpi, tentang tujuan hidup mereka, dengan sedikit bumbu romansa yang ikut melengkapi jalannya cerita, membuat anime ini kian hidup dan terasa lebih realistis. So, meski art-nya kurang ciamik, gak masalah karena tertutupi unsur-unsur positif dalam ceritanya.

Mungkin anime ini tidak cocok bila penonton menginginkan sebuah anime dengan unsur keajaiban dan jurus – jurus yang absurd gitu. Sisini hampir semuanya normal. Bahkan kayakya gak ada karakter yang bisa dibenci di anime ini, biasanya hampir tiap anime olahraga ada aja karakter yang bisa dibenci karena nyebelin gitu.


Karakter:

Agak berbeda dari beberapa anime olahraga yang pernah saya tonton, yang tokoh utamanya sering digambarkan bodoh. Tokoh utama dalam anime ini Maruo Eiichirou, adalah siswa pintar, bahkan dia ini salah satu murid kehormatan di sekolahnya.

Gak cuma pintar, Ei-chan (begitu panggilannya) adalah siswa teladan, rajin, disayangi guru dan teman-teman. Bisa dibilang hidupnya sudah sempurna. Tinggal menunggu masa depan yang cerah datang menjemputnya.

Maruo Eiichiro ini bahlan dari tampilan saja bukanlah tokoh utama dari sebuah anime olahraga, tapi dia berusaha sedikit demi sedikit dengan berlatih. Dia mencatat segala sesuatu yang dilakukannya selama berlatih dan pertandingan di buku catatannya yang sangat jarang dilakukan oleh pemain tenis lainnya. Dia mempelajari apa yang sudah dilakukan selama berlatih dan bertanding.

Detail Karakter:

  • Maruo Eiichirou

Sang karakter utama kita dalam serial Baby Steps. Semenjak awal ia mengenal Tennis, ia langsung jatuh cinta dan sangat terobsesi untuk menjadi Pro. Untuk meraih cita-citanya, ia memulai pelatihan keras sampai ke Luar Negeri.

Uniknya nih, Eii-chan setiap kali bertanding akan mencatat segala hal tentang pertandingan di buku khusus yang selalu ia bawah. Jadi Eii-chan bermain dengan otak dan analisisnya. Gimana jadinya yah kalau Eii-chan punya postur tubuh bagus dan analisis tepat?

  • Natsu Takasaki

Gadis cantik yang mahir bermain Tennis sejak ia masih kecil sekaligus orang yang memperkenalkan Eii-chan tentang Tennis. Sama seperti Eii-chan, Nat-chan juga memiliki mimpi menjadi seorang Pro di kategori Tennis Putri. Meski berbakat, Nat-chan juga punya saingan kuat dalam Tennis.

  • Takuma Egawa

Seniornya Eii-chan dan Nat-chan sekaligus salah satu motivasi Eii-chan untuk menjadi Pro. Takuma merupakan bibit andalan Jepang dalam dunia Tennis. Di usia mudanya, ia sudah berhasil menjadi Pro dan meraih Rank 500-an Kelas Dunia. Meski terlihat tegas dan jahat, sebenarnya ia adalah pria yang baik. Sering kali Takuma memperlihatkan sifat seniornya dan membantu juniornya untuk menjadi lebih kuat lagi.

  • Souji Ike

Ike merupakan salah satu pemain Tennis terbaik di Jepang dan telah memiliki Rank cukup tinggi di Level Dunia. Hebatnya lagi, Ike masih seumuran dengan Nat-chan dan Eii-chan. Sejak kecil Ike sudah bermain Tennis bersama Takuma dan Nat-chan. Ia juga menjadi motivasi terbesar untuk Nat-chan dan Eii-chan agar bisa bermain di lapangan berkelas dunia seperti Ike.


Art:

Baby Steps pertama kali dirilis pada tahun 2014 dan Season 2-nya tahun 2015 di bawah naungan Studio Piorret. Untuk grafisnya sendiri lumayan, meski tak sebagus anime Fate series, yah kalian tahu lah bagaimana bagusnya anime Fate series. Meski sudah lama rilis, faktanya grafisnya masih sangat nyaman di mata.

Namun mungkin sedikit aneh untuk kalian yang habis nonton anime Loli moe seperti Eromanga-sensei karena perbedaan grafisnya benar – benar jauh. So kesimpulannya, grafisnya tak perlu dipertanyakan lagi. Tapi hal itu tidak menjadi masalah besar kok.


Musik:

Salah satu hal yang saya senangi dari anime ini adalah Openingnya yang bagus banget. Judulnya adalah Believe in Yourself by Mao Abe. Buat kalian yang belum pernah dengar nih, coba deh didengar, karena Opening ini benar – benar keren.

Sayangnya untuk season pertama dan kedua dari anime ini, lagu Openingnya itu – itu saja. Tapi mengingat kerennya nih lagu Opening, sepertinya bukan masalah besar. Kalau berbicara tentang pengiring musik dalam anime sih semuanya bagus, sangat cocok dengan tema Sports yang diangkat. Oh iya, lagu Endingnya juga sangat bagus loh.


Nah sahabat Kosongan itulah review untuk anime Baby Steps. Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.