Kosongan – Selamat malam untuk semua sahabat Kosongan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan rekomendasi anime misteri yang cocok kamu tonton. Dengan keberadaan genre Misteri disuatu anime, tentu saja banyak orang yang akan tertarik untuk menonton seri tersebut.

Biar kalian tidak penasaran, yuk simak reviewnya berikut ini. Namun jika kalian punya saran anime atau apapun itu, silahkan komentar dibawah.


1Death Parade

Apa kamu pernah membayangkan apa yang terjadi setelah kamu mati? Berdasarkan anime ini, ada suatu tempat bernama The Quidecim, yaitu sebuah bar dimana setiap orang yang baru saja meninggal akan singgah sebentar untuk bermain sebuah game. Ketika ada dua orang yang mati bersamaan, mereka harus melakukan sebuah permainan untuk menentukan siapa yang pergi ke alam selanjutnya dan siapa yang akan reinkarnasi.

Nuansa gothic bisa terlihat dari desain latar The Quidecim sebagai bar dan area perminan yang didominasi warna gelap dengan penerangan remang-remang. Kisah-kisah yang dibawakan pun sebagaian besar suram, namun ada beberapa kisah yang menyentuh hati pula.

Pengungkapan semua tragedi dan ironi yang terdapat di dalamnya seolah dipaksakan terjadi, sehingga kisah-kisah tersebut pun kemudian terkesan sengaja terlalu didramatisir.

Penyebab utamanya adalah karena tidak pernah ada alasan yang masuk akal mengapa mereka mesti dinilai melalui sebuah sistem semacam Quindecim, mengapa mereka diharuskan mengalami kembali kehidupan mereka sekali lagi sebelum bisa dinilai.

Namun sejatinya anime ini tetap menghadirkan plot yang cukup unik dan tak membosankan. Bukan tidak mungkin bahwa anime ini mampu untuk mendongkrak popularitasnya saat dulu.


2Gosick

Anda suka romance ditambah dengan misteri? Maka rekomendasi yang satu ini mungkin akan cocok ke kalian. Cerita yang unik dan susah untuk ditebak menjadi point utama anime tersebut. Bukan hanya berfokus pada misteri saja, akan tetapi romance juga menjadi bahan utama dalam pembuat anime ini.

Anime satu ini berlatar pada negara barat imaginatif bernama Saubure pada tahun 1927. Kujo Kazuya adalah seoranng laki-laki berusia 15 tahun, merupakan siswa pindahan dari Asia yang sama sekali tidak memiliki kenalan di Sekolah St.Marguerita. Para siswa di sekolahan tersebut sangat menggemari kisah hantu, oleh karena itu untuk memiliki teman, Kujo harus memiliki cerita hantu untuk membuka percakapan.

Ia pun berkunjung ke perpusatakaan sekolah untuk membaca cerita-cerita horror. Namun ia justru bertemu dengan seorang gadis bernama Victorique yang tidak pernah masuk kelas dan hanya menghabiskan waktu dengan membaca waktu serta memecahkan berbagai kasus kriminal.

Dari nama anime saja, Gosick, kata tersebut berarti Gothic. Busana Victorique jelas sangat memperlihatkan unsur gothic, ditambah dengan berbagai kasus misteri yang menengangkan.


3Hyouka

Oreki Houtaro baru saja akan memasuki sekolah menengah atas atau SMA. Pria ini merupakan pribadi yang tidak mau membuang-buang energi untuk melakukan suatu kegiatan yang dia anggap sia-sia (pemalas), bahkan saat memulai SMA ia tidak ingin memasuki suatu klub. Namun karena dimintai tolong oleh kakaknya yang merupakan alumni sekolah itu untuk masuk didalam Klub Sastra Klasik, Oreki menyetujui permintaan itu karena kakaknya tidak ingin klub itu bubar karena kekurangan anggota.

Suatu saat Oreki berniat untuk mengunjungi kelas dimana dilakukan kegiatan klub Sastra Klasik tersebut, saat itu juga dia bertemu dengan seorang wanita bernama Chitanda Eru, seorang wanita cantik keturunan keluarga Chitanda (keluarga kaya). Ternyata Chitanda Eru merupakan anggota baru dari Klub Sastra Klasik.

Mengetahui hal itu, Oreki berniat keluar dari klub karena menurutnya klub tidak akan dibubarkan setelah mendapatkan anggota. Namun saat akan keluar dari klub, tiba – tiba suatu terdapat misteri membuat Chitanda Eru menjadi penasaran. Hal itu berkaitan dengan terkuncinya kelas itu saat Oreki Houtaro datang, padahal pada saat Chitanda datang kelas itu tidak terkunci. Oreki Houtaro pun berusaha memecahkan misteri itu dan menjelaskannya kepada Chitanda. Dan sejak itu, Oreki tidak jadi keluar dari klub.

KyoAni memang udah terkenal stylenya, desain background yang realistik, desain chara yang cocok di setiap karakternya. Bahkan hal-hal kecil seperti aliran sungai dan hembusan angin dibuat sedrtail mungkin, membuat serasa menonton film asli.


4Death Note

Death Note meraupakan salah satu anime yang diangkat dari manga terbaik yang pernah ada. Mengisahkan seorang pemuda genius bernama Light Yagami yang menemukan sebuah buku yang dapat membunuh orang. Dengan buku tersebut, ia pun hendak mengubah dunia tanpa kejahataan. Tujuan tersebut membawanya berkonfrontasi dengan detektif misterius terkenal bernama L yang juga tak kalah genius.

Secara keseluruhan, anime ini tidak memiliki unsur gothic yang yang kental. Namun, kisahnya yang gelap dan melibatkan Shinigami. Anime ini juga sangat minim humor, setiap adegan selalu padat akan dialog berkualitas dan suasana yang menengangkan. Kamu juga akan melihat seorang karakter dengan gaya gothic bernama Misa Amane.


5Boku dake ga Inai Machi

Seorang penulis manga bernama Satoru Fujinuma dilanda rasa takut untuk mengekspresikan dirinya sendiri.

Dia memiliki kekuatan supranatural yang bisa mencegah kematian dan bencana dengan cara kembali pada saat sebelum bencana tersebut terjadi, dan menghentikan apa yang menjadi penyebab bencana tersebut. Suatu hari, dia terlibat insiden yang menjebaknya dan membuat dia dianggap sebagai si pembunuh.

Saking putus asanya untuk menyelamatkan sang korban, dia mengirim dirinya sendiri kembali pada zaman dia SD, sebulan sebelum kejadian hilangnya teman sekelas Satoru yang bernama Kayo Hinazuki.

Kemudian Satoru memulai perjalanan barunya untuk menyelamatkan Kayo dan memecahkan misteri hilangnya dirinya.

Hal yang menarik dari anime ini adalah plotnya, serta  story yang terbilang sangat bagus, dan anime Boku dake ga Inai Machi ini juga memiliki cerita yang sebenarnya cukup dalam. Dan entah kenapa, saat nonton anime ini ane merasakan kesedihan, tanpa alasan yang jelas sih.

Dan episode demi episode, anime ini juga membuat kita merasakan apa yang dirasakan oleh MC. Seperti menyesali hal berharga yang pernah kita abaikan di masa lalu dan tidak bisa diubah kembali, perkataan kasar kita kepada ibu yang sebenarnya sangat menyayangi namun tidak kita sadari sedari dulu, dan penyesalan lainnya.

Nuansa romansa antara Satoru dan Kayo juga sangat menyentuh dan mengharukan. Membahas sedikit tentang Kayo, dia adalah anak yang sering disiksa oleh ibunya pada akhir pekan.


Nah sahabat Kosongan itulah rekomendasi anime misteri yang wajib kamu tonton. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.