Rekomendasi Anime Genre Isekai yang Segar dan Berbeda

Rekomendasi Anime Gesnre Isekai yang Segar dan Berbeda
Rekomendasi Anime Gesnre Isekai yang Segar dan Berbeda

KosonganIsekai adalah subgenre dari produk pop culture Jepang yang beberapa tahun kebelakang amat populer. Entah sudah berapa banyak judul karya pop culture Jepang yang mencoba menerapkan elemen isekai ini. Karya-karya tersebut banyaknya bukan main, karena sudah meliputi manga, anime, dan bahkan light novel. Saking menjamurnya genre ini bahkan pernah dicekal dalam sebuah kontes cerita pendek Jepang pada 2016 serta kontes serupa yang iadakan oleh penerbit Kadokawa pada 2017.

Terlepas dari betapa sering munculnya, subgenre ini bisa menjadi semacam alternatif di tengah banyaknya anime dengan genre lain yang bisa jadi sobat kosongan sudah bosan tonton. Bagai tokoh utama anime isekai yang terlempar ke dunia lain, yuk sobat kosongan juga kami bawa menuju dunia anime isekai dalam daftar di bawah ini:

Rekomendasi Anime Genre Isekai yang Segar dan Berbeda

Youjo Senki (The Saga of Tanya the Evil)

Tanya von Degurechaff merupakan seorang prajurit yang disegani di medan perang. Meskipun ia kecil dan baru berumur 9 tahun, Tanya amat sadis, beringas, dan brutal ketika sedang menghabisi lawannya di medan perang. Rupanya, tubuh Tanya dihuni sesosok jiwa yang berani menentang “Tuhan”. Dulunya Tanya merupakan seorang pegawai yang tewas terbunuh oleh mantan rekan kerjanya. Karena ia enggan pergi ke alam baka, “Tuhan” mengirim pegawai tersebut ke sebuah dunia alternatif yang tengah iamuk perang. Dan jadilah pegawai tersebut dikenal sebagai Tanya von Degurechaff yang sadis di medang perang.

Dari cerita di atas, sobat kosongan bisa menebak bahwa anime ini mustahil ditujukan untuk anak-anak. Youjo Senki memang bukan anime isekai standar. Ada banyak ceceran darah dan desingan peluru sepanjang anime ini. Sebenarnya cukup langka pada 2017 lalu masih ada anime seinen (dewasa) yang dengan berani menawarkan konten kekerasan dibalut kelamnya peperangan—meskipun tokoh utamanya merupakan anak perempuan dengan jiwa om-om.

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu (Re:Zero − Starting Life in Another World)

Setelah cukup lama menjadi hikkikomori dengan mengurung diri di kamar, Natsuki Subaru akhirnya melangkahkahkan kaki menuju supermarket terdekat. Begitu ia keluar dari supermarket tersebut, ia tiba-tiba berada di sebuah dunia yang sangat asing. Di dunia itu, Subaru bertemu dengan seorang perempuan yang mengaku bernama Satella dan meminta bantuan untuk mencari benda miliknya. Ketika malam tiba, Subaru dan perempuan tersebut tewas mengenaskan. Akan tetapi, Subaru kembali terbangun di tempat awal ia terlempar ke dunia parelel.

Re:Zero merupakan salah satu anime unik yang mengabungkan unsur isekai sekaligus dan unsur time travel yang digabungkan secara apik dengan unsur misteri. Dalam Re:Zero, penonton juga diajak untuk terus merasakan beban psikologis Subaru yang tidak berkesudahan. Meskipun terasa depresif, namun Re:Zero juga mempunyai adegan humor dan romance yang manis lho…

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Di tengah kehadirannya pada sebuah acara pasar doujinshi di Tokyo, Itami Youji, dikejutkan oleh kemunculan sebuah gerbang misterius tepat di tengah-tengah kota. Berbagai makhluk supranatural dan prajurit abad pertengahan pun muncul dari sebrang gerbang dan menyerang kota. Untungnya ada Japan Self-Defence Forces, unit pasukan khusus Jepang, yang berhasil memaksa mahluk-mahluk tersebut kembali ke asalnya. Tiga bulan pasca insiden, Itami Youji kembali sebagai bagian dari unit Japan Self-Defence Forces dan ditugaskan meneliti dunia lain di seberang gerbang misterius itu.

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri atau disingkat Gate, dibumbui dengan elemen sosial dan politik yang cukup kental. Youji yang awalnya hanya ditugaskan berdiplomasi dengan para pemimpin di dunia sana malah terlibat lebih jauh. Youji juga terpaksa ikut campur dalam urusan kerajaan orang-orang sana.

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! (KonoSuba: God’s Blessing on this Wonderful World)

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! atau disingkat menjadi Konosuba merupakan anime isekai yang lebih menitikberatkan pada komedi absurd yang jauh dari kata serius serta taburan bumbu-bumbu fanservice—walau sebenarnya animasi tidak begitu bagus sih. Anime ini bercerita tentang seorang hikikomori bernama Kazuma Sato yang mati konyol dan bereinkarnasi di dunia paralel yang lingkungannya kental dengan elemen MMORPG. Secara ajaib Kazuma bertemu dan berekanan dengan tiga gadis seksi bernama Aqua, Darkness, dan Megumin. Masing-masing dari mereka memiliki karakteristik yang unik, jika enggan disebut aneh. Bersama tiga gadis aneh tersebut, hidup Kazuma di dunia paralel tersebut malah makin tidak karuan.

Konosuba jadi seru lantaran banyak sekali kejadian yang sebenarnya biasa saja bahkan di kehidupan nyata, namun direkonstruski secara kocak dan penuh parodi. Sekilas, memang awalnya mungkin Konosuba terkesan bakal jadi anime isekai generik dengan kualitas yang biasa saja. Padahal, justru sebaliknya, dengan menonton episode pertamanya saja, sobat kosongan dijamin akan keasyikan dan akan terus menonton Konosuba sampai tamat.

Bagaimana, sobat kosongan? Sudah pernah menonton anime-anime tersebut, belum? Atau sekarang lagi asyik menontonnya? Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar, ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.