Punya Tanda-Tanda Seperti Ini, Hati-Hati Bisa Jadi Kamu Mengidap Diabetes

Tips Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes
Tips Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes

Kosongan – Diabetes atau kencing manis adalahsuatu penyakit di mana tubuh tidak mampu menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau tidak bekerja dengan baik. Karenannya gula darah terlihat meningkat saat diperiksa.

Setidaknya ada dua tipe utama dalam diabetes, yaitu diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua. Diabetes tipe satu merupakan suatu keadaan di mana tubuh sudah sama sekali tidak mampu memproduksi hormon pengatur gula darah, dalam diabetes tipe ini penderita harus menggunakan suntikan asupan hormon pengatur gula darah atau insulin untuk mengatur gula darahnya, penderita diabetes tipe ini kebanyakan adalah anak-anak dan remaja.

Diabetes tipe dua terjadi karena tubuh tidak mampu memproduksi hormon pengatur gula darah tersebut secara mencukupi, atau hormon yang dihasilkan tidak dapat dimanfaatkan dengan baik (resistensi insulin), diabetes tipe ini merupakan yang terbanyak dideritai saat ini (diperkirakan 90% lebih) dan sering terjadi pada orang-orang yang berusia lebih dari 40 tahun, kegemukkan atau yang mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga.

Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Tapi diabetes atau kencing manis mungkin lebih berbahaya dari yang lain, salah satu faktornya karena gejala diabetes terkadang sering dihiraukan banyak orang karena gejala-gejalanya yang tidak seperti gejala sebuah penyakit berbahaya.

Bahkan, sering kali diabetes ini tidak menunjukkan gejala. Apabila ada, gejalanya meliputi hal-hal yang dirasa biasa saja oleh penderita. Secara umum, berikut beberapa gejala penyakit diabetes atau kencing manis:

Punya Tanda-Tanda Seperti Ini, Hati-Hati Bisa Jadi Kamu Mengidap Diabetes

Sobat kosongan mudah merasa haus

Jika sobat kosongan lebih mudah merasa haus dari pada biasanya padahal cuaca sedang tidak lagi panas dan sobat kosongannpun tidak sedang banyak mengeluarkan keringat, hati-hati, karena ini merupakan pertanda kuat sobat kosongan mengalami gejala diabetes. Penderita diabetes lebih mudah merasa haus dari pada bukan penderita karena penderita diabetes lebih banyak buang air kecil.

Sobat kosongan punya nafsu makan yang tinggi

Jika nafsu makan sobat kosongan lebih tinggi dari pada biasanya, bahkan jika sampai belum lama makan sudah merasa kembali lapar, hati-hati, karena ini merupakan salah satu gejala kuat diabetes. Penderita diabetes atau kencing manis menjadi mudah merasa lapar karena tubuh penderita sudah sulit mengatur kadar gula dalam darah, sehingga otak penderita diabetes sering salah mengartikan sinyal kadar gula dalam darah menjadi rasa lapar.

Sobat kosongan menjadi banyak buang air kecil

Jika sobat kosongan menjadi lebih banyak buang air kecil padahal sebelumnya tidak minum banyak air, hati-hati, bisa jadi sobat kosongan menderita gejala diabetes atau kencing manis. Penderita diabetes menjadi lebih banyak buang air kecil karena kelebihan kadar gula dalam tubuh mengakibatkan tubuh berusaha mengeluarkan kelebihan gula tersebut melalui air kencing. Oleh karena itu, penderita diabetes akan jauh lebih sering buang air kecil dibanding yang bukan penderita.

Berat badan sobat kosongan turun tanpa sebab yang jelas

Apabila sobat kosongan mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa tahu alasan penurunan tersebut secara jelas, hati-hati, karena ini merupakan salah satu gejala diabetes. Penyebabnya karena tubuh penderita diabetes atau kencing manis sulit mengidentifikasi kadar gula dalam darah, bahkan tubuh penderita terkadang mengira sedang kekurangan gula dan energi, sehingga tubuh penderita diabetes tersebut terpaksa mengubah lemak menjadi energi.

Sobat kosongan mengalami penghitaman kulit, terutama disekitar leher dan ketiak

Apabila sobat kosongan mengalami kulit menghitam, terutama di sekitar leher atau ketiak, hati-hati, karena penghitaman kulit merupakan salah satau gejala sobat kosongan menderita diabetes. Biasanya gejala yang satu ini yang paling sering diabaikan karena penghitaman kulit tersebut dianggap daki atau mandinya tidak bersih. Gejala penghitaman kulit ini sendiri diakibatkan oleh perubahan hormon dalam tubuh penderita akibat diabetes.

Jika sobat kosongan menderita luka, maka luka tersebut susah sembuh

Apabila sobat kosongan sulit sembuh ketika menderita luka, hati-hati, karena luka susah sembuh merupakan salah satu gejala kuat sobat kosongan menderita diabetes atau kencing manis. Hal itu sendiri diakibatkan oleh banyaknya gula dalam darah yang menghambat sirkulasi darah dan mengurangi aliran trombosit dalam darah, sehingga luka penderita diabetes lebih susah untuk sembuh.

Nah, bagaimana sobat kosongan? Mudah-mudahan tidak ada satu pun dari tanda-tanda di atas yang ada pada sobat kosongan maupun keluarga sobat kosongan, ya. Sejatinya diabetes atau kencing manis sama seperti penyakit biasa yang bisa dicegah dengan beberapa cara. Terutama untuk orang yang punya darah keturunan pengidap diabetes, bisa dicegah dengan cara misalnya menjaga asupan makan terutama dari makanan yang manis dan belemak, menurunkan berat badan serta rutin berolahraga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.