Lakukan Pola Hidup ini Agar Terhindar dari Kolestrol Tinggi!

Mengenal Kanker Lidah, Berikut Gejala dan Penyebabnya!

Kosongan – Memiliki kolesterol tinggi memang sudah sering terjadi, baik wanita maupun pria. Namun hal ini tidak boleh disepelekan karena bisa berakibat fatal. Anda dapat memperbaiki kolesterol tinggi dengan obat-obatan. Tapi menerapkan perubahan gaya hidup juga sangat penting. Apa saja yang dapat dilakukan? Berikut pola hidup yang baik dilakukan untuk mengurangi Kolestrol Tinggi.

Lakukan Pola Hidup ini Agar Terhindar dari Kolestrol Tinggi!

Olahraga
Menurut U.S. Surgeon General’s Report on Physical Activity and Health, orang-orang yang kurang aktif dua kali lebih berisiko terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang rutin berolahraga. Berolahraga diketahui dapat membantu meningkatkan kolesterol “baik”. Jadi, kurangi risiko penyakit jantung dengan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari selama seminggu.

● Jaga berat badan
Kelebihan berat badan berkontribusi terhadap kolesterol tinggi. Oleh karena itu, jagalah berat badan Anda tetap ideal. Jika berat badan Anda berlebih, mulailah untuk menerapkan pola makan sehat dan olahraga rutin. Bahkan, menurunkan indeks massa tubuh (IBM) hanya 5 hingga 10 persen dapat menurunkan kolesterol “jahat”.

● Konsumsi makanan sehat
Pilihlah lemak yang lebih sehat ketimbang lemak tersaturasi seperti daging merah dan produk susu. Hindari lemak trans, yang sering ditemukan pada makanan yang digoreng dan produk kemasan, karena dapat menurunkan kolesterol “baik”. Jangan lupa untuk memasukkan serat larut ke dalam menu sehari-hari, contohnya oats, buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

● Berhenti merokok
Anda masih merokok? Meski sulit, berhentilah dari kebiasaan buruk ini. Dalam 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan denyut jantung Anda akan menurun. Dalam satu tahun, risiko penyakit jantung juga akan melingsir. Dan dalam 15 tahun, risiko penyakit jantung Anda setara dengan orang yang tidak pernah merokok. Selain rokok, Anda juga harus membatasi asupan alkohol.

Dampak kolesterol tinggi untuk kesehatan memang tak bisa disepelekan. Tapi bukan berarti Anda tak bisa melakukan apa pun untuk mencegah atau mengatasinya. Mengecek kadar kolesterol secara rutin sangatlah penting. Periksakan kadar kolesterol Anda setiap lima tahun, dimulai dari usia 20. Jika Anda memiliki diabetes, penyakit jantung, stroke, atau tekanan darah tinggi, kontrol kadar kolesterol Anda setiap tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.