Hati – Hati, Ternyata Pesan WhatsApp Bisa Bikin Smartphone Rusak!

Hati - Hati, Ternyata Pesan WhatsApp Bisa Bikin Smartphone Rusak!

Kosongan – Apakah kalian tahu, bahwa sudah banyak pengguna WhatsApp yang melaporkan smartphone menjadi rusak tiba – tiba setelah menekan pesan yang diterimanya. Sempat dikira malware, ternyata ini penyebab masalah dengan pesan WhatsApp tersebut.

Menurut Pakar peneliti keamanan dari Vaksincom Alfons Tanujaya menjelaskan tentang pesan WhatsApp yang bikin hang smartphone rupanya tidak hanya di WhatsApp saja. Kejadian serupa juga terjadi pada jejaring sosial lainnya seperti SkypeTelegram, dan Facebook Messenger bila pengguna menekan isi dari pesan tersebut.

Sang pakar Alfons juga menegaskan, ulah dari masalah ini bukan dari malware, tetapi didalam pesan tersebut terdapat kode ASCII dalam jumlah masif. ASCII adalah singkatan dari Americann Standard Code for Information Interchange. Perannya adalah mengumpulkan kode-kode yang digunakan untuk mempermudah interaksi antara pengguna dengan komputer.

Karena, WhatsApp sendiri tidak di bentuk untuk menampilkan kode ASCII, maka yang muncul pada isi pesan adalah bintik hitam yang sudah banyak beredar ke pengguna WhatsApp. Jika pengguna menekan isi dari pesan yang berbintik hitam tersebut, maka WhatsApp akan memproses berusaha untuk menampilkan seluruh karakter ASCII. Lantaran resource yang cukup banyak diperlukan untuk memuat, maka membuat ponsel lambat dan tidak merespon dan hang.

Bagi kalian yang memiliki smartphone dengan spesifikasi yang tinggi, terjadinya hang hanya dalam beberapa detik saja, lain halnya dengan ponsel yang digunakan seadanya. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut? Cukup diamkan saja. Nanti jika semua kode ASCII sudah diproses, maka akan kembali seperti nomal semula.

“Dalam bergambar bintik hitam tersebut terdapat 23.643 karakter ASCII” kata Alfons.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.