Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Masuk Jurusan IT

Perkembangan teknologi sudah meningkat tajam sejak 10 tahun terakhir. Perubahan dari Indonesia telah terlihat sejak awal tahun 2000 di mana perangkat yang mendukung pemakaian internet dan berbasis online mulai bermunculan. Selain itu, media sosial juga membuat perkembangan internet di Indonesia semakin aktif lewat handpone dan komputer.

Didasari perkembangan teknologi, kini banyak pelajar lulusan sekolah menengah yang tertarik ke SMK khusus Teknologi dan perkuliahan Teknologi Informasi. Selain karena hobi dan zaman melenial, prospek kerja yang menjanjikan dan gaji yang tinggi untuk pada ahli IT juga membuat jurusan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer ini diminati. Teknologi tak hanya berisikan orang yang ingin belajar tentang pemrograman perangkat lunak, disana kamu juga ada bisa untuk kamu yang hobi desain grafis.

Biasanya, perusahaan berbasis IT akan memberikan gaji rata-rata hingga 5 juta perbulan untuk para fresh graduate. Bahkan untuk para senior, angka puluhan juga bukan mustahil untuk gaji bulananan mereka. Melihat peluang yang tinggi untuk berkarir di bidang IT, penimat jurusan ini bertambah tiap tahunya. Untuk kamu yang berniat untuk masuk kuliah jurusan IT, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan agar tidak menyesal nantinya.

Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Masuk Jurusan IT

1Cintai Matematika

Mungkin banyak yang berpikir saat kuliah nanti, kamu akan fokus ke jurusan yang kamu ambil. Ya, memang! Dan Teknologi Informasi ini sangat identik dengan matematika. Kamu memerlukan logikan yang mantap untuk menjalankan program. Di universitas luar negeri pun, matematika mendapat dua semester di awal perkuliahan, yaitu matematika diskrit dan matematika kalkulus.

Semua bahasa pemrograman komputer seperti C, C++, dan Java memerlukan matematika. Kan cuma buat “hello world!”? Iya, Di awal mempelajari pemrograman, kamu akan belajar tentang menggunakan sintaks-sintaks untuk pemrograman. Kamu akan belajar sistem aritmatika dan operator yang digunakan adalah operator matematika. Makanya di awal, pengajar sering memberikan tugas untuk membuat program kalkulator, menghitung tahun kabisat hingga membuat kasir. Matematika adalah inti dari semua pembelajaran IT, karena dengan matematika kamu bisa mengasah kemampuan logika untuk menyelesaikan masalah. Jika kamu sudah terbiasa untuk menyelesaikan masalah yang rumit, kamu akan mudah menjalani kehidupan sebagai mahasiswa IT.

2Perbaiki Niat

Banyak loh, di antara mahasiswa yang sering salah jurusan dan pupus di tengah jalan. Biasanya mereka tergiur akan hidup layak, karir yang cemerlang dan gaji besar untuk seorang ahli IT. Tapi, itu bukanlah niat yang baik untuk masuk ke jurusan IT. Jika kamu memang memiliki pemikiran seperti itu, segera buang jauh-jauh. Niat yang tidak tulus ini membuat kamu sang mahasiswa baru kewalahan untuk mengikuti pelajaran. Ada lagi, kita sering mendengar anak muda mengatakan ingin masuk ke jurusan IT karena ingin menjadi Hacker. Memang di jurusan IT diajarkan tentang jaringan, cryptography dan lain-lain, tapi tidak sampai se-expert itu. Jika kamu memang berniat untuk menjadi hacker, kamu lebih baik bergabung dengan suatu komunitas dan belajar otodidak. Memang itu tidak salah, tapi sangat banyak pekerjaan lain yang bisa kamu lakukan di bidang IT tersebut.

Kamu harus menetapkan niat yang lebih mulia, contohnya untuk membangun industri Indonesia lebih maju lewat e-commerce atau membangun startup yang bisa dikenal dunia. Itu lebih baik! Sekali lagi, bukannya menjadi hacker itu salah, apalagi hanya sekedar untuk gaya-gayaan. Kamu tidak bisa berniat mendapatkan gaji tinggi dan uang yang banyak jika skill yang kamu miliki tidak sepadan. Jadi, berniat yang baik, tetap giat untuk menjadi pekerja di balik layar dan selalu berbagi ilmu tanpa mengharap imbalan apa pun.

3Tentukan Tujuanmu

Dunia IT itu sangat luas, sehingga seringkali banyak mahasiswa yang goyah ketika memilih apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu, sebelum masuk jurusan IT, kamu harus sudah menyetahui tujuan akhirmu. Sebagai contoh, kamu bisa memilih untuk menjadi Web Programmer, Software Developer atau seorang Data Analyst. Tentukan hal itu sebelum kamu memilih jurusan ini. Tanyakan pada hatimu kamu ingin kemana! lebih fokus ke perangkat keras atau perangkat lunak? Atau ingin lebih ke desain grafis UX/UI. Bisa juga kamu memilih untuk mendalami Mobile Programming seperti Android dan membuat game 3D yang berfokus pada model dan animasi.

Cita-cita menjadi tujuan kalian dalam pendidikan. Menetapkan cita-cita sangat membantu kamu saat menjalani perkuliahan, bahkan menjadi penyemangat saat kamu sedang putus asa. Oleh karena itu, tetapkan hati dan tujuanmu agar tidak roboh di tengah jalan kelak.

4Persiapan Dana

Sebelum memilih dan masuk jurusan IT, ada baiknya kamu melihat persiapan dana yang kamu miliki. Memang, kampus IT memiliki perangkat seperti komputer dan software untuk membantu meningkatkan pengetahuan mahasiswa. Tapi hal itu tidak cukup, minimal kamu harus memiliki laptop mid-high. Mengapa demikian, karena saat belajar IT, kamu harus menginstall banyak program dan software berat yang dibutuhkan, seperti Android Studio dan emulatornya. Dengan perkembangan yang pesat, kamu harus mengimbanginya dengan teknologi terbaru pula. Komputer dengan processor lama akan memperlambat belajar.

Biaya kuliah di jurusan IT juga sedikit lebih mahal dari jurusan lainnya. Jika memang kamu kurang dalam hal pendanaan, cobalah untuk mencari beasiswa. Beasiswa di jurusan IT sangat banyak, karena memang ahli IT sangat dibutuhkan di masa modern ini.

5Memilih Kampus Terbaik

Univertas luar negeri maupun dalam negeri telah banyak yang menawarkan prodi jurusan IT, contohnya Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Teknik Informatika. Memilih kampus yang tepat juga tidak sebentar, kamu harus bisa memilih kampus yang memiliki jurusan IT dengan dasar dan fondasi yang kuat. Tentu saja, perusahaan yang akan merekrut kamu akan mengecek lulusan mana kamu. Jika kamu berasal dari kampus yang memiliki prestasi di bidang IT kamu akan lebih dipertimbangkan. Kampus terbaik akan memiliki jaringan dan sumber informasi tambahan untuk membantu perkuliahanmu.

Selain itu, kampus yang baik tentunya bisa membuat kamu lebih baik juga. Mereka bisa memberikan dukungan yang lebih dari segi moril atau pun materi. Kamu akan selalu mendapat update-an terbaru sehingga tidak akan ketinggalan jaman. Hal ini juga berguna saat kamu terjun ke dunia kerja nantinya.

Berikut beberapa Universitas yang memiliki kampus IT terbaik:

  • Institus Teknologi Sepuluh Nopember
  • Institus Teknologi Bandung
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Katolik Atmajaya Yogyakarta
  • President University
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Kristen Satya Wacana
  • Universitas Kristen Petra
  • Binus University
  • Universitas Surabaya
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Esa Unggul
  • Universitas Dian Nuswantoro
  • Universitas Islam Indonesia

Nah itulah 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih dan masuk jurusan IT. Penting untuk kamu menetapkan niat dan persiapan yang matang. Semoga tujuan dan cita-citamu tercapai. Salam hangat dari kami, semoga kelak kamu akan menjadi praktisi IT yang berguna bagi bangsa dan negara ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.