Perfeksionis Dan Gila Bersih, Kenali 10 Tanda Orang Mengidap OCD

OCD.1

Kosongan – OCD atau obsessive compulsive disorder adalah salah satu jenis penyakit jiwa. Orang dengan OCD memiliki obsesi pada suatu hal dan memiliki kebutuhan tak tertahankan untuk melakukan tindakan kompulsif yang tidak bisa dikontrol. Pengidap OCD selalu merasa gelisah dankhawatir jika tidak melakukan sesuatu dengan benar maka hal buruk akan terjadi.

Tidak semua orang dengan pemikiran obsesif dapat didiagnosis mengidap OCD. Pemikiran obsesif yang biasanya muncul adalah ketakutan akan baketri atau kuman, takut terjadi kecelakaan dan tersakit, serta ketakutan lainnya yang sebetulnya irasional.

Orang dengan OCD seringkali terlihat rapi dan memastikan semuanya tertata benar sesuai dengan standarnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. OCD juga bisa mengarah pada anxiety disorder.

Namunjangan langsung mendiagnosis dirimu memiliki OCD hanya karena kamu prefeksionis dan gila kerapian, berikut beberapa tanda orang yang mengidap OCD.

10 Tanda Orang Pengidap OCD

1Terlalu sering mencuci tangan.

Salah satu kebiasaan orang pengidap OCD adalah mencuci tangan. Ada beberapa alasan yang membuat mereka melakukan hal ini terlalu sering. Pertama karena mereka memang gila dengan kebersihan. Mereka mudah merasakan kotor pada tangan atau telapak kaki mereka dan selalu merasa risih. Kedua karena hal tersebut merupakan kebiasaan impulsive yang wajib mereka setelah selesai melakukan sesuatu, seperti setelah buang sampah, memasak, atau kegiatan lainnya.

2Melakukan double check saat meninggalkan rumah.

Tak hanya double check, mereka terkadang bisa melakukan pemerikasaan hingga merasa yakin bahwa mereka tidak melupakan sesuatu. Mulai dari mematikan kompor, mencabut kabel setrika, dan mengunci pintu.

Banyak orang pengidap OCD menghabiskan waktu lebih sebelum meninggalkan rumah karena kebiasaan ini. Terkadang mereka harus kembali ke rumah setelah seperempat jalan karena masih ragu belum mengunci pintu atau hal penting lainnya.

3Terobsesi dengan barang-barang yang ditata simetri.

Pengidap OCD sangat perfeksionis dan menginginkan semua hal harus simetris. Mulai dari menata buku, meja kerja, dan makan-makanan di kulkas mereka. Misalnya semua kaleng labelnya harus menghadap kedepan, pakaian harus ditata sesuai warna, hingga mengatur buku dari yang terbesar hingga yang kecil.

Terkadang kebiasaan ini tidak hanya mereka lakukan di rumah, tapi juga di tempat uum seperti supermarket  ketika melihat barang tidak diatur sesuai. Hal ini terkdang sangat menganggu bagi orang mengidap OCD karena mereka pastinya terlihat aneh.

4Suka menghitung saat melakukan sesuatu.

Orang yang orang mengidap OCD memiliki sesuatu yang mereka sebut ‘angka baik’ dan angka buruk. Mereka akan berusaha melakukan beberapa hal dalam hitungan angka yang benar. Seperti mengambil langkah sebanyak tujuh kali menuju kamar mandi karena angka 7 dipercaya sebagai angka keberuntungan. Dan menghindari hitungan dengan angka 13 karena takut tertimpah sial.

5Merasa jijik dengan gagang pintu di toilet umum.

Salah satu ketakutan orang dengan OCD adalah kuman. Kamu yang tidak mengidap OCD saja mungkin terkadang juga suka jijik dengan toilet umum. Sebisa mungkin, pengidap OCD akan menghindari toilet umum atau menggunakan tisu untuk memegang ganggang pintunya. Cairan pembersih tangan dan tisu basah juga tidak pernah absen dari barang bawaan mereka.

6Melamun tentang kecelakan.

Pengidap OCD selalu khawatir akan terjadinya hal buruk, namun pikiran mereka juga seringkali memikirkan ekstrim. Misalnya ketika sedang berada di ketinggian, mereka cenderung berpikir terjun dari ketinggian meski tidak akan melakukan hal tersebut. Terkadang lamunan mereka bersifat sangat acak dan tidak ada kaitan sama sekali. Misalnya berpikir untuk membunuh mantan pacar atau memukul orang asing yang mereka temui.

Orang mengidap OCD memiliki pikiran yang tidak bisa berhenti bekerja. Oleh karena itu, ketika sedang tidak melakuakn apapun mereka cenderung melamunkan hal-hal tersebut.

7Memiliki rutinitas yang harus dilakukan.

Mengagendakan hari dan membuat penjadwalkan ketat tidak bisa dilepaskan dari orang mengidap OCD. Namun berbeda dengan orang pada umumnya, rutinitas orang OCD lebih ketat. Misalanya, turun dari ranjang dengan kaki kanan terlebih dahulu, minum kopi dengan mug tertentu, dan kebiasaan kecil lainnya. Mungkin tampak sepele bagi orang normal, namun bagi orang OCD hal-hal tersebut amatlah penting. Mereka bahkan bisa takut mati jika tidak melakukan semuanya dengan benar.

8Menunjukan gerakan fisik tertentu.

Orang mengidap OCD biasanya menunjukan gerakan-gerakan tertentu secara berkala. Misalnya memastikan diri untuk mengedipkan mata beberapa kali hingga menarik nafas dalam.

9Perhatian dengan detil dan menata semuanya dengan sangat rapi.

Mata orang yang mengidap OCD biasanya lebih jeli dari mata-mata orang pada umumnya. Mereka bisa melihat kemiringan dan ketidaksimetrian meski hanya satu 1 cm saja. Hal ini membuat mereka seringkali menyentuh barang berkali-kali sampai terasa benar bagi mereka. Seperti melihat patung atau dekoarsi di rumah orang hingga botol kecap dan saus di meja restoran.

Mereka tidak melakukan hal ini karena ingin mengganggu, namun karena sikap kompulsif mereka yang lepas dari kendali mereka.

10Gelisah dan selalu merasa ada yang belum beres.

Kegelisahan sering muncul sebelum pengidap OCD tertidur pulas. Mereka terus berpikir apa saja hal ynag mungkin mereka lupakan. Misalnya menutup pintu utama atau pintu kamar mandi. Orang dengan OCD memiliki otak yang tidak pernah berhenti memikirkan segala kemungkinan.

Seringkali OCD dikaitkan dengan anxiety disorder yang juga termasuk gangguan mental serius.

OCD bisa menjadi kelebihan dan kekurang dari pengidapnya, dan kelainan ini tidak bisa disembuhkan secara total. Dalam beberapa kasus, penyembuhan hanya difokuskan pada gangguan kegelisahan dan depresi yang dialami, namun sampai kapan pun mereka akan tetap menjadi orang perfeksionis dan gila kebersihan untuk alasan kesehatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.