Ini Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya Agar Bisa Tidur Nyenyak!

Jam sudah menunjukkan pukul 02:15 pagi. Mungkin kita sering menganggap itu adalah hal yang sepele. Tapi masalah yang sering dialami adalah sudah lebih dari 3 jam kamu berada di tempat tidur melakukan hal yang sia-sia. Mata terus mengantuk sambil menatap jam semakin larut. Itulah Insomnia!

Insomnia bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng, dan tidak peduli seberapa baik jadwal tidur yang kamu buat, kita semua terperangkap dipermainannya tanpa ampun. Sayangnya bagi sebagian orang, mereka mengalaminya terus menerus.

Ingin tahu kabar buruknya? Kamu mungkin tidak menyadari, tetapi kamu membuat insomnia secara langsung lewat beberapa kebiasaan sehari-hari. Berita bagusnya? Kamu dapat mengubah kebiasaan ini dan menikmati tidur yang lebih baik dan lebih memuaskan secara teratur setiap malam.

Berikut ini adalah daftar penyebab insomnia yang paling umum, dan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya dan mengurangi kantong hitam yang menunjukkan diri di bawah matamu.

1Teknologi

Berapa kali kamu sudah diingatkan untuk menjauhi layar apa pun di malam hari? Berapa kali kamu sudah diingatkan untuk menjauhi teknologi di malam hari? Tentu banyak, tapi kamu pasti lebih memilih melawan dan tetap melakukannya. Kenapa tidak, kan? Secara hal itu tidak melukai kamu secara fisik atau menyebabkan kerusakan apa pun, jadi ya terserah. Tetapi itu pasti menyakitkan, menyakiti banyak waktumu.

Apakah kamu suka atau tidak, secara biologi kita telah beradaptasi selama ribuan tahun untuk menjadi manusia. Teknologi dan blue light screen hanya ada sekitar 40 tahun dari ribuan tahun itu, dan smartphone telah membuat hal itu semakin singkat. Jadi sekarang, ketika kamu suka berselancar di Instagram dan Facebook saat di tempat tidur, kamu secara efektif menolak ribuan tahun adaptasi biologi dengan mengadu sepuluh tahun teknologi dengannya.

Siapa yang menang dipermainan satu ini? Sementara kamu tertawa dengan gembira dengan video-video viral terbaru, kemampuan otakmu untuk mensekresikan melatonin ditekan dari akibat cahaya biru dari layar yang diterima mata. Sayangnya apakah kamu tahu apa itu melatonin? Itu adalah hormon pengatur tidur. Jadi lepaskan teknologi itu di malam hari. Kamu memiliki sepanjang hari untuk menatapnya, dan kamu harus bisa melepaskan barang ‘keramat’ itu satu jam sebelum tidur.

Masih kesusahan juga untuk menyingkirkannya? Coba salah satu dari cara di bawah ini :

  • Jika kamu biasanya menaruh ponsel di samping kepala atau di bawah bantal, pindahkan ke atas meja. Jika bahkan hal itu tetap tak bisa, pindahkan ponselmu ke kamar lain saat akan tidur.
  • Ganti kebiasaan menjelajah media sosial atau periksa email di ponsel kamu terlalu larut malam setelah aktivitas lain, seperti membaca. Berikan mata istirahat yang layak.
  • Letakkan ponsel di mode pesawat saat malam hari jadi tidak akan ada bunyi-bunyi lainnya yang dapat mengalihkan perhatianmu.

2Stres

Stres bisa datang dari urusan kerja, keluarga, hubungan, dan kehidupan. Kombinasi dari empat ini biasanya akan membuat stres yang lebih dalam. Semuanya terjadi secara beragam, salah satu dari kategori itu, kerja menjadi salah satu sumber stres terbesar. Hal itu bermuara pada tiga alasan :

  • Ada tekanan untuk bekerja baik secara teratur.
  • Sulit bekerja atau bergaul dengan rekan.
  • Atau mungkin bahkan kamu tidak menyukai pekerjaan yang dilakukan.

Jika kamu campurkan semua alasan itu bersamaan, maka kamu akan mendapatkan suntikan kortisol yang kuat, dari tubuhmu sendiri. Apa itu kortisol? Itu adalah hormon yang dilepaskan selama stres.

Jika kamu merasakan penuh tekanan, luangkan sedikit waktu untuk melakukan hal-hal berikut :

  • Meditasi. Ilmu ini telah terbukti, dan kita tahu itu memang bermanfaat. Cobalah. Mulailah dengan duduk diam di pagi hari selama beberapa menit. Lalu tenangkan diri!
  • Cabut sebentar. Mirip dengan meditasi tetapi tanpa benar-benar meditasi. Jauhkan smartphonemu, jangan bicara dengan siapa pun, dan lepaskan sebentar beberapa menit. Biarkan pikiran yang berkecamuk itu terbang. Ambil napas dalam-dalam beberapa kali. Tidak masalah menghabiskan sedikit waktu sendirian.
  • Nikmati sedikit waktu santai tanpa rasa bersalah. Waktu bersantai sebenarnya sangat penting untuk kinerja sehari-hari. Kamu pasti sering merasa bersalah jika sedikit terlambat saat waktu istirahat dan menggunakan waktu kerjamu. Menonton acara hiburan di TV atau film, membaca buku lucu, bersantai di sofa bisa membuat stres berkurang.

3Tidak ada latihan

Olahraga telah terbukti sebagai salah satu kegiatan yang paling bermanfaat untuk menghilangkan stres, tetapi yang lebih penting, sebagai cara untuk mengatur tidur Anda.

Coba pikirkan, latihan membuat kamu mengeluarkan banyak energi dalam waktu singkat. Secara alami, kamu akan merasa lelah dengan energi ini dan mengikuti kamu sepanjang hari bahkan jika kamu tidak merasa lelah secara langsung.

Ketika kamu tidak berolahraga, kamu membuat tubuhmu kehilangan suatu kesempatan untuk melepaskan energi ini. Dengan tidak ada tempat untuk pergi, itu tetap terbungkus, dan kamu dapat menebaknya, silkus tidurmu akan terganggu sehingga energi itu kamu habiskan untuk berselancar di dunia maya.

Cobalah cara-cara berikut untuk keluar dan bergerak :

  • Menemukan beberapa aktivitas fisik yang kamu nikmati.
  • Jika kamu suka beberapa olahraga, lebih seringlah melakukannya. Jika kamu suka menendang bola, ajaklah beberapa temanmu untuk menyewa lapangan futsal dan habiskan tenagamu serta stresmu di situ. Kebanyakan waktu yang cocok untuk seorang yang sudah bekerja ada pada malam hari, sekitar jam 8-10. Jadi, saat pulang ke rumah kamu akan merasa lelah dan lebih mudah untuk tertidur.
  • Jika kamu seorang wanita, berkumpul dengan teman-teman untuk sekedar ngerumpi bisa membuatmu lebih tenang dan energi bisa keluar lewat pembicaraan yang panjang lebar.

4Pola makan buruk dan kafein

Siapa sih yang tidak suka makanan penutup. Kita suka makanan berminyak, murahan, dan mengandung karbohidrat. Kita bisa memakan ini setiap hari tanpa berkedip mata. Kalau saja itu sehat untuk kita, tapi sayangnya tidak. Kita tidak akan membahas tentang mengapa kita suka makan segala sesuatu yang buruk bagi kita, tetapi kita akan membahas mengapa makan yang tidak bagus itu memengaruhi tidurmu.

Ayo mulai dengan ketidaknyamanan fisik yang mungkin kamu dapatkan ketika makan makanan berat menjelang tidur. Perasaan kembung, penuh gas, dan sesak itu tidak enak apalagi ketika terasa saat kamu sudah di atas tempat tidur. Bagi orang-orang yang tidak sadar, sleep apnea adalah ketika kamu berhenti bernafas untuk waktu yang singkat dalam semalam, menyebabkan tubuhmu kehilangan REM yang berharga. Berkali-kali, bahkan setelah tidur malam yang nyenyak, kamu akan merasakan lelah saat bangun. Orang yang menderita asam surutnya karena diet yang buruk juga dapat menderita sakit maag di malam hari juga, sehingga sulit untuk tertidur. Jadi, masih ingin makan sekelompok junk food? Saat kamu lelah dan harus bekerja, kamu memutuskan bahwa kafein adalah obat pilihan untuk melawan kantuk yang terus-menerus. Itu keren, padahal kerja kafein hanya sedikit.

Tetapi ketika kamu mulai mengonsumsi lebih banyak kafein, kamu lebih sulit tidur di malam hari karena kamu masih terhubung. Pada gilirannya, kamu bangun lebih lelah, sehingga Anda memutuskan bahwa lebih banyak kafein adalah jawabannya.

Coba tips berikut untuk memulai diet sehat :

  • Untuk memulai, cobalah mengurangi konsumsi kafein. Jika kamu minum tiga cangkir atau lebih dalam sehari, cobalah mengganti salah satunya dengan teh hijau atau kurangi jumlah gelasnya. Perlahan-lahan berkurang satu atau dua cangkir, dan mulai jangan minum kafein saat waktu makan siang.
  • Jika pola makan membutuhkan beberapa perbaikan, cobalah untuk memulai dari yang paling kecil. Jika suka makan yang manis-manis, cobalah untuk mengurangi sumbernya untuk hati itu. Dengan kata lain, jika kamu minum dua soda sehari, cobalah gantikan soda itu dengan air mineral atau minuman non-manis lainnya.

5Jam / pola tidur tidak teratur

Salah satu hal terburuk yang bisa kamu lakukan adalah alarm aneh dengan jadwal tidur. Tubuh adalah peralatan yang disetel dengan baik sehingga perlu diperlakukan seperti itu. Pada akhirnya, kita bukan robot kita tidak memiliki tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kita. Kebiasaan sehari-hari akan berguna untuk menjalankan tubuh kita secara otomatis.

Jika ingin memiliki tidur yang lebih baik, cobalah beberapa hal ini :

  • Arahkan selama waktu tertentu dan kemudian pertahankan waktu tidur dalam 30 menit, bahkan pada akhir pekan.
  • Percayalah, tidur setiap malam pada waktu yang berbeda-beda tidak akan banyak membantu memperbaiki pola tidurmu.
  • Otak memahami kebiasaan-kebiasaan ini, dan ketika kamu mulai rutin tidur pada saat yang sama, kamu akan terkejut betapa cepatnya mudahnya untuk tertidur.

Nah itulah 5 penyebab insomnia dan cara mengatasinya agar bisa tidur lebih nyenyak. Bagikan artikel ini jika kamu rasa bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.