Pentingnya Minum Air Saat Bekerja dan Cara Menjaga Tubuh Tetap Hidrasi

Menghabiskan waktu di tempat kerja bukanlah hal yang mengherankan bagi kita. Rata-rata orang menghabiskan hampir 12 jam di tempat kerja mereka setiap hari. Ya, kita tidak perlu peduli apalagi yang menyangkut dengan kesehatan tubuh kita, hal itu bukan prioritas utama di tempat kerja. Kita terpaku duduk di depan komputer kantor atau berpindah melakukan pertemuan dan rapat. Setiap harinya kita selalu membebani pikiran dan lupa minum air.

Dilansir oelh Associated Press, orang yang bekerja paling lama – rata-rata 60-70 jam seminggu di Jepang, sekitar 10.000 orang mati di meja setiap tahunnya, sebuah fenomena yang dikenal sebagai ‘karoshi’. Hal ini hanya penyoroti kebutuhan untuk menjaga kesehatan kita, dan salah satu masalah kesehatan paling umum di tempat kerja adalah dehidrasi.

Saat kita terlalu fokus untuk menyelesaikan pekerjaan, sangat mudah untuk menghindari minum air yang cukup atau terlalu sibuk untuk mengambil segelas air. Banyak dari kita yang lebih memiliki minum teh atau kopi untuk tetap waspada di siang hari. Namun ini berlawanan karena efek diuretik minuman tersebut. Dengan kata lain, minuman itu akan meningkatkan buang air kecil dan membuat cairan lebih mudah keluar sehing mengarah ke dehidrasi. Duduk terlalu jauh dari despenser air di kantor atau dapur juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya hidrasi.

Silent Killer Dehidrasi

60 persen tubuh terdiri dari air dan otak manusia terdiri dari 75 persen air.Saat dehidrasi datang menghampiri kesehatan kita, kita semua tahu kita harus minum dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Tetapi masalah utama yang dialami oleh orang yang dehidrasi adalah kamu tidak selalu merasakan efeknya dengan jelas seperti yang dirasakan oleh kesehatan lainnya seperti punggung yang buruk karena duduk terlalu lama atau mata lelah dari menatap layar komputer.

Hidrasi secara teratur melumasi sendi dan mata kita, menjaga kulit kita tetap sehat, memungkinkan pencernaan yang optimal, menghilangkan racun dan mengoptimalkan energi yang dihasilkan melalui sel-sel kita. Selain mengurangi konsentrasi, tidak hidrasi dengan benar dapat garam dan gula dalam tubuh tidak seimbang yang dapat dengan cepat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Dengan kata lain, jika kamu merasa sakit kepala datang atau merasa sedikit lemah, jangan meraih camilan di tengah malam. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah ambil segelas air terlebih dahulu, lalu minumlah.

Bagaimana Dehidrasi Mempengaruhi Produktivitas

Kita tidak selalu menyadari manfaat dari minum cukup air dan bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan dan kehidupan kerja kita. Akibatnya, kita sering kali lupa untuk minum lebih banyak air meskipun kita tahu bahwa kita tidak selalu dehidrasi di siang hari.

Ketika kita mengalami masalah kesehatan seperti kelelahan parah, sakit kepala, kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi atau komplikasi ginjal, pikiran utama yang terpikirkan adalah tidak minum cukup air.

Sebuah survei baru-baru ini menujukkan kerugian $ 2,5 miliar dalam produktivitas setiap tahun sebagai akibat dari orang-orang yang mengambil cuti karena sakit kronis – banyak di antaranya disebabakan oleh dehidrasi sederhana. Sebuah penelitian lebih lanjut yang mengamati para pekerja hutan menemukan penurunan produktivitas yang signifikan pada mereka yang mengalami dehidrasi.

Apa Tanda-Tanda Dehidrasi?

Kita tidak selalu menyadari berapa banyak kehilangan cairan sepanjang hari dan betapa pentingnya untuk rehidrasi. Berkeringat, buang air kecil dan bahkan respirasi menghabiskan cairan vital dalam tubuh kita. Apalagi jika kamu muntah, diare, konsumsi alkohol atau olahraga yang berlebihan dan persediaan air kita dapat menjadi sangat cepat kosong.

Ada beberapa tanda dehidrasi ringan sampai sedang yang meliputi: mulut kering, kelelahan, jarang buang air kecil, sakit kepala, fikiran di kepala dan kurangnya konsentrasi.

Dehidrasi berat dapat mencakup gejala seperti iritabilitas, kebingungan, rasa haus yang ekstrem, detak jantung yang cepat, napas yang cepat, dan tidak ada urinasi atau urin yang berwarna gelap.

Bagaimana Cara Menghindari Dehidrasi di Tempat Kerja

Kesadaran akan efek dehidrasi sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari dan terlebih lagi di tempat kerja. Ada beberapa cara efektif untuk mendorong diri kita dan tenaga kerja kita untuk menjaga asupan air tetap terisi.

Menyiapkan Program Hidrasi Tempat Kerja

Mengajak rekan dan kolega untuk tetap terhidrasi adalah cara utama untuk menjaga hidrasi secara maksimal. Kantor dan tempat kerja lainnya dapat menerapkan sistem untuk melakukan hal ini dengan cara yang jelas dan efektif.

  • Menyediakan air yang mudah diakses. Kita bisa melakukan program dalam bentuk penyediaan air kemasan, membuat tempat air di seluruh ruang kerja dan menyediakan air segar di kulkas atau dispenser. Hal ini akan mendorong orang untuk berpikir lebih banyak tentang hidrasi terutama jika ada pilihan yang layak dan segar.
  • Mendidik orang. Meskipun kebanyakan orang sadar bahwa mereka perlu minum air, mudah untuk mengabaikan implikasi dari tidak melakukannya. Menempatkan materi pendidikan seperti poster di sekitar tempat kerja yang menunjukkan pentingnya menjaga terhidrasi serta bagaimana dehidrasi memiliki efek negatif pada kesehatan akan membuat orang lebih sadar dan termotivasi untuk mendapatkan segelas air.
  • Membuat Komite Aksi Hidrasi. Memiliki akuntabilitas sangat penting ketika menerapkan sistem dan memotivasi orang untuk minum lebih banyak air. Buat komite untuk memastikan pasokan air mencukupi dan temukan cara-cara yang menyenangkan dan inovatif untuk membuat orang tetap terhidrasi.
  • Buat air minum dengan kreatif. Salah satu alasan utama orang-orang berjuang untuk minum lebih banyak air adalah rasanya terlalu membosankan. Akibatnya banyak orang yang lebih memilih minum soda dan minuman energi dengan berpikir bahwa mereka meningkatkan cairan mereka secara efektif. Ada beberapa cara membuat air enak terasa enak seperti membuat es batu dari 100% jus buah dan menambahkannya ke air (mengurangi jumlah gula), membuat irisan buah untuk orang-orang untuk menambah segelas air mereka atau memasok pitcher besar air yang mengandung buah-buahan seperti ketimun, jeruk, lemon atau melon untuk meningkatkan keinginan orang untuk minum. Pekerja luar dapat diberikan air kemasan. Dengan cara ini, pekerja merasa senang dan terhidrasi sementara para bos memiliki staf yang lebih produktif di tangan mereka.
  • Singkirkan minuman olahraga dan soda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak orang memilih minuman bersoda seperti minuman energi atau soda. Dengan menyingkirkan ini dalam pengaturan kantor, akan mendorong orang untuk memuaskan dahaga mereka dengan cara yang lebih positif dan sehat. Minuman yang mengandung gula hanya akan menyebabkan lebih banyak masalah dengan penambahan berat badan, keretakan gula dan sakit kepala.

Bagaimana Pekerja Dapat Memastikan Hidrasi dengan Baik

Minum cukup air adalah tentang membangun kebiasaan sampai menjadi kebiasaan kedua. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu dalam rutinitas minum air harianmu.

  • Gunakan aplikasi pemantauan hidrasi. Ada banyak aplikasi gratis di luar sana yang mengingatkan kamu untuk minum seperti Daily Water, Waterlogged atau iDrated. Aplikasi ini juga mengizinkan kamu menambahkan apa yang telah kamu minum sepanjang hari kamu tahu berapa jumlah minum yang telah kamu lakukan dan saran berapa lagi yang harus dipenuhi.
  • Selalu bawa botol air. Memiliki air di sekitar kita akan bertindak sebagai pengingat terus-menerus untuk minum. Jika kamu terburu-buru dari rapat ke rapat, maka memiliki botol air putih bersamamu akan menetralkan alasan untuk sibuk untuk menghidrasi.
  • Makan lebih banyak makanan yang mengandung air. Buah seperti melon, apel dan jeruk akan meningkatkan asupan air, jadi cobalah untuk memilih ini sebagai camilan. Saat makan siang, selalu pastikan kamu memiliki segelas air untuk diminum daripada teh, kopi atau soda biasa.
  • Tentukan sendiri tantangan. Isi tabung besar 2L dengan air, letakkan di dekat atau di mejamu dan tantang dirimu untuk menyelesaikannya pada saat kamu akan pulang ke rumah. Memiliki pengingat yang konstan di depan akan memotivasi kamu untuk mendapatkan asupan air.
  • Kurangi mengkonsumsi kopi dan teh. Sangat mudah untuk membuat kebiasaan untuk minum kopi pagi dan melanjutkan kebiasaan sepanjang hari. Penting untuk tetap waspada tetapi dalam kenyataannya, air bisa melakukannya lebih baik bagi tubuh kita. Buatlah niat untuk mengurangi jumlah teh dan kopi yang kamu konsumsi sepanjang hari dan menggantinya dengan air.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.