Pentingnya Menghargai Privasi Pacar Untuk Membangun Kepercayaan

menghargaiprivasipacar.4

Kosongan – Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam menjalin hubungan. Mulai dari kesetiaan, komitmen, dan rasa percaya. Setiap pasangan wajibnya memiliki perasaan percaya pada kekasihnya. Perasaan percaya biasanya telah ada pada awal hubungan, kamu merasa kamu bisa mempercayai orang tersebut. Oleh karena itu kamu jatuh cinta dan menjalin hubungan dengannya.

Perasaan percaya seiring berjalannya waktu akan terus dibangun dalam hubungan yang serius. Mulai dari menceritakan hal-hal tertentu hingga menjaga sikap selama berbacaran. Kamu dan pacar saling membangun kepercayaan agar hubungan semakin kuat.

Namun seringkali para pasangan masih suka curiga dan tidak memiliki perasaan percaya seutuhnya. Hal ini membuat mereka terus memantau pacarnya hingga memasuki ruang privasi mereka. Sebetulnya hal ini tidak sehat dan bisa membuat sebuah hubungan penuh dengan rasa was-was.

Faktor yang membuat pacar tidak menghargai privasimu.

menghargaiprivasipacar.3

  • Tidak ada rasa percaya. Beberapa orang mungkin butuh waktu untuk percaya sepenuhnya pada pasangan. Hal ini membuat mereka menjadi impulsive dalam memantau kegiatan pacarnya. Terkadang mereka juga tida sadar bahwa diri mereka terlalu mengganggu dan berpikir mengusik ruang privasi adalah hal wajar.
  • Indikator pasangan posesif. Kamu perlu waktu untuk memahami bahwa pacar kamu posesif atau tidak. Mungkin saat pendekatan dia super manis dan baik. Namun setelah pacaran, timbul rasa memiliki yang membuat mereka merasa melindungi dan tahu segala kegiatanmu. Terkadang karena kecurigaan yang tak penting.
  • Kepribadian pasangan yang suka tebar pesona. Mungkin pacarmu melihat kamu adalah pribadi yang suka terbar pesona dan pandai merayu. Karena hubungan kalian masih sekedar pacaran, ia mungkin berpikir kamu bisa saja masih suka menggait orang lain. Dan sebaliknya, ketika pasanganmu yang tukang tebar pesona, kamu juga akan was-was dan mulai mengusik privasinya.
  • Takut kehilangan pasangan. Tidak semua cinta yang besar akan terpacar dengan baik. Beberapa orang saking sayangnya malah jadi posesif dan takut kehilangan pasangannya.Kamu mungkin juga terkadang takut suatu hari pacar beralih hati atau bosan denganmu. Hal ini memicu kamu untuk terus memantau perkembangan perasaannya.

Bentuk tindakan tidak menghargai privasi pacar.

menghargaiprivasipacar

Ada berbagai macam bentuk tindakan yang mengusik privasi pacar. Mungkin kamu tidak menyadari bahwa kamu maupun pacar kamu telah melewati batas ruang privasimu. Simak penjelasan berikut dan perhatikan, apa kamu juga melakukan tindakan-tindakan berikut ini.

1Bertukar password social media.

Akun social media merupakan milik perorangan yang termasuk pribadi. Namun beberapa pasangan suka berbagi password yang sama untuk social media mereka. Mungkin ini adalah hal yang tampak sederhana, namun hal ini sebetulnya tindakan yang tidak perlu. Jika kamu maupun pacar ingin memantau kegiatan social media masing-masing, cukup dengan salin follow saja. Apa gunanya membagi password dengan pacar?

Hal ini bisa menimbulkan kejadian yang mungkin malah akan membuat kamu menyesal. Misalnya, siapa tahu ketika sedang bertengkar si dia malah me-hack akun kamu. Dia juga bisa melihat pesan yang ada di dalam social mediamu dan menjawabnya sesuka hati sebelum kamu melihat pesan tersebut.

2Membuka smartphone pacar tanpa ijin.

Smartphone juga merupakan barang pribadi seseorang. Ada banyak hal pribadi yang mereka simpan di dalamnya. Hak para pegunanya untuk menyimpan berbagai file dalam smartphone mereka, dan orang lain tidak boleh sembarangan men-judge, termasuk sang pacar.

Kamu atau pacar kamu mungkin suka iseng mengampil smartphone masing-masing dan memeriksa galeri hingga percakapan yang ada di akun mereka. Hal ini sebetulnya sangat tidak beretika secara umum. Meski dia pacar kamu, kamu harusnya minta ijin atau abhkan sama sekali tidak perlu memeriksa smartphone-nya. Begitu pula kamu, jangan sampai pacar seenaknya bisa memeriksa smartphone-mu.

Selain bisa menimbulkan salah paham, kamu juga mungkin akan menemukan hal yang tidak ingin kamu temukan. Padahal hal tersebut tidak ada hubungannya dengan hubungan kalian.

3Menguping atau melirik layar smatrphone pacar ketika ia sedang berkomunikasi dengan orang lain.

Secara umum, menguping atau memperhatikan orang yang sedang berkomunikasi pribadi dengan orang lain adalah tindakan tidak sopan. Hal ini juga tetap berlaku saat kamu sedang pacaran seseorang.

Jangan selalu berperasangkah buruk ketika pacar sedang chat atau teleponan dengan orang lain. Siapa tahu itu temannya atau hal yang berhubungan denagn pekerjaannya. Menguping apalagi melihat layar smartphone pacar adalah tindakan sopan yang harus kamu hindari. Ironis ketika kamu memiliki etika dengan orang lain, tapi dengan orang yang paling kamu cintai, kamu justru tidak memiliki etika.

4Memaksa pacar untuk menceritakan sesuatu.

Terkadang, kamu akan melihat pacarmu merasa gelisah dan murung. Tapi ia menolak untuk bicara. Memaksa dia untuk bicara merupakan tindakan yang egois. Kamu hanya ingin tahu apa yang sedang terjadi untuk memenuhi rasa ingin tahumu. Padahal mungkin ada beberapa hal yang ia putuskan untuk tidak diceritakan karena mungkin tidak ada hubungannya dengan hubungan kalian dan hanya akan merusak mood.

Prioritaskan kenyamanan pacar ketika ia sedang gelisah atau murung. Tanyakan apa yang ia inginkan. Jika dia tiba-tiba bilang sedang ingin sendiri, berikan waktu tersebut untuknya. Nanti juga kalau dia merasa nyaman dia akan bercerita padamu dengan sendirinya.

Belajar menghargai privasi pacar adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan. Dengan memberikan ruang privasi pada pacar, kalian tidak akan stres dalam menjalin hubungan dan secara tidak sadar telah membangun rasa percaya.