Penjelasan Film Annihilation, Berbagai Pertanyaan Yang Belum Terjawab

penjelasan_film_annihilation

KosonganAnnihilation adalah film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Alex Garland dan dibintangi aktris kawakan, Natalie Portman. Bercerita tentang seorang biologist dan mantan anggota militer, Lena (Natalie Portman), yang mengikuti misi ekspedsi rahasia dan berbahaya untuk mengatahui apa yang telah terjadi dengan suaminya, Kane (Oscar Isaac). Annahilation sebetulnya sebuah cerita adaptasi dari buku trilogi The Southern Reach karya Jeff VanderMeer. Annihilation adalah judul dari buku pertama. So, ada kemungkinan film ini akan mendapatkan jilid ke dua dan ketiga.

Annihilation merupakan film dengan banyak misteri dan teori fiksi ilmiah buatan yang imaginatif namun tetap masuk akal. Alex Garland juga memberikan akhir cerita yang ambigu dan membuat banyak penonton bingung. Karena berbeda dengan buku, semua yang ditampilkan dalam film bersifat visual dan penonton harus lihai untuk mengintepretasikannya dengan benar. SPOILER ALERT! Berikut penjelasan film Annihilation bagi kamu yang masih bingun dengan apa yang terjadi dalam film dan makna dari akhir ceritanya.

Penjelsan Film Annihilation

1Apa itu The Shimmer?

The Shimmer adalah sebuah area yang terkontaminasi oleh meteor jatuh yang berpusat di mercusuar dengan pesisir pantai. Konsep ilmah dari The Shimmer sendiri diangkat dari teori penyakit kanker. Meteor yang jatuh diandaikan sebagai sel kanker, yang kemudian menyebar dan berusaha menggerogoti bumi dan membentuk banyak sel kanker lainnya. Setiap makhluk hidup hingga orgasme kecil yang berada di area The Shimmer akan bermutasi karena DNA mereka terkontaminasi.

Namun The Shimmer tidak bersifat menghancurkan makhluk yang terkontaminasi, melainkan mencipatkan sesuatu yang baru. The Shimmer adalah sebuah prisma dan membiaskan segala hal yang berada di dalamnya. Sinyal dan kompas tidak berfungsi di dalam The Shimmer karena udaranya juga terkontaminasi dan menjadi acak sehingga tidak bisa diterima oleh alat-alat bantu tersebut. Mutasi yang terjadi juga terjadi diantara makhluk hidup satu dengan lainnya. Itu kenapa terdapat banyak tumbuhan dengan spesies berbeda namun bersatu dalam satu batang. Kamu juga pasti melihat rusa dengan tanduk yang ditumbuhi oleh tumbuhan, hingga beruang yang memiliki sedikit jiwa dari korbannya dan bisa memiliki suara dari korbannya.

2Apakah Lena Asli Berhasil Keluar Dari The Shimmer?

Jawaban singkatnya adalah, ya, Lena yang keluar dari The Shimmer dan kembali ke Area X untuk diinterogasi adalah Lena asli. Ada beberapa hal yang membuat orang meragukan hal tersebut karena munculnya tato misterius pada lengan Lena, air yang dalam gelas yang dianggap bermutasi pula, hingga mata Lena yang bersinar seperti suami duplikasinya pada akhir cerita. Seperti yang telah kamu tonton, Lena menemukan inti dari The Shimmer dan menduplikasinya dengan sebuah makhluk seperti manekin silver yang berubah menjadi dirinya setelah ia sentuh. Mereka sempat bertarung dan seperti yang kalian lihat, Lena memberikan granit pada duplikasinya yang tidak tahu apa-apa dan lari keluar dari The Shimmer.

Pertama, air dalam gelas itu tidak bermutasi. Jangan akhirnya mencurigai semua hal kecil yang tampak tidak biasa. Sama halnya dengan air dalam gelas, jika kena dinding gelas ia akan bergerak seperti yang kamu lihat di dalam film. Justru adegan minum tersebut menunjukan bahwa itu adalah Lena asli karena ia tidak muntah darah seperti suaminya, Kane. Kane duplikasi pada awal film meminum segelas air putih biasa dan langsung muntah darah karena tubuhnya belum beradapatsi dengan air yang ia telan.

Dan Lena sudah mengalami mutasi yang cukup serius hingga matanya juga bersinar. DNA Lena telah bermutasi karena kontak yang dekat dengan inti The Shimmer. Ia memang Lena asli, namun sudah mengalami mutasi.

3Tato Ular Pada Lengan Lena.

Semua anggota dalam tim ekspekdisi juga mengalami pembiasan DNA secara acak. Tato Ular pada lengan Lena juga merupakan hasil pembiasan DNA dari teman satu timnya, Anya Thorensen (Gina Rodriguez). Anya memiliki tato ular juga pada lengannya, dan Lena mulai mengalami mutasi dengan munculnya sesuatu di lengannya yang ia kira adalah lebab.

Sama halnya dengan suami Lena dalam video yang kita ketahui orang Amerika, namun ia tiba-tiba bisa berbicara dengan aksen lain, karena salah satu dari anggota regu ekspedisinya yang bisa jadi berasal dari negara lain.

4Mengapa Lena Bertahan Hidup Sementara Kane Asli Tidak?

Kane yang terekam dalamĀ  video dalam mercusuar merupakan sebuah bukti bahwa Kane yang selamat ternyata adalah duplikat. Bisa dilihat ia bunuh diri dengan granit, dan duplikasinya sama sekali tidak melakukan perlawan. Hal ini juga mendukung teori bahwa The Shimmer tidak bersifat jahat atau menghancurkan. Kane tidak selamat adalah pilihan dari dirinya sendiri. Kane hanyalah seorang tentara yang kebingungan dan memang sudah frutasi dari awal. Sementara Lena adalah seorang mantan tentara dan ahli biologi yang paham apa yang sedang terjadi dan bisa berpikir rasional.

5Apa Makna Dari Judul “Annihilation”?

Arti dari kata annihilation sendiri adalah kehancuran. Semua orang yang menjalani ekspedisi menuju The Shimmer memiliki masalah pribadi, bisa dibilang misi ini adalah misi bunuh diri bagi orang-orang yang depresi dan masalah kehidupan. Dan beberapa karkter mati karena masalah pribadinya yang membias, ada pula yang akhirya mendapatkan apa yang mereka cari.

Cass Sheppard (Tuva Novotny) memiliki ketakutan tidak ingin mati sendiri, ketakutan pada detik-detik terakhirya akhirnya masuk dalam DNA beruang yang bisa teriak “help me”. Begitu pula dengan Dr. Ventress yang sebetulnya memiliki kanker dan ingin sembuh, dirinya pun membaur dengan inti sel The Shimmer. Sementara Lena ingin mengetahui apa yang terjadi dengan suaminya dalam The Shimmer, sehingga ia bisa bertahan sampai mercusuar dan kembali dengan selamat setelah mengetahui kebenarannya.

Jika kamu punya pertanyaan lain tentang penjelasan film Annihlition, silahkan berikan pertanyaan maupun pendapat kamu di komen!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.