7 Negara dengan Penduduk Paling Cerdas di Dunia, Gimana Kabar Indonesia?

Penduduk Paling Cerdas di Dunia

Kosongan┬áPenduduk Paling Cerdas di Dunia – Perdebatan terjadi di kalangan para ahli, sebagian dari mereka berfikir bahwa faktor genetika dan status sosial seperti suku, ras, agama, hingga kebudayaan suatu bangsa mempengaruhi tingkat kecerdasan penduduknya. Namun, sebagian lainnya menyebutkan bahwa unsur-unsur tersebut sama sekali tak ada benang merahnnya. Yang menolak anggapan tersebut, berpendapat bahwa tinggi rendahnya IQ seseorang dipengaruhi dirinya sendiri. Meskipun ada faktor dari luar, namun pengaruhnya sangat sedikit sekali dibandingkan dengan faktor internal dalam diri setiap orang itu sendiri.

Tapi, beberapa waktu yang lalu ada sebuah studi yang dilakukan oleh para pakar intelegen. Mereka mengukur tingkat rata-rata kecerdasan penduduk dari seluruh negara di dunia. Dari hasil studi tersebut didapati bahwa setidaknya ada beberapa negara dengan penduduk paling cerdas di dunia. Kira-kira Indonesia nomor berapa ya? Simak aja ulasan berikut ini tentang 7 negara dengan penduduk paling cerdas di dunia.

7 Negara dengan Penduduk Paling Cerdas di Dunia

1. Singapura

Urutan petama negara dengan penduduk paling cerdas di dunia adalah Singapura. Penduduk di negara tersebut memperoleh hasil dari beberapa kali tes serta pengamatan dengan skor IQ penduduk rata-rata sekitar 110. Keberhasilan Singapura dalam pengembangan sektor pendidikan adalah salah satu landasan kemajuan SDM mereka.

2. Korea Selatan

Dibawah Singapura ada Korea Selatan yang menyusul di urutan kedua dnegan rata-rata IQ penduduknya yang mencapai angka 106 – 108. Negara yang mendapat julukan negeri gingseng ini memang terlihat pantas menyandang predikat negara dnegan penduduk paling cerdas di dunia. Seperti yang kita tahu, Korea Selatan memang sangat berambisi untuk bisa menjadi sebuah negeri yang berteknologi tinggi. Maka, salah satunya jalan adalh mereka terlebih dahulu memperbaiki sistem pendidikannya. Hingga akhirnya tercapailah tujuan tersebut.

3. Jepang

Mungkin sebagian dari kita akan mengira bahwa negara dengan penduduk ber-IQ tinggi yang pertama adalah Jepang. Tidak salah memang, karena Jepang sudah sangat lama terkenal sebagai pusatnya teknologi di dunia. Tapi ternyata bukan itu yang menjadi faktor penunjang kenapa penduduk Jepang dianggap sebagai penduduk paling cerdas di dunia urutan ketiga. Alasannya adalah sifat dan karkter penduduk mereka yang sangat gila kerja.

Mulai dari usia dini penduduk Jepang sudah dikenalkan dengan prinsip gila kerja tersebut, dan salah satu bentuk dari gila kerja adalah gila belajar. Ya! Anak-anak di Jepang menganggap belajar dan bersekolah adlah pekerjaan mereka, yang harus dilakukan dnegan sungguh-sungguh! Penduduk Jepang menempati posisi ketiga penduduk paling cerdas di dunia dnegan rata-rata skor IQ : 105

4. China

Dari hasil penelitian yang dilakukan, skor IQ untuk penduduk China sama dengan penduduk di Jepang. Hal ini seperti menjadi jawaban mengapa selama ini setiap Jepang mengeluarkan sebuah produk, terutama produk teknologi, China selalu hadir menjadi pesaing dengan membuat tiruan produk yang sama persis. Yang menjadi pembeda antara penduduk Jepang dan China, dan membuatnya berada di posisi keempat pada dafta negara dengan penduduk paling cerdas adalah sikap gila kerjanya. Ya! dalam hal ini, yakni kedisiplinan China masih dengan Jepang.

5. Taiwan

Pada posisi yang kelima dalam daftar negara dengan penduduk IQ tertinggi di dunia adalah Taiwan. Ya! Taiwan pantas mendapatkan hasil tersebut, karena memang sistem pendidikan di negeri mereka cukup baik dan sangat bermutu. Bahkan itu dibuktikan dengan predikat yang disematkan oleh OECD kepada mereka di tahun 2015. Pada saat itu, Tiwan menduduki posisi keempat negara dengan sistem pendidikan dnegan kualitas terbaik di dunia. IQ penduduk rata-rata di Formosa adalah 104.

6. Italia

Setelah berkeliling di beberapa negara Asia, barulah predikat penduduk paling cerdas di dunia melompat ke benua Eropa.Ya! Di peringkat keenam ada Italia yang rata IQ penduduknya mencapai skor 102. Roma memang sejak lama dikenal sebagai pusat teknologi dan pendidikan, yakni mulai zaman Romawi yang hidup ribuan tahun lalu.

7. Islandia

Setelah Italia, Islandia adlaah negara dengan penduduk paling cerdas di dunia urutan ke tujuh. Masih sama dengan negara-negara sebelumnya, penduduk Islandia juga memiliki IQ yang kebanyakan termasuk diatas rata-rata penduduk negara lainnya. Dalam satu penelitian, IQ skor mereka mencapai 101. Meskipun lebih rendah dari keenam negara yang telah disebutkan sebelumnya, namun sistem pendidikan berkualitas yang ada Islandia patut diacungi jempol.

Tak masuk daftar 7 negara dengan penduduk paling cerdas di dunia, apa kabar Indonesia?

Jangan dulu berkecil hati, meskipun Idonesia tak masuk dalam jajaran daftar penduduk paling cerdas di Idonesia. Tapi setidaknya, tanah air kita yang tercinta ini masuk dalam daftar 20 besar kategori negara dnegan penduduk paling cerdas di dunia. Rata-rata kecerdasan penduduknya berada di skor 88-90.

Sekedar informasi, batas rata-rata normal IQ atau tingkat kecerdasan manusia pada umumnya berada di kisaran angka 90-100. Jika, lebih dari 100 maka orang tersebut sudah termauk dalam kategori cerdas. So, semoga sistem pendidikan di Indonesia kelak semakin mengalami kemajuan dan peningkatan ya! Hingga akhirnya bisa masuk ke jajaran 5 besar atau setidaknya 10 besar negara dengan penduduk paling cerdas di dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.